Sayur Bening Bayam

Resep cara membuat Sayur Bening Bayam simple sekali dan bahkan yang baru belajar memasak juga sudah bisa melakukannya. Yang terpenting di sini adalah rasa kuahnya yang pas dengan campuran beragam bumbu yang kami sebutkan di bawah. Soal warna kuah tentu sudah pasti harus bening dan agar tidak keruh saat dicampur dengan bahan juga ada rahasianya. Banyak yang menggemari jenis masakan sayu ini karena selain segar untuk musim penghujan seperti ini juga karena lebih sehat, apalagi yang menggunakan bayam organik yang tanpa pestisida. Dibanding membeli yang sudah jadi, membuatnya sendiri di dapur lebih baik karena selain terjamin kualitas kebersihannya juga lebih hemat karena hanya dengan harga Rp.2500 saja kita sudah bisa menikmatinya untuk sekeluarga, sedangkan kalau beli kita hanya dapat sebungkus itu pun sangat sedikit daunnya.

Artikel sebelumnya : Resep Sayur Asem dan Sop

Tips Enak

Semua resep saya rasa demikian, kalau tidak memperhatikan tips khususnya biasanya rasanya tidak akan enak dan akan beda sekali dengan yang dijual di warung. Makanya kita juga harus perhatikan beberapa tips berikut :
  1. Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar karena yang sudah layu cenderung rasanya berbeda.
  2. Cuci bayam sebelum dipotong-potong agar vitaminnya tidak banyak yang terbuang saat disiram air.
  3. Bahan berupa jagung manis sebaiknya jangan sampai dilupakan karena rasa manis di dalamnya mempengaruhi kesegaran kuahnya.
  4. Agar kuahnya tetap bening dan tidak keruh maka usahakan sebisa mungkin jangan menumbuk bumbunya, tapi cukup diiris halus, seperti bawang, cabe dan tomat.
  5. Jika tidak habis untuk sekali dihidangkan dan ingin dimakan pada malam harinya atau besoknya lagi, maka sangat disarankan oleh dokter untuk tidak memanaskannya atau memasak ulang karena kuah bayam yang dipanaskan kembali setelah sebelumnya di masak akan bereaksi kimia yang berdampak pada munculnya penyakit.

Cara Membuat

Takaran bahan yang pas sangat menentukan rasanya, serta pilihan pada bumbu yang tepat juga demikian. Dan jika itu sudah dipenuhi tinggal lakukan prosesnya sesuai instruksi di bawah :
resep sayur bening


Jangan lupa bagi ke tetangga biar amalnya tambah banyak atau siapa tau dari testimoni mereka anda bisa membuat warung makan khusus untuk menu tradisional seperti sayur bening di atas. Next : Resep Wedang Ronde
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top