Cara Daftar Email Gmail / Ymail (Google dan Yahoo)

Bagi yang belum pernah buat email perlu kiranya belajar bagaimana cara daftar email lewat gmail milik Google atau Ymail milik Yahoo. Ini karena sekalipun mudah tetap saja ada beberapa isian kolom yang perlu tepat mengisinya agar tepat dan bisa jadi langsung.

Disini kami tidak ingin memberikan tutorial yang ribet sehingga lebih mudah dipahami dan langsung bisa dipraktekkan saat membuka komputer yang telah tersambung internet. Dengan berhasil membuat emal baru maka ada banyak sekali kegunaan yang bisa kita dapatkan di antaranya adalah mudahnya menerima informasi dari teman jauh atau pun dari rekan bisnis anda. Selain itu, jika anda punya file dalam jumlah banyak yang mau dikirm maka tidak perlu dengan pos, cukup di kompress setelah itu buat sebagai lampiran dalam email gmal atau ymail yang telah anda daftarkan sebelumnya, dan dalam jangka waktu kurang dari 5 menit sudah bisa terlihat oleh penerimanya lewat akun emailnya juga.

Email awalnya belum banyak digunakan orang, tapi seiring dengan perkembangan zaman funsinya semakin dibutuhkan maka orang pun mulai berbondong-bondong mendaftarkan akun email baru mereka sebagai sarana komunikasi murah dan cepat untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis mereka. Berikut adalah carnaya :

Cara Daftar Email Gmail / Ymail (Google dan Yahoo)

cara daftar emailUntuk melakukan pendaftaran email maka pastikan anda sudah tersambung dengan internet pada komputer pc anda ataupun pada tablet anda yang sudah terhubung langsung dengan paket internetnya. Selanjutnya ikuti langkah berikut untuk mulai membuatnya :

1.  Buka alamat situs resmi milik google alamat singkatnya http://gmail.com (akan langsung di redirect)
 
2.  Klik menu "Create An Account" yang berada di sebelah sudut kanan atas

3.  Selanjutnya tinggal mengisi form pendaftaran yang telah muncul sesuai dengan data pribadi yang sebenarnya. Adapun isinya adalah :

  • Nama : Isi sesuai dengan nama awal dan dan akhir anda.
    "Pilih nama pengguna" : Ketik alamat email yang kamu mau, misalnya bisnis@gmail.com (kata gmail.com tidak perlu diketik karena seudah ada) - (usahakan yang belum lebih dulu terpakai orang lain)
    Buat sandi : Maksudnya di sini adalah pin atau password yang hanya anda yang tahu yang digunakna untuk login akun emailmu nanti. Jadi iangat baik-baik.
  • Konfirmasi sandi anda : Cukup ketik ulang sandi di atas. Ini untuk memastikan apakah sandi email anda sudah betul atau tidak.
  • Tanggal lahir : Baiknya isi sesuai dengan yang asli di ktp untuk keperluan penting nantinya. Tidak usah asalan.
  • Gender : Apa jenis kelaminmu? Diisi di sini
  • Ponsel : Nomor HP yang masih aktif untuk verifikasi nantinya.
  • Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). atau lewati.
  • Lokasi : Isi nama negara kamu bermukim
  • Berik tanda Centang atau Benar dari 2 persyaratan yang tertera

4. Akhiri dengan melakukan klik  pada tombol atau tulisan "Langkah berikutnya..."

Itulah di atas langkah singkat dalam mendaftarkan akun email terbaru untuk gmail, untuk yahoo dan lainnya kurang lebih sama, tinggal ikuti instruksinya.

Tips Memiliki Email

Jika anda belum pernah mengirim sama sekali tentu kadang salah bagaimana caranya kalau mau mengirim file dalam bentuk word yang sudah diketik untuk itu anda bisa dengan menggunakan fasilitas 'Archive', yaitu layanan berupa penyertaan file lewat email yang dikirim, jadi ketika telah sampai pada penerima tidak akan terlihat pada isi email keculi ia download terlebih dahulu atau di lihat lewat google drive.

Adapun caranya adalah dengan mengklik ikon seperti penjepit kertas di bagian bawah penulisan isi email. Biasanya akan terlihat tulisan "Lampirkan file" jika disorot. Selanjutnya tinggal cari di komputermu file yang sudah kamu sedikan.

Menghindari Pencurian pada Akun Email Yang Telah Didaftarkan
  1. Sebaiknya usahakan untuk tidak mencatat email pada kertas atau apa pun, baiknya dengan cara dihafal saja agar tidak ada yang mudah melihatnya.
  2. Selalu lakukan logout atau keluar setiap kali telah menggunakannya, apalagi kalau memakai komputer di internet. Karena jika tidak, sekalipun telah dimatikan komputernya, orang baru yang membuka komputer tersebut tetap dalam kondisi login dan bis amelihat isi email anda.
  3. Gunakan verifikasi 2 langkah. yaitu login selain menggunakan password juga dengan menggunakan nomor verifikasi yang dikirimkan ke hp setiap kali akan login.

Demikian ulasan cara mendaftar email dari CaraMaster di atas semoga bisa membantu buat anda yang masih pemula dalam menggunakan internet. Semoga urusan bisnis atau pun komunikasi keluarga anda tetap dapat terjalin dari apa yang kami ajarkan pada kesempatan kali ini. Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet yang Halal dan Ucapan Selamat Tahun Baru
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top