Resep Masakan Indonesia (Menu Makanan Nusantara) Lengkap

Resep Masakan Indonesia (Menu Makanan Nusantara) Lengkap ini kami sediakan dari semua resep cara membuat masakan yang terkenal dan banyak dicari di Indonesia. Dari sekian banyak dan bahkan hingga ratusan jenis, ternyata berdasarkan penilaian dari banyaknya peminat hanya ada beberapa yang paling sering dibuat dan dihidangkan, entah apakah itu dalam keluarga atau pun diberbagai warung tradisional, seperti warteg dan lainnya.

Masakan Indonesia tentu memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan makanan dari luar, terutama dalam hal penggunaan bumbunya yang relatif lebih banyak dan beragam sebab sejak zaman penjajahan Indonesia yang disebut dengan Hindia Belanda sudah sangat mahsyur dengan berbagai rempah yang tumbuh melimpah.

Sangat beragam sekali resep masakan Indonesia yang terkenal yang bisa anda pelajari untuk juga menjadi hidangan keluarga, baik yang dalam bentuk kue kering dan basah, makanan utama seperti ayam dan ikan, serta berbagai makanan berkuah dengan beraneka rasa dan jenisnya yang sangat banyak.

Rahasia kenikmatan sebuah resep selalu berada pada tiga hal penting, yaitu pemilihan bahan, takaran bumbu dan bahan serta langkah atau proses memasaknya. Jika itu kita lakukan dengan benar dan tepat maka tentu rasa dan aromanya akan sama seperti yang diajarkan banyak chef di Indonesia yang khusus  fokus pada menu Asia, termasuk Indonesia.

Berikut ini beberapa artikel yang pernah kami tulis menyangkut resep dan cara membuat masakan Indonesia yang terkenal :

resep masakan indonesia

Resep Cara Membuat Sup dan Sayur

Umumnya membuat makanan berkuah lebih simple karena yang utama sebenanya hanya pada irisan atau tumbukan bumbunya, selebihnya itu kita tinggal tumis dan didihkan airnya dan siap dihidangkan.

Resep Sayur Sop/Sup - Cara Membuat dan Bahannya
Resep Cara Membuat Sayur Asem dan Sop
Resep Cara Membuat Sop Ayam + Soun
Resep Cara Membuat Sop Iga Bakar (dengan Merica Hitam)
Resep Cara Membuat Sop Buntut, Sop Iga Sapi dan Sop Ayam+

Resep Kue Basah

Banyak sekali sebenarnya jenis kue basah hanya saja yang paling banyak dicari di bawah ini yang kami sajikan. Bahannya kurang lebih sama dengna kue kering, hanya saja jenis ini lebih mudah rusak jika disimpan terlalu lama, selain itu cara masaknya juga bukan dengan menggunakan oven

Resep Cara Membuat Kue Bolu (Gulung, Pandan Kukus)
Resep Cara Membuat Kue Basah (Kue Lumpur dan Kue Lapis)

Cara Membuat Kue Lapis Tapioka (Resep Kue Basah)
Cara Membuat Kue Lumpur (Resep Kue Basah)

Cara Membuat Puding Coklat Lengkap (Resep)

Resep Masakan Utama - Nusantara

Menu makanan di bawah ini adalah yang paling banyak disukai dibuat orang Indonesia berdasarkan penghitungan jumlah kunjungan dari mesin pencari. Jika anda ingin mahir membuatnya maka sebaiknya pelajari satu per satu dengan kreasi berbagai bahan tambahan.

Resep Sate Padang (Bumbu dan Cara Membuat Sate Pariaman, Panjang dan Kota)
Resep Cara Membuat Sate Daging Kambing dan Sapi (Plus Tipsnya)
Resep Cara Membuat Sambal Pecel (Pas Rasanya)
Resep Cara Membuat Sambal (Terasi, Pecel, Goreng, Ijo)
Cara Buat - Resep Ikan Bakar Dan Masakan Ikan Lainnya

Resep Cara Membuat Ayam Kentucky KFC (Rahasia Renyahnya)
Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Seafood Spesial+

Resep Kue Kering

Membuat Kue Kering memang cenderung rumit karena kita butuh banyak sekali bahan, selain itu kalau alatnya kurang lengkap cenderung bisa gagal. Namun yang terpenting sebenarnya pada takaran dan proses bikinnya, kalau bisa membuat seperti yang dicontohkan tentu hasilnya kurang lebih sama.

Cara Membuat Kue Kering Kacang Giling+
Cara Membuat Kue Kering Keju Kelapa+
Cara Membuat Kue Kering Lebaran (Coklat, Keju, Kacang, Nastar)
Cara Membuat Roti Goreng, Bakar, Kukus Manis dan Tawar

Di atas adalah kumpulan resep cara membuat yang sangat lengkap yang telah kami tulis, semuanya merupakan yang paling terkenal dan banyak dicari di Internet, selain itu penggemar dari masing-masing menu masakan Indonesia di atas sangat banyak dan bahkan hampir seluruh daerah di Indonesia.

Kami kira semua kebutuhan soal resep telah tecantum di atas, tinggal anda kunjungi satu per satu dan praktekkan di rumah sendiri atau mungkin bersama ibu-ibu pkk setempat yang bisa jadi masih banyak yang belum tahu cara bikinnya.

Begitu mudahnya sekarang membuat masakan Indonesia dalam jenis apa saja karena wadah untuk belajar sudah banyak sekali, mulai dari majallah, koran, buku, hingga artikel internet terpercaya seperti ini. Ini berarti jika kita mau berusaha sebenarnya tidak ada halangan yang berarti karena sekarang jamannya serba gratis. Banya

Seperti yang diungkapkan di atas bahwa sebenanya enak tidaknya suatu masakan tergantung pada pemilihan bahan dan cara pengolahannya. Kalau dilakukan dengan benar sesuai istruksi resep yang ada tentu akan didapatkan hasil masakan yang enak dan nikmat. Dan bukan cuma itu, karena aroma, rasa dan tampilan juga mempengaruhi selera orang yang melihatnya. Untuk itu, garnish atau hiasan pada permukaan kue atau makanan harus selalu diperhatikan sebagai tahap akhir dalam proses memasak.

Selalu perbaharui informasi dan pengetahuan anda soal Resep Masakan Indonesia dari berbagai penjuru di tanah air agar hidangan yang anda sajikan untuk keluarga juga semakin beragam dan tidak membuat mereka bosan sehingga selalu jajan di luar yang belum tentu kebersihan dan kualitas makanannya.

Di antara masakan Indonesia yang terkenal dan sudah diketahui semua orang di dunia adalah Sate, Bakso, dan Nasi Goreng. Karenanya kami sarankan untuk belajar cara membuatnya agar suatu saat ada acara atau pun untuk sekedar dihidangkan pada keluarga anda sudah bisa membikinnya sendiri. Mengenai bahannya juga tidak terlalu rumit karena sudah banyak di jual di pasar tradisional.

Demikan kumpulan resep yang bisa kami sajikan di atas, semoga kunjungan anda di CaraMaster berkesan.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top