Tips Cara Sehat Saat Menstruasi (Datang Bulan)

Tips Cara Sehat Saat Menstruasi (Datang Bulan) -  Menstruasi merupakan suatu hal yang lazim terjadi pada setiap perempuan yang masih tergolong dalam usia produktif dan bahkan tidak terjadinya menstruasi pada wanita bisa menimbulkan beberapa pertanyaan, apakah sedang hamil, sudah monopouse, atau mungkin terlambat datang bulan. Semua itu tergantung bagi yang mengalaminya.

Siklus menstruasi atau datang bulan pada setiap wanita terkadang tidak sama, baik itu waktu atau lama terjadinya. Terkadang ada yang rutin di tanggal yang sama setiap bulannya dan kadang juga ada yang tidak teratur dan bahwak tidak setiap bulan terjadi.

Jika terjadi menstruasi yang tidak sehat, seperti kadang terlambat dan kadang terlalu cepat, maka efeknya sering kali menimbulkan nyeri di perut yang berlebihan. Ini pun bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena mengkomsumsi alkohol, malas berolahraga, atau paling tidak bergerak dalam seharian penuh, memiliki kebiasaan merokok serta kerap kali mengalami stres dan lain sebagainya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa Tips Cara Sehat Saat Menstruasi (Datang Bulan) yang bisa dilakukan oleh seorang wanita yang sering kali mengalami masalah nyeri atau persoalan lainnya ketika haid :

1.  Multivitamin Khusus

Bagi wanita yang kerap kali merasa kesakitan ketika datang bulan sebenarnya masalahnya ada pada daerah kandungan atau dinding rahimmnya, untuk itu disarankan mengkomsumsi multivitamin seperti mineral zinc, vitamin B dan E, serta makanan atau vitamin yang banyak mengandung magnesium. Ini dipercaya dapat membantu meregangkan daerah dinding rahim yang sekaligus mengurangi rasa nyeri yang terjadi setiap kali datang bulan/menstruasi/haid.

2.  Berbaring

Ketika merasakan sakit saat menstruasi maka yang bisa dilakukan adalah diantarnaya dengan berbaring agar celananya tidak terasa terlalu ketat dan mengurangi rasa nyerinya dan juga untuk merilekskan tubuh.

3.  Menjaga kebersihan

Daerah kewanitaan adalah daerah basah yang jika tidak dirawat dengan baik akan mudah menimbulkan tumbuhnya jamur dan lain sebagainya yang menimbulkan efek pada saat haid, untuk itu banyak pakar menyarankan agar selalu rutin mengganti pembalut, paling tidak 2 atau 3 jam sekali, sering mengganti pakaian dalam dan kalau bisa yang terbuat dari bahan katun, serta membersihkan dengan air yang bersih saja.
menstruasi haid datang bulan

4.  Olahraga Rutin

Kebanyakan perempuan yang mengalami datang bulan lebih senang berdiam diri di rumah. Padahal dengan berolahraga akan memberikan efek positif pada tubuh yaitu melemaskan seluruh otot tubuh dan mengurangi penimbunan cairan pada tubuh yang berlebih yang tentunya bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Olahraga juga sebaiknya jangan dilakukan sekali dua kali aja, kalau bisa rutin setiap hari karena otot yang selalu mengalami pergerakan tentu akan berbeda keadaannya dengan yang jarang berolahraga yang mana tidak akan terlalu menyiksa saat haid.

5.  Makanan Sehat

Beberapa makanan sehat yang baik dikomsumsi untuk kesehatan metabolisme tubuh dan juga wanita yang menstruasi adalah :

-  Telur masak. Kandungan dalam makanan alami ini baik untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan karena banyak mengandung protein dan kalsium.

-  Susu kedelai. Minuman ini banyak mengandung vitamin dan protein dan sangat baik untuk melancarkan haid tanpa menimbulkan efek samping sama sekali.

-  Brokoli. Ini juga baik untuk menjaga agar siklus menstruasi bisa teratur setiap bulan.

-  Tahu dan tempe. Sebenarnya bukan hanya tahu dan tempe saja, tapi semua makanan yang banyak menghasilkan kalsium baik untuk mengurangi rasa sakit dan juga ketegangan otot saat datang bulan tiba.

Selain beberapa yang disebutkan di atas anda juga bisa memperbanyak makan buah segar yang baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh.

Jika anda tidak puas anda bisa menggunakan produk penghilang nyeri datang bulan yang banyak diiklankan, seperti Kiranti dan lain sebagainya. Tapi perlu diperhatikan, bahwa apa saja yang dilakukan berlebihan selalu tidak baik hasilnya, apa lagi sakit seperti ini sebenarnya biasa dan akan hilang dengan sendirinya.

Intinya, anda bisa saja melakukan pengobatan tapi jangan berlebih, baiknya juga bisa gunakan obat gosok kalau nyerinya tak tertahankan karena tidakk akan menimbulkan efek samping.

Bagaimana Tips Cara Sehat Saat Menstruasi (Datang Bulan) yang telah anda pelajari di atas? Yang trepenting dari semua tips di atas sebenarnya dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat karena tidak semua wanita mengalami nyeri yang sama, tergantung dengan gaya hidup dan aktivitasnya sehari-hari yang kadang membedakannya. Baca juga CaraMaster lainnya di Cara Pakai Jilbab Pashmina dan Saya Jual Beli Blog Murah
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top