Radang Tenggorokan : Cara Mengobati, Penyebab dan Gejalanya.

Langkah yang dilakukan dalam mengobati radang tenggorokan tidak boleh sembarangan asal dengar rekomendasi dari orang saja, tapi kita harus tahu dulu apa penyebab dan gejalanya baru bisa menentukan obat apa yang cocok dengan penyakit yang kita alami, sebab jika tidak kita bisa saja merusaka bagian terpenting dari tubuh kita yang kalau seandainya terjadi yang tidak diinginkan maka dalam waktu yang lama kita akan merasakan makan yang tidak enak, padahal salah satu kenikmatan yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia adalah proses makan tersebut. Apa artinya uang kalau makan selalu tidak enak karena ada yang mengganjal ditenggorokan, bukan begitu?

Pengobatan dari radang tenggorokan sebisa mungkin karena didasarkan ilmu yang telah kita pelajari, atau kalau tidak mau repot kamu bisa datang ke dokter yang mana kamu harus sudh siap biayanya, itu kalau kamu belum buka asuransi BPJS dari pemerintah, tapi kalau sudah yah entenglah…!

Sudah di bahas sebelumnya apa itu faringitis yang merupakan nama ilmiah dari radang tenggorokan, silahkan merujuk ke sana untuk menemukan informasi yang lebih lengkap. Tapi di halaman ini ada beberapa yang akan kita jelaskan, tapi terkhusus mengenai :

Cara Mengobati Radang Tenggorokan


Sudah kita ketahui bahwa yang mengakibatkan timbulnya masalah di kerongkongan ini adalah akibat virus.

Ketahui Penyebabnya di Tenggorokan


Anda harus pahami bahkan ketika radang pada tenggorokan terjadi akibat adanya virus yang menginfeksi maka tak ada obat untuk membunuhnya kecuali anda meningkatkan daya tubuh, dan salah satu solusinya adalah banyak mengkomsumsi vitamin C untuk mengurangi penyebabnya tersebut.

Ketika diketahui bahwa yang mengakibatkan munculnya radang adalah bakteri maka ini baru bisa diobati, tapi jangan salah, kalau mau tepat penanganannya maka gunakanlah antibiotic yang pas dengan kondisi tubuhmu, dan baiknya kamu harus mendatangi dokter yang berada di daerahmu, dan yang paling tepat adalah di klinik THT yang khusus menangani masalah Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Nah, di sana kamu akan diberi resep obat yang sesuai dengan penyakit yang kamu derita, jadi tidak asalan dan tidak ngaur.
obat radang tenggorokan

Lain lagi kalau terjadinya karena iritasi dan alergi, maka yang harus dilakukan adalah dengan jalan menghindari penyebabnya, sebagai contoh yang sering terjadi adalah karena banyak makan makanan berminyak yang bisa mengakibatkan tenggorokan iritasi, selain itu, yang penulis pernah alami sendiri adalah ketiak anak saya banyak makan makanan yang terlalu manis sehingga mengakibatkan ia batuk keras yang ternyata setelah diperiksakan barulah sembuh. Tak usah mahal-mahal untuk penyebab seperti ini, cukup ke puskesmas aja obatnya sudah cocok.

Menghilangkan Gejala Radangnya


Ada bebeapa perlakukan yang harus anda lakukan untuk mengurangi gejalanya agar tak berlanjut pada radang tenggorokan yang lebih parah, yakni :
  • Suara terasa serak, maka baiknya untuk saat itu kurangi banyak berbicara apalagi mengeluarkan suara keras karena marah.
  • Komsumsi obat khusus untuk menghilangkan demam dan nyeri, seperti parasetamol, ibuprofen, aspirin yang khsus diberikan pada orang dewasa saja. Hanya saja kalau beli obat semacam itu selalu perhatikan kadar atau dosisnya karena anda menggunakannya tanpa melalui resep dari dokter ahlinya.
  • Kurangi dengan minum yang hangat-hangat, seperti teh yang tidak terlalu manis, atau kalau bisa cobalah semangkuk bakso yang masih panas karena baik untuk menyingkirkan bakteri di dalamnya.
  • Lalukan terapi klasik yang selalu berhasil, yakni dengan banyak minum air putih sebagaimana dilakukan untuk pengobatan lainnya, seperti ketika ingin terkena flu.
  • Cukupkan waktu istirahat setiap hari, dan yang paling sering mengalami radang kadang diakibatkan oleh banyak begadang dan kurang minum air putih sehingga hawa dingin di malam hari sangat berdampak pada kesehatannya.
  • Gunakan garam dengan cara dituang dalam segelas air secukupnya saja kemudian gunakan untuk berkumur, ini juga masuk dalam kelompok obat alami untuk radang tenggorokan.
  • Menghindari Komplikasi
  • Bakteri bernama streptococcus adalah yang disebut-sebut sebagai penyebab yang dapat berlanjut pada komplikasi jika tidak dituntaskan pengobatannya. Dan beberapa penyakit yang lain yang bisa diakibatkannya adalah seperti ginjal, rematik dan juga jantung. Untuk itu jangan sepelehkan walaupun hanya terjadi di kerongkongan tapi kalau tidak ditangani akan besar efeknya.


Mencegah Radang Tenggorokan datang lagi


  1. Biasakan hidup bersih, seperti mencuci piring dengan sabun dan juga peralatan minum lainnya.
  2. Usahakan setiap habis buang air besar menggunakan sabun pencuci tangan, ini untuk menghindari penyebaran bakteri e-coli yang sangat berdampak pada kesehatan.
  3. Sebelum makan, kalau bisa pakai pembersih tangan yang mengandung alcohol, tapi jika tidak bisa ibu bisa mencuci dengan air dan sabun saj atapi usahakan sebersih mungkin.
  4. Kalau bisa jangan sering makan sisa orang atau berbagi dengan teman yang telah dicicipinya karena bis amenyebabkan penularan bakteri yang berujung pada berkurangnya kesehatan pada tenggorokan.
  5. Buanglah tisu bekas di tempat yang sepantasnya agar tidka berefek pada anak dan keluarga lainnya.
  6. Menjauhlah dari orang perokok karena asapnya juga memberi andil dalam timbulnya penyakit anda tersebut.
Semoga apa yang anda baca mengenai cara mengobati radang tenggorokan di atas dapat dijadikan referensi yang terpercaya, apalagi semua sudah dijelaskan secara gambling dan mudah dipahami. Pastikan selalu jaga kesehatan agar tak mudah terserang penyakit.

Selanjutnya : Menghindari Sakit Demam Jika Sudah Terasa Meriang (Gejala Flu)
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top