Resep Sate Padang (Bumbu dan Cara Membuat Sate Pariaman, Panjang dan Kota)

Resep Sate Padang (Bumbu dan Cara Membuat Sate Pariaman, Panjang dan Kota) bisa kamu dapatkan di sini dalam satu resep saja. Memang menjelang Idul Adha atau Hari Raya Qurban, masakan sate, baik itu dari bahan kamibing, sapi, kerbau mau pun ayam, semakin dibutuhkan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan men-share proses bikinnya secara lengkap di sini.

Sate dalam sejarahnya dikenal sebagai makanan khas orang Indonesia yang menurut Wikipedia berasal dari tanah Jawa yang kemudian tersebar kesuluruh penjuru Indonesia. Tersebarnya resep bikin sate ke seluruh Indonesia dikarenakan oleh para pedagang dari Gujarat dan Tamil yang menyebarkan informasi yang mereka dapatkan saat melakukan perdagangan di negeri ini.

Sebelum masuk ke pembahasan resepnya, dan karena ssat ini sudah menjelang Idul Adha atau hari raya haji yang mewajibkan setiap muslim yang mampu untuk melakukan Qurban hewan sapi atau kambing, maka ada baiknya kita tahu dulu apa saja tanda-tandanya yang layak disembelih dan kita makan di bawah ini :

Ciri Ciri Hewan Qurban (Sapi, Kambing, Lembu) yang sehat 

Kalau anda pecinta makanan tusuk ini, maka ada baiknya juga tahu apa sih ciri-ciri ternak Qurban yang sehat agar saat membeli tidak salah dan bahkan bisa jadi keliru membeli sapi yang terkena penyakit gila atau pun kuku yang sering dihimbau oleh dinas peternakan.

-  Bulu tidak jingkrak
-  Mata tidak berair
-  Kulit tampak sehat
-  Cukup umur
-  Mulut tidak mengeluarkan busa

Dan yang paling penting dari semua syarat di atas adalah ada surat keterangan dari dinas kesehatan hewan atau dinas terkait yang bertanggungjawab terhadap urusan semacam ini. 

Nah, berikut adalah Resep Sate Padang (Bumbu dan Cara Membuat Sate Pariaman, Panjang dan Kota) yang kami maksud yang bisa diterapkan langsung :

Bahan-bahan atau bumbu-bumbu untuk porsi 10 tusuk

300 gr daging
250 gr usus sapi yang telah dibersihkan, masak dan potong dadu.
1.250 ml air bersih
10 buah tusuk sate (beli di supermarket)
1 btg serai, ambil batangnya saja lalu memarkan
2 lbr daun kunyit
1 buah asam kandis atau jawa
25 gr kacang tanah dikupas, lalu sangrai, dan cincang kasar
40 gr tepung beras dan 50 ml air bersih, larutkan sebagai pengental
2 sdm bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus:

6 cabe merah besar
6 btr bawang merah
5 cabe rawit merah matang
2 1/2 sdt garam dapur
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt ketumbar
1 sdt jintan
1 sdt gula pasir
2 buah kapulaga
3 cm kunyit yang telah dibersihkan, dan dibakar
1 cm lengkuas

Pelengkap dan Hiasan Hidangan Sate

2 buah ketupat
Irisan tomat
sayur Kol
Bawang Merah
Taburan Merica bubuk

Proses / Langkah Cara membuat :

1.  Masak daging yang telah dipersiapkan dengan air bersih hingga masak dan terasa empuk. Matikan apinya dan Angkat. Setelah itu Potong berbentuk kotak atau dadu. Perkirakan banyak kaldunya 1.000 ml.

2.  Rebus daging dengan usus, bumbu halus, daun kunyit, serta serai, dan larutan asam kandis. Rebus hingga kaldunya tersisa 500 ml dengan menggunakan api kecil.

3.  Tusuk potongan daging dengan bambu atau lidi yang dibeli di toko, serta bagian usus-nya secara selang seling seperti sate umumnya. lalu panggang sampai berbau harum.

4.  Masak lagi sisa rebusan. buat menjadi kental dengan larutan tepung beras. rebus sampai mendidih dengan tanda sudah meletup-letup. Masukkan kacang tanah. Campur lagi dan aduk hingga rata. Matikan api dan angkat.

5.  Hidangkan sate dengan ditemani dan tambahan bawang goreng yang harum.

Bagaimana Resep Sate Padang (Bumbu dan Cara Membuat Sate Pariaman, Panjang dan Kota)  yang anda sudah pelajari dari tutorial di atas. Semoga hari raya anda dapat menjadi lebih berkah dan berkesan. Selain itu kami sarankan pula bagi yang mengalami masalah kolestrol dan obesitas agar jangan berlebihan karena bisa saja menimbulkan penyakit Strok mendadak.

Baca juga Cara Membuat Sate Kambing dan Ayam Lengkap disertai Tipsnya Membuat Bumbu Kacang dan Kecap dan Cara Membuat Paspor dan Resep Ikan Bakar Makassar
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top