Cara Menggunakan Internet (Dasar Untuk Pemula+)

Cara Menggunakan Internet (Dasar Untuk Pemula+) perlu diketahui untuk setiap orang yang baru belajar memakai internet. Beberapa tips dasar harus dipahami sebelum mulai berselancar agar nantinya tahu apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan. Di antara yang harus diketahui adalah cara mencari situs, cara membuka website, cara download, cara menggunakan mesin pencari dan lain sebagainya yang merupakan ilmu dasar yang sangat bermanfaat nantinya bila kita sudah paham semua seluk beluknya dengan baik.

Seperti disampaikan di atas bahwa untuk tahu cara menggunakan internet berarti harus tahu pula beberapa dasar dasar penting di dalamnya, berikut ini penjelasannya :

1.  Koneksi Internet. Jika kita ingin menggunakan internet maka yang harus ada terlebih dahulu adalah koneksi atau jaringan internetnya. Jaringan ini bisa dalam bentuk internet kabel maupun wireless seperti misalnya menggunakan modem yang banyak dijual dipasaran yang harganya sekitar 200ribu hingga 350ribu. Saya sarankan gunakan saja merek Huawei K3765 seperti yang saya gunakan ini.

2.  Provider Jaringan. Langkah keduanya adalah dengan menggunakan layanan penyedia jaringan berbayar, seperti telkomsel, Indosat, dan lain sebagainya. Untuk ini anda bisa memilih yang bayar per minggu atau bulanan atau yang sistem kuota atau masa pemakaian.

3.  Browser. Jika sudah melengkapi langkah 1 dan 2 di atas, selanjutnya mulai pada langkah ke 3. Pertama kali yang harus dimengerti seseorang yang ingin tau cara pakai internet adalah aplikasi yang umumnya di sebut browser. browser inilah yang menjadi software bagi kita dalam menjelajahi dunia maya. Dan dari browser inilah kita bisa menggunakan mesin pencari seperti google dan lainnya serta juga digunakan untuk membuka situs-situs dengan mengetikkan alamat url situsnya di dalam browser tersebut.
Cara Menggunakan Internet
Gambar dari www.wired.com

Browser yang paling banyak dikenal saat ini adalah Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera Mini. Dulu banyak digunakan Internet Explorer, tapi ketika kedatangan 2 browser di atas membuatnya menjadi tidak terlalu familiar lagi. Untuk menggunakan browser tersebut maka anda harus mendownload lalu menginstallnya terlebih dahulu di komputer atau laptop anda. Untuk mempermudah langkah anda silahkan menuju tempat downloadnya disini : Aplikasi Google Chrome.

4.  Mesin Pencari. Jika kita telah membuka sebuah browser, anggaplah Google Chrome maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka mesin pencari untuk menemukan situs yang ingin kita buka. Jadi caranya adalah klik dulu browsernya 2 kali (dengan cepat) kemudian di tempat penulisan alamatnya di dalam browser tersebut, tinggal kamu ketikkan (misalnya) Google.com. Nah, setelah itu di bagian pencarinannya tinggal kamu ketik kata kunci yang sesuai dengan tema yang kamu cari, misalnya "Cara Memakai Internet" dan sebagainya. Setelah itu secara otomatis akan muncul banyak situs dengan judul artikelnya masing-masing. Atau bisa juga dengan langsung mengetikkan alamatnya dalam tempat mengetikkan url dalam browser tersebut, misalnya mau buka Facebook, maka kamu tinggal ketik saja www.facebook.com

5.  Cara Lanjutan. Setelah paham cara menggunakan mesin pencari dan membuka situs maka ada baiknya status anda dikembangkan dari sebelumnya sebagai konsumen yang menggunakan internet menjadi seorang penyedia informasi bagi pengguna internet. Yang saya maksud di sini adalah dengan membuat blog agar banyak orang yang terbantu dengan artikel-artikel dan ulasan yang bermanfaat yang anda tulis. Untuk belajar cara-caranya silahkan anda kunjungi ini : Cara Membuat Blog

Ada banyak sekali yang ingin saya bagi dalam artikel ini, tapi berhubung ada banyak sekali artikel manfaat dan menarik yang saya telah tulis sebelumnya selain dari cara menggunakan internet ini, jadi silahkan saja kunjungi satu persatu artikel lainnya di bawah ini :

Baca juga cara master lainnya :
  1. Cara Menggunakan HJsplit
  2. Cara Memakai Camfrog
  3. Cara Memakai Pashmina - Jilbab Pashmina
  4. Cara Download IDM Gratis
  5. Cara Setting Modem untuk Internetan
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top