Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan - Dalam dunia obat-obatan herbal pepaya dikenal sebagai tanaman yang semua bagian phonnya dapat difungsikan dan memberi khasiat pada penggunanya, mulai dari akar, batang, buah dan daunnya.

Khusus pada ulasan kali ini kita akan membahas manfaat pepaya pada daunnya untuk kesehatan dan pengobatan tubuh kita.

Sekalipun rasanya agak pahit, sampai sekarang sayur yang terbuat dari daun pepaya tetap saja disukuai orang, apalagi yang dibuat dalam bentuk sayaur gudangan yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah diberi campuran bumbu. Tapi mungkin selama ini, kita yang sering memakan daunnya belum mengerti sebenarnya apa sih khasiat dari mengkomsumsi daun pepaya, khususnya pada kesehatan dan pengobatan badan kita? Untuk itu simaklah beberapa ulasan beriku ini :

Kontrol Tekanan Darah

Jika anda mengalami masalah tekanan darah yang terkadang meninggi perlu kiranya mengkomsumsi daun pepaya sebab ia dapat juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah yang tidak stabil atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan sebutan hipertensi. Caranya, cukup masak daun pepaya dalam air sebanyak 3 gelas hingga tersisa hanya 1 gelas saja, setelah itu minum dengan sebelumnya memberi campuran pemanis berupa gula merah atau madu agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa.

Obat Demam Berdarah

Kebetulan saat ini lagi musim hujan, untuk menghindari penyakit berbahaya yang satu ini atau mungkin anak anda sudah terlihat gejalanya maka segera ambil daun pepaya bersama gula merah dan meniran lalu rebus sampai mendidih lalu minumkan  pada anak. Khasiat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Obat Kanker
manfaat daun pepaya


Daun pepaya sudah banyak dilakukan penelitian dan hasilnya membuktikan bahwa dalam daun pepaya terdapat kandungan berupa getah putih atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan white milky latex. Kandungan inilah yang mampu bekerja menjadi pertahanan tubuh terhadap penyakit kanker setiap kita mengkomsumsinya. Menurut salah satu publikasi media menyebutkan bahwa dengan mengkomsumsi daun pepaya, apakah dengan cara diminum airnya atau dimakan langsung maka kita sudah mendapatkan khasiatnya.

Pelancar Pencernaan

Zat yang disebut Karpain dalam daun pepaya akan membantu melancarkan sistem pencernaan. Cara kerjanya adalah kandungan zat tersebut bekerja membantu membasmi mikroorganisme jahat dalam pencernaan sehingga sistem saluran pencernaan yang tadinya kurang sehat bisa normal kembali dengan kandungan dalam daun pepaya tersebut.

Selain itu, kandungan berupa serat yang banyak dalam daun pepaya dapat melancarkan pencernaan sehingga kita bisa mudah buang air besar dan kita pun akan terhindar dari penyakit usus seperti sembelit dan lainnya dengan rajin mengkomsumsi daun obat ini.

Jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya daun pepaya dapat membantu banyak hal untuk kesehatan kita, hanya pada kesempatan ini beberapa khasiat dan manfaat di atas sudah bisa mewakilinya.

Ada baiknya pula ketika mengambil manfaat dari tanaman alami herbal jenis apa pun sebaiknya selalu pertimbangkan efek sampingnya. Salah satu caranya adalah dengan mengontrol jumlah yang anda pakai setiap harinya agar dosis atau kandungan obatnya tidak terlalu berlebihan dalam tubuh yang mungkin saja akan menimbulkan efek samping.

Semoga ulasan manfaat daun pepaya di atas dapat dijadikan sebagai referensi dan semakin membuat kita dapat hidup sehat dan lebih terjamin dalam hal kebutuhan tubuh terhadap tanaman herbal yang bermanfaat. Ada baiknya selalu lakukan evaluasi pada kesehatan anda dan kalau bisa lakukan check up secara rutin untuk mengetahui masalah yang timbul yang mungkin saja membahayakan kesehatan anda. Baca juga Manfaat Sirsak dan Daunnya dan Daftar Kode Bank di Indonesia
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top