Cara Menyetir, Teknik dan Syaratnya (Mobil)

Bisa menyetir merupakan idaman banyak ABG, apa lagi yang sudah masuk waktunya dan diperbolehkan menurut hukum untuk menggunakan jalan raya sebagai jalur perjalanannya. Tapi perlu diketahui, khususnya oleh orang tua bahwa sebelum mencapai umur 17 tahun maka sebisa mungkin menghindarkan anak dari menyetir sendirik, apalagi di jalan raya karena melanggar peraturan lalu lintas polri.

Sebelum mulai mengetahui apa saja teknik yang tepat agar bisa cepat mahir mengendarai motor atau pun mobil maka perlu pula memahami apa saja jenis SIM dan ketentuan lainnya.

Cara Menyetir, Teknik dan Syaratnya


A.  Surat Izin Mengemudi


Di Indonesia ini dikenal juga dengan singkatan SIM. Namun bukan hanya itu, bagi anda yang sudah mulai ingin menggunakan motor atau mobil dalam beraktifitas di luar rumah maka perlu tahu beberapa ketentuan di bawah ini.

1.  Syarat Usia

Dalam Pasal 81 undang-undang nomor 22 thn 09 menyatakan bahwa untuk bisa memiliki sim agar dapat dengan legal dan bebas berkendara di jalan raya, maka usiannya ditentukan : untuk 17 thn bisamengajukan SIM A, C dan juga D, sedang bagi yang sudah berumur 20 thn dapat mengajukan SIM jenis B1 serta untuk 21 thn ke atas berupa SIM kategori B2.

2.  Syarat Administratif, Kesehatan dan Ujian

  • Punya KTP
  • Melengkapi formulir pengajuan
  • Telah memberikan sidik jarinya
  • Sehat dan lulus uji psikologi dan lainnya seperti kesehatan mata. Jika minus maka wajib mengenakan kaca mata.
  • Lolos uji praktek dan keterampilan lewat alat simulator
Sebelumnya baca juga : Simulasi Kredit Mobil semua Bank

B.  Teknik Menyetir


Setelah paham sedikit syarat pengajuannnya maka selanjutnya tinggal memperhatikan beberapa tips dari beberapa driver berpengalaman, yaitu:

Keamanan

  1. Lakukan selama 6 bulan pengenalan di jalan yang tidak ramai sebelum ke jalan raya. Ini merupakan rekomendasi dari asosiasi asuransi di Inggris.
  2. Jangan belajar sendiri tanpa panduan orang yang telah ahli.
  3. Pastikan tidak dalam keadaan mabuk.
  4. Jangan latihan di malam hari.

Trik
belajar menyetir mobil

  1. Hafalkan dahulu semua bagian navigasinya, khususnya pada gigi atau porsenelannya. Membedakan masing masing penomoran giginya tinggal lihat arah garis yang menunjukkan angka. Sebisa mungkin latihan menggerakkan dan menghafal masing-masing posisinya. Untuk ini perlu dikatahui bahwa untuk awal jalan selalu gunakan gigi 1 dan pada saat mulai gas ke dua maka masukkan ke gigi 2 dan seterusnya setelah kecepatannya semakin bertambah. Gigi 1 dan 2 biasanya digunakan saat berada pada jalan tanjakan.
  2. Gunakan mobil yang tepat. Type yang disarankan adalah yang pick up karena memudahkan anda melihat bagian belakang ketika belajar mundur.
  3. Mulai dengan memutar kunci kontak sambil menekan sedikit gasnya. Tapi pastikan porsenelannya dalam keadaan netral atau tidak masuk.
  4. Jika sudah menyala selanjutnya mulai dengan memasukkan gigi 1 dengan terlebih dahulu  menekan koplingnya yang berada di sebelah kiri. Injak yang rapat biar mesinnya tetap menyala.
  5. Mulai jalan, jangan menginjak gas dulu. Lepaskan kopling sedikit. Bila telah dirasa bergerak maka mulai menginjak gas secara perlahan dengan kopling terus diinjak dan dilepaskan secara perlahan.
  6. Jika sudah jalan, lepaskan koplingnya total. Dan bila ingin pindah kopling maka harus melepaskan pijakan kaki untuk gas disebelah kanan dan sebaliknya kopling yang ditekan rapat. Baru setelah itu pindahkan giginya. Selanjutnya lakukan hal yang sama saat mulai ingin jalan. Bedanya di sini tidak lagi terlalu sulit karena mobil sudah dalam keadaan jalan.
Sebelum lanjut baca : Kumpulan Gambar Mobil Mahal

Tips Menyetir

1.  Tanjakan

Gunakan antara gigi 1 dan 2. Jika tanjakannya terlalu tajam maka turunkan jadi 1 biar mesinnya semakin kuat mendaki.

2.  Jalan berbatu dan berlubang-lubang

Biasnya bila baru belajar menyetir akan selalu mati mesin mobilnya. Ini karena belum tahu triknya. Untuk kondisi seperti ini maka usahakan seimbangkan antara tekanan kaki pada gas dan giginya dan buat stagnan. Biasanya dalam hal ini digunakan gigi 2.

3.  Berhenti di tanjakan.

Dalam keadaan macet, apalagi di tanjakan dan harus berhenti, di sininilah diperlukan trik karena jika tidak, pada saat kaki berpindah dari rem ke gas tentu mobil akan mundur ke belakang. Jika kaki tidak cepat maka bisa jadi akan menabrak mobil yang ada dibelakang. Caranya, sebelum memindahkan kaki dari rem ke gas maka usahakan gigi ditekan dengan pas, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu di buat los karena mesin bisa saja mati. Jika sudah memindahkan dengan cepat kaki ke gas maka langsung di gas sedang, saat itu jangan lepaskan kaki dulu dari porsenelan. Biarkan tetap sampai mobil terasa bergerak maju. Baca juga Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top