Resep Cara Membuat Pepes Ikan

Resep Cara Membuat Pepes Ikan -  Sebenarnya ada banyak sekali pepes ikan yang bisa kita buat dengan berbagai jenis bahan utama yang banyak tersedia di pasar, hanya saja pada kesempatan kali ini kami akan membahas soal pepes ikan tongkol sebagai awal minggu ini.

Bikin pepes bisa dibilang sangat simple, kita hanya butuh bahan berupa ikan segar, daun dan bumbunya. Terkadang soal bumbu juga disesuaikan dengan jenis atau varian menu yang akan kita buat, misalnya saja ditambahkan tomat, mangga parut, kemangi dan lain sebagainya yang temanya berbeda.


Cara terbaik membakar pepes adalah dengan menggunakan bara api yang cukup. Jika ingin lebih beraroma, gunakan sabuk kelapa atau arang yang dibeli dipasar. Akan sangat berbeda kalau menggunakan kompor gas karena dari segi aroma akan jau lebih harum pepes yang dibakar menggunakan bara api.

Agar pepes ikan yang dibakar bisa pas dan tidak gosong maka diusahakan jarak antara permukaan bara api dengan pepes di atur tidak terlalu dekat, kurang lebih sejengkal. Karena terkadang ada yang daunnya sudah gosong sedangkan isinya masih mentah jika dibuat terlalu dekat.

Bahan dan Proses Cara Membuat Pepes

Berikut ini adalah pepes ikan yang menggunakan ikan tongkol sebagai bahan utamanya. Usahakan dicuci bersih sebelum dimasukkan dalam daun. Jika ingin amisnya hilang maka baiknya lumat-lumat dengan timun parut setelah itu bilas maka akan sangat berbeda aromanya jika telah matang.

pepes ikan
Tips Pepes Ikan

Untuk mengetahui matang tidaknya pepes yang kita bakar maka ada satu tipsnya yaitu dengan mengangkatnya dengan ujung daun di bawah, jika sudah tidak ada air yang menetes maka itu tandanya sudah matang tanpa harus membuka daunnya.

Selalu perbaharui dan tambah pengetahuan anda soal resep laiinya di CaraMaster dengan rutin mengunjungi blog kami. Selain itu anda juga bisa membaca : Cara Membuat Perkedel Jagung dan Kumpulan Resep Masakan Nusantara Lengkap
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top