Jenis Burung Kenari Varietas yang Dikembangkan dan yang Langka

Di pasaran saat ini bisa dibilang sulit menemukan jenis burung kenari yang merupakan bentuk aslinya, kebanyak hasil persilangan dengan jenis yang lainnya, namun seklipun demikian varietas yang dikembangkan juga tidak sedikit jumlahnya dan hingga saat ini masih terus tinggi peminatnya di kalangan kicau maunia. Dan bagi yang berkantong tebal kebanyakan mencari yang varietas langka untuk diternakkan dan dikembangbiakkan sebagai hobi maupun sebagai peluang bisnis penjualan burung.

Sebenarnya jenis kenari yang ulasannya sangat lengkap sudah dijelaskan dalam blog Omkicau.com tapi siapa tau mau penjelasan yang berbeda bisa menjadikan ini sebagai rujukan. Tentunya tanpa mengurangi rasa hormat saya pada admin kicau.

Sempatkan belajar : Tips Beternak Burung Kenari

Jenis Kenari


Semua jenis di atas merupakan yang paling banyak dikenal para penghobi burung kenari, yang mana masing-masing memiliki karakteristik tertentu, terutama pada warna dan kemampuan berkicaunya.

American Singer Canary

jenis american singer canary

Varietas ini disebut2 sebagai jenis kenari terbaik, dilihat dari segi postur badannya dan juga suaranya yang sangat merdu. Dalam sejarahnya, ini merupakan hasil persilangan dari kenari Border dan Roller. Bagi seorang peternak baru disarankan memilih ini, karena selain perawatannya mudah, katanya juga lebih kuat fisiknya. Selain itu, jika memang tujuannya adalah mencari yang suaranya bagus tentunya inilah pilihan terbaik karena ia digolongkan juga sebagai "song canary" yang memang unggul dalam hal kicauannya.

Border Fancy Canary

jenis kenari Border fancy canari
kenari border fancy

Kebalikan dari jenis kenari yang di atas, kalau ini tidak ditonjolkan kicaunnya tapi pada keanggunakan postur tubuhnya. Yang paling baik yang tampak kokoh dan kompak bodinya. Semakin cantik maka akan semakin mahal harganya. Dalam kontes, terutama di luar negeri, yang paling banyak dicari dan mendapat juara adalah yang paling bulat bentuknya. Awal mula dikembangkannya diketahui berada di daerah antar Skotlandia dan Inggris.

Kenari Belgian Fancy

belgian canary

Peruntukannya sama dengan yang Border yang mana yang dikejar dari peternaknya adalah pada tampilan tubuhnya yang cantik, sedang suara dan fisiknya tidak terlalu ditonjolkan untuk jenis kenari ini, itulah sebabnya dikategorikan sebagai 'postur canary'.Ciri-ciri yang menonjol padanya adalah kepalanya yang menyerupai kepala ular dan tampilannya hampir bisa dibilang cacat karena memang demikian saat pertama kali dilihat. Kalau kamu masih beginner baiknya jangan memilih jenis ini dulu karena lebih sulit diternakkan, kalau pun bisa harus diberikan bantuan kenari lain untuk proses penetasannya.

Lanjut : Cara Agar Cepat Tinggi

Dari daftarnya di atas ada banyak sekali jenis kenari yang bisa Master share, karena keterbatasan waktu silahkan anda merujuk ke penutur aslinya. Dan jangan lupa ikuti Lomba Kicau Mania yang akan di adakan.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top