Resep Cara Membuat Wedang Ronde Semarang

Wedang ronde sudah menjadi jajanan yang selalu dicari dikala udara terasa dingin, khususnya di saat musim penghujan seperti ini. Kuahnya yang beraroma jahe dan sedikit agak pedas bisa menjadi penghangat tubuh yang tepat setelah selesai beraktivitas di luar rumah atau mungkin langsung membeli di jalan karena sudah banyak yang menjadikan ini sebagai mata pencaharian mereka, khususnya di kota Semarang, kita akan sangat mudah mendapati gerobak yang khusus menjual wedang ronde hangat dengan harga yang terjangkau.

Bahan utama sebenarnya dalam pembuatan wedang ronde ada pada campuran bola-bolanya, yaitu berupa beras ketan yang diisi dengan campuran gula pasir dan kacang tumbuk kasar. Sedang yang lainnya adalah pelengkap untuk ditambahkan di dalam kuahnya saat mulai disajikan, seperti kacang tanah dan roti tawar. Adapun rasa hangat dan aromanya didapatkan dari jahe yang diremuk kemudian direbus dengan air sesuai dengan banyaknya kuah yang dibutuhkan. Biasanya jika ingin dinikmati langsung bersama keluarga maka bisa langsung ditambahkan gula pasir, tapi bila untuk dijual sebagai jajanan pinggir jalan maka antara kuah jahe dan gulanya bisa dipisahkan.

Artikel sebelumnya : Resep Wedang Jahe  dan Rahasia Resep Ayam Kentucky KFC

Resep Wedang Ronde

Di bawah ini adalah cara membuat yang diperoleh dari situs Sajiansedap. Oleh karena itu tidak perlu khawatir soal kevalidan datanya, khususnya pada takaran bahan dan proses bikinnya karena sudah dipraktekkan sendiri di dapur uji mereka.

Bahan dan Cara Membuat

Ada 4 jenis bahan yang perlu disiapkan untuk bisa menghasilkan wedang ronde yang pas sesuai dengan tuttorial aslinya, termasuk di dalamnya sirup kuahnya, isi bulatan, dan pelengkap lainnya seperti sagu mutiara yang berwarna merah, kolang kaling atau juga buah lengkeng yang masih segar atau yang dalam bentuk kalengan.

cara membuat wedang ronde

Tips Enak

  1. Untuk menambah rasa pedasnya, tambahkan sedikit merica yang ditumbuk kasar pada saat merebus kuahnya. Tapi tips ini hanya bagi yang senang dengan rasa panas yang kuat.
  2. Pastikan bola ketan yang direbus betul-betul mengapung saat ditiriskan agar bagian dalamnya juga bisa masak sempurna.
  3. Tambahan serai dan daun pandang sebenarnya hanya pelengkap saja, karena jahe saja sudah cukup, tapi bila ingin lebih wangi lagi maka kedua bahan tersebut bisa kita tambahkan.

Selamat menikmati semoga wedang ronde buatan anda banyak peminatnya dan siapa tahu bisa jadi usaha sampingan baru yang menjanjikan buat keluarga.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top