Cara Ekspor Impor Barang (Langkah / Proses / Sistem)

Cara Ekspor Impor Barang (Langkah/Proses/Sistem) merupakan ilmu penting bagi seorang pebisnis maupun perusahaan yang ingin melebarkan sayapnya atau jangkauan konsumennya ke seluruh dunia. Ini karena ilmu ekspor dan impor dapat menjadi jalan dalam memahami proses transaksi dengan pembeli asing di luar negeri yang tentunya berbeda jika hanya menjual dalam lingkup lokal saja.

Dalam dunia ekspor misalnya, ada banyak sekali istilah yang harus diketahui oleh seorang businessman, di antaranya General Ekspor yang merupakan sistem transaksi dimana antara penjual dan pembeli telah terjadi kesepakatan sebelumnya yang kemudian melakukan pengiriman barang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain bentuk ekspor di atas, dikenal juga sistem Barter atau imbal barang. Cara ini dengan mengirimkan sejumlah barang ke luar negeri dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan barang dari negara lain sesuai kesepakatan. Namun, jenis ekspor barter bukan hanya satu ada beberapa jenisnya, di antaranya barter langsung, imbal beli, serta switch dan buy-back barter.
ekspor impor barang

Selain dua jenis ekspor di atas, dikenal juga sistem konsinyasi dimana seorang produsen mengirim barangnya ke luar negeri untuk dijual, namun belum pasti siapa pembelinya karena proses transaksi kemudian umumnya dilakukan oleh broker yang mengatur waktu serta prsedur lelang barangnya.

Selain pengetahuan di atas, ilmu soal Impor Barang juga perlu diketahui karena ini juga merupakan bentuk bisnis yang banyak menghasilkan keuntungan sekalipun impor bisa saja mematikan bisnis dalam negeri karena pada kenyataannya barang impor cenderung selalu lebih murah dari barang lokal.

Nah, di bawah ini beberapa artikel yang bisa anda kunjungi langsung untuk mengetahui semua seluk beluk dalam dunia ekspor dan impor yang lebih lengkap.

Langkah-Langkah dalam Melakukan Ekspor Barang ke Luar Negeri
Dasar Hukum dan fungsi dari Freight Forward.
Jenis dan Sistem Ekspor Barang
Cara Ekspor dengan L/C (Letter of Credit)
Ekspor Sistem Konsinyasi

Ada banyak sekali sebenarnya yang akan kami bagi soal ekspor, tapi nanti pada kesempatan selanjutnya akan kami lengkapi lagi informasi yang lebih lengkap mengenai ini. Khususnya soal Impor barang yang belum sempat kami share. Semoga kedepannya kalau ada waktu akan kami jelaskan secara lebih rinci lagi. Baca jugaartikel CaraMaster lainnya di : Harga Mesin Pompa Air Semua Merek dan Cara Sewa Kantor Murah dan  Cara Membuat Paspor
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top