Resep Cara Membuat Roti (Goreng, Manis, Kukus, Tawar, Bakar)

Ada banyak sekali jenis resep roti yang bisa dibuat, diantaranya adalah roti goreng, manis, kukus, tawar dan bakar. Bagi anda yang belum pernah membuatnya sama sekali maka disinilah tempatnya belajar mengenai bahan apa saja yang digunakan serta proses atau langkah dalam membuatnya.

Makanan roti merupakan menu asal Eropa yang kemudian tersebar ke seuruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Awalnya resep roti mungkin hanya yang dibakar atau dipanggang saja, namun seiring semakin banyaknya kreasi yang tercipta, mulailah muncul banyak cara memasak roti dengan berbagai hasil yang nikmat sebagaimana judulnya, ada yang bentuknya digoreng, dikukus dan lainnya.

Disamping jenis dan bentuknya yang beragam, seperti roti unyil, maryam, buaya, cane, jala, gulung, kering, juga divariasikan dengan berbagai isi dan topping. Sekarang ini dipasaran atau toko penjual kue disediakan berbagai macam isinya seperti keju, kacang, coklat, kelapa, selai, dan lain sebagainya yang mungkin unik dan nikmat.

Kunci utama dalam keberhasilan membuat roti ada pada penggunaan terigu dan raginya. Jika jenis terigu yang digunakan betul sesuai yang disarankan maka tampilan dan rasanya nanti akan pas, demikian juga ragi yang digunakan, kalau jumlahnya pas sesuai dengan takaran maka ia akan mengembang dengan baik dan rasanya juga akan empuk sekali.

Resep Roti Goreng 

Roti goreng merupakan jenis kue yang tidak dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang, melainkan dengan cara digoreng di atas minyak yang banyak menggunakan wajan.

Untuk bisa menghasilkan rasa yang enak maka diperlukan bahan yang cukup dan sesuai standar, selain itu langkah membuatnya juga menentukan hasilnya apakah akan terasa empuk atau tidak.

Mengenai isinya, pada resep ini dipilih yang menggunakan coklat, tapi anda juga bisa memvariasikannya dengan berbagai jenis isinya seperti pisang, keju, kelapa parut, abon dan lain sebagainya. Berikut resepnya :

resep roti goreng
By Sajiansedap dot com

resep roti

Selanjutnya baca juga beberapa jenis resep roti lainnya yang juga banyak disukai orang :

1. Roti Manis

Jenis roti manis bisa dibuat dengan berbagai taste. Adapun proses bikinnya hampir sama dengan yang tawar, hanya saja tambahan gulanya jauh lebih banyak. Berbagai toping bisa ditambahkan di atasnya, seperti abon, coklat, keju dan lainnya.

Silahkan baca : Resep Roti Manis

2.  Roti Kukus

Bicara soal roti kukus berarti sama halnya dengan membahas soal kue bolu dengan berbagai varian rasa dan aroma, dan yang paling banyak disukai adalah yang dalam bentuk gulungan dengan aroma pandan wangi.

Silahkan belajar : Resep Roti Kukus

3.  Roti Tawar

Rasa gurihnya membuat banyak penggemarnya. Tapi sekalipun demikian, tambahan garam di dalamnya yang menjadi kuncinya. Jika takaran antara mentega dan garamnya pas maka akan dihasilkan roti tawar yang mirip dengan toko kue umumnya.

Kunjungi artikelnya : Resep Roti Tawar

4. Roti Bakar

Untuk menghasilkan hasil bakaran yang pas matannya tak mesti dengan oven mahal, bisa juga dengan oven biasa yang menggunakan kompor tapi dengan ukuran api yang disesuaikan dengan jarak dan ukuran ovennya.

Tutorial bahan dan langkah2nya : Resep Roti Bakar

Resep Cara Membuat Roti di atas bisa menjadi referensi terpercaya dan bermanfaat anda. Untuk itu, kami sarankan anda save halaman ini untuk mudah menemukannya nanti dengan cara klik Ctrl D untuk men-save halaman tata cara bikin roti ini dan tekan Ctrl B untuk membukanya kapan saja tanpa harus lagi mencari lewat google.

Searching layanan lainnya biar pengetahuan anda soal resep semakin bertambah karena kami telah menulis beberapa cara membuat yang penting lainnya untuk anda baca dan praktekkan langsung dirumah sebagai hidangan keluarga tercinta.

Sebelum membaca tipsnya, baca juga berbagai Cara Membuat Kue Disini

Tips Roti Goreng
  1. Agar didapatkan roti dengan tekstur yang lembut dan empuk maka sebaiknya uleni adonan hingga betul-betul elastis. Cara mengetahuinya adalah dengan mencubit adonannya. Jika tidak sobek lagi maka sudah cukup. Selain itu, ketika sudah tidak lengket di tangan saat dipegang juga berarti adonan roti sudah siap.
  2. Mengenai penggunaan ragi, disarankan gunakan yang instan saja dengan terlebih dahulu dilarutkan dalam setengah gelas air agar mudah dicampur dengan adonan roti.
  3. Agar saat digoreng tetap mengembang dan empuk hasilnya maka usahakan untuk melakukan proses pendiaman sebanyak 2 kali. Pertama setelah diuleni selama 30 menit, kemudian kedua setelah dibentuk selama 10 menit. Degan demikian akan didapatkan hasil roti goreng yang pas seperti yang banyak dijual di toko kue terkenal.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top