Pengertian Metode Pembelajaran Drill and Practice

Pengertian Drill - Berdasarkan hasil pengamatan terhadap beberapa blog, kami mencoba memberikan intisari dari pengertian Drill dan Practice.

1. Drill Secara Bahasa

Drill atau berlatih mencakup didalamnya aktifitas menghapal, mengeja kata, dan sebagainya. Practice atau praktek dapat dikategorikan di dalamnya seperti menulis, melaksanakan berbagai gerak dlm olahraga, dan lain sebagainya.

Atau secara singkatnya, drill and practice dapat juga disebut ‘berlatih dan praktek’.

Sehingga kadang pula disebutkan bahwa berlatih dan praktik itu dikategorikan menjadi satu strategi belajar karena di dalam kelas dipakai secara bersamaan. Sehingga dapat ditarik sebuah konklusi bahwa Drill merupakan latihan dengan praktik yang dilaksanakan berulang kali atau secara berkesinambungan untuk mendapatkan suatu ketangkasan atau keterampilan praktis tentang suatu pengetahuan yang sedang dipelajari. Dan diharapkan pula agar keterampilan yang telah diperoleh dari hasil pembelajaran itu menjadi permanen atau bertahan lama, serta dapat dimanfaatkan setiap saat dibutuhkan oleh siswa yang bersangkutan.

2. Dril Menurut Pakarnya

Menurut pendapat Abu Ahmadi yang dimaksud dengan metode drill adalah suatu cara belajar-mengajar yang mana siswa diajak melaksanakan kegiatan berbentuk latihan agar siswa mempunyai ketangkasan atau pun keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah ia pelajari.
Lihat juga Naba Bayi Islami eksklusif dari Al-Qur'an
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top