Cara Mengobati Penyakit Maag (Anjuran Ahlinya)

Cara Mengobati Penyakit Maag (Anjuran Ahlinya) ini merupakan ilmu penting bagi yang sering mengalami sakit perut karena terlambat makan karena bisa jadi kita menganggapnya sebagai sakit perut biasa padahal itu adalah sakit maag yang harus segera diobati dan dicarikan solusinya agar tidak semakin parah.

Sakit Maag merupakan penyakit yang terjadi pada lambung yang dapat menimbulkan sakit dan perih yang tak tertahankan jika telah sampai pada tingkatan yang memprihatinkan. Maag bisa timbul karena banyak faktor dan yang paling utama adalah karena sering terlambat makan yang menyebabkan lambung kosong dan lambat laun terjadi iritasi dan bahkan luka yang pada akhirnya membesar dan menimbulkan perih yang sangat dan tak tertahankan. Selain itu, pola hidup lainnya juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit maag, seperti sering makan makanan berminya, mengadung kafein, waktu makan yang tidak tetap, kurang istirahat, sering stress, perokok dan lain sebagainya yang seharusnya dihindari.

Sekalipun begitu banyak yang menjadi penyebab terjadinya sakit maag, akan tetapi yang paling perlu diperhatikan adalah apa yang masuk dan tidak masuk ke dalam perut kita. Maksudnya, maag lebih banyak dipengaruhi oleh makanan yang kita komsumsi, baik itu dari segi waktunya maupun dari segi jenis dan jumlahnya, selain itu waktu seharusnya kita makan jangan sampai diabaikan karena kerja atau aktivitas lain, padahal uang yang kita cari tidak ada artinya kalau tubuh ini tidak sehat.

Dalam ilmu kedokteran yang dinamakan maag adalah segala bentuk rasa sakit yang terjadi di bagian ulu hati, organ sekitar saluran pencernaan dan pencernaan itu sendiri.

Sebelumnya : Cara Mengatasi masuk Angin

Adapun jenis penyakit maag dapat dikelompokkan sebagai berikut :

Maag yang dinamakan fungsional yaitu sakit maag yang apabila dilaksanakan pemeriksaan lebih mendalam dengan cara diteropong pada saluran cerna seseorang yang bagian atas  atau dikenal juga dengan sebutan endoskopi maka tidak ditemukan adanya kelainan anatomis.

mengobati sakit maag
Maag yang dinamakan organik yaitu sakit maag yang apabila diadakan pemeriksaan pada bagian endoskopi akan ditemukan kelainan anatomi, diantaranya adalah ditemukannya luka pada bagian lambung serta pada usus dua belas jari, atau sakit polip pada bagian kerongkongan dan juga lambung serta pula sakit kanker di daerah organ pencernaan kita.

Tips Cara Mengobati Sakit Maag

Untuk melakukan pengobatan maka tidak serta merta kita harus selalu mengadalkan dokter dan obat kimia yang dijual ditoko klontong yang belum dianjurkan oleh dokter pribadi anda, untuk itu perlu kiranya kita memilih alternatif pengobatan alami dengan menggunakan tumbuhan yang belum mengalami proses kimia dan penambahan bahan kimia yang memiliki efek samping.

Pisang

Banyak orang yang sudah mengalami sakit maag dan telah divonis oleh dokter disarankan untuk mengkomsumsi pisang yang dibawa kemana saja ia pergi dan dimakan sebelum mengalami rasa lapar. Namun pisang yang dipilih biasanya pisang gepok yang kemudian direbus. Kandungan getah dan lainnya dalam pisang dipercaya baik untuk mengobati sakit maag secara bertahap, selain itu dengan membawanya setiap saat maka akan memudahkan kita menjaga pola makan yang merupakan salah satu faktor datangnya penyakit ini.

Kencur

Ini juga merupakan salah satu obat alami untuk sakit maag. Caranya cukup ambil sebanyak 1 jari saja lalu dicuci hingga bersih betul dan hilangkan kulit tipisnya agar lebih steril. Setelah itu langsung dikunyah dengan ditambah sedikit garam dapur. kandungan airnya yang masuk kelambung diyakini dapat membantu penyembuhan luka pada lambung.

Lidah Buaya

Yang menjadi faktor kesembuhan dari tanaman Aloevera ini adalah dari aloenin dan juga kandungan magnesium laktat di daunnya yang bisa berfungsi melakukan penghambatan pada sekresi asam lambung dalam perut. Cara mengkomsumsinya adalah dilakukan dengan membuat semacam ramuan dari satu lembar bagian dalam daunnya kemudian diminum langsung habis. Dan agar rasanya tidak terlalu aneh bisa ditambahkan perasa, seperti sirup dan lainnya dan berikan juga madu untuk rasa manisnya. Sekalipun bentuknya gel tapi khasiatnya baik untuk kesehatan lambung. Hati-Hati :Ramuan ini tidak disarankan untuk seorang ibu yang dalam masa kehamilan.


Kunyit


Jika ingin menggunakan obat herbal lainnya maka kunyitlah yang menjadi alternatif lainnya karena kandungannya dipercaya dapat mengobati luka dalam dari lambung yang mengalami maag. Untuk mengkomsumsinya cukup parut, peras dan minum. Tapi bila tidak mau repot cukup beli saja jamu gendong yang banyak dijual tanpa harus susah-susah membuatnya. Baiknya lagi berlangganan untuk bisa rutin minum setiap hari.

Selain bahan-bahan alami di atas, mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung getah juga sangat disarankan karena dapat membantu penyembuhan luka atau iritasi yang terjadi dalam lambung. Jadi selain pisang, maag juga bisa diobati dengan buah lainnya, seperti sawo dan sebagainya.

Disarankan agar tips di atas dilakukan sekali sehari saja untuk menghindari over dosis yang tidak diinginkan dan selebihnya soal pengobatan sakit maag dapat dikonsultasikan pada dokter atau rumah sakit terdekat.

Semoga tips yang kami sampaikan soal Cara Mengobati Penyakit Maag (Anjuran Ahlinya) ini dapat bermanfaat. Intinya sebenarnya dalam menghindari penyakit ini adalah dengan menjaga waktu makan dan jenis makanan kita setiap hari. dengan demikian kita bisa menghindari terjadinya luka dalam lambung yang disebabkan oleh perut yang kosong atau karena ada bahan lain yang tidak bisa diterimanya.

Jangan lupa baca juga artikel menarik selain Maag ini yang masih terkait dalam blog CaraMaster, seperti Cara Mengobati Diabetes dan Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah, Cara Membuat Nasi Goren Jawa dan Harga Emas Antam Hari Ini
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top