Sukses dari Bisnis Toko Online, Cranya begini!

Cara Bisnis - Toko online sudah menjadi salah satu lahan bisnis terkenal dan paling banyak digeluti banyak pelaku usaha saat ini, mulai dari yang memiliki produk sendiri hingga mahasiswa yang baru mau coba2 dengan jalan dropship atau tangan kedua dari produsen sebuah produk yang juga melakukan pemasaran lewat internet. Tapi apa pun itu semuanya sah-sah saja. Yang menjadi persoalan sekarang adalah karena selain banyaknya yang membuat usaha demikian banyak juga yang tutup silih berganti karena tidak mampu bersaing, masalahnya karena mereka tidak bisa masuk halaman pencarian google, minimal halaman dua, yang pada akhirnya putus asa.

Nah, pada kesempatan ini Cara Master ingin memberikan rahasinya agar tutorialnya bisa dipraktekkan dan dapat memberi keuntungan yang lebih dari pada hanya jadi karyawan saja. Seperti disinggung di atas bahwa mesin pencari, khususnya google, menjadi salah satu perhatian besar untuk bisa sukses dan berhasil dalam bisnis online. Karena jika sampai bisa menempatkan posisi websitemu dalam halaman pertama maka sama saja kamu membayar biaya iklan puluhan juta, tapi gratis dan hanya sekali. Ada yang memilih pasang iklan, tapi dengan biaya yang tidka sedikit dan harus terus menerus saya rasa semua pemula tidak akan sanggup melakoninya, makanya solusi di bawa akan jadi jalan keluarnya :

Sebelumnya : Usaha Sampingan dari Bisnis Online

Cara Berbisnis Toko Online

Banyak sekali faktornya untuk bisa sukses dan berhasil di sini dan tidak singkat, diantanya rancangan, domain, design, dan tak kalah penting adalah trik SEO atau optimasinya untuk mesin pencari yang kalau kamu tahu maka tak ada lagi kata GAGAL. Karena search engine optimization adalah rahasia dibalik kesuksesan banyak master pelaku usaha online. Bagaimana caranya, mari kita ulas tuntas di bawah :

A.  Merancang Toko Online

Memulai bisnis dan membuat website untuk jualan di internet tidak sembarngan, Cuma sekedar buat setelah itu ditinggal. Kalau Cuma seperti itu semua orang bisa. Tapia da tahap, langkah, proses dan pertimbangan matang agar bisa menghasilkan banyak kunjungan dan penjualan yang melimpah setiap harinya. Asal tau saja, sekarang ini banyak anak smp yang sudah bisa mendulang keuntungan hingga jutaan hanya dengan modal modem dan paket internet saja. Tapi itu semua butuh ilmu. Khusus untuk sub penjelasan ini ada 3 poin penting yang harus diperhatikan :

1.     Domain Web

Banyak yang salah di bagian ini, awal berniat membuat toko online sudah berpikir nama keren tapi tanpa pertimbangan efeknya pada pembeli. Ya, domain (alamat situs, seperti storeku.com dll) jadi penentu. Sebisa mungkin pilih yang sesuai dengan kategori atau jenis dagangan yang akan kamu tawarkan, misalnya saja mau menjual baju atau busana muslim atau munkin juga tas, maka domainnya harus mengandung kata tersebut dna kalau bisa dot com, contohnya bajuwati.com , tasmurah.com dan lain sebagainya, yang jelasnya harus mengikutkan beberapa katakuncinya.

2.     Design Situs

Karena pola pikir yang salah, sehingga kebanyakan memilih rancangan dna tata letak toko onlinenya full gambar dan flash yang pada akhirnya jadi berat di akses karena butuh loading yang cukup lama untuk membukanya. Ujung-ujungnya, sebelum pengunjung masuk sudah bosan dan akhirnya pergi mencari layanan lain. Itu baru pengunjung, belum lagi dengan google yang selalu menilai bahwa waktu login yang lebih cepat mendapat porsi lebih pada halaman mesin pencarinya dari pada yang lambat. Artinya, kalau mau yang mudah bersaing dengan usaha serupa maka usahakan mengurangi penggunaan gambar dalam designnya dan ganti dengan kode html gambar saja, sedang penggunaan widget dan sebagainya juga dikurangi, kalau bisa toko online yang dibuat sesederhana mungkin dan simple.

3.    Jenis Produk

Sekalipun suka dengan sebuah produk atau mungkin karena berpikir mahal dan untungnya banyak, jangan langsung diputuskan karena kuantitas menjadi salah satu yang bisa melipatgandakan keuntungan anda. Maksud kuantitas di sini adalah jumlah pencarian dan penjualan, semakin banyak yang mencari di internet barang yang kamu jual maka akan semakin besar kemungkin mendapatkan untung besarbanyak juga. Caranya, pilih kata kunci yang banyak dicari dengan mengunjungi Google Adwords (tempat cek jumlah kunjungan sebuah keyword dalam sebulan di mesin pencari) Pastikan sudah punya akun gmail untuk membukanya.

B.  Optimasi Toko Online untuk Mesin Pencari

cara bisnis online dengan toko online
Tidak artinya semua tips di atas kalau 3 panduan di bawah ini tidak dijalankan. Taruh saja priduknya dan domainya sudah cantik tapi tidak ada yang merekomedaasikan sehingga google tidak memberinya hadiah penempatan halaman #1 maka mustahil mendapat banyak kunjungan per harinya, dan imbasnya otomatis tidak bisa menjual 1 barang pun. Nah tutorial di bawah ini memberikan informasi soal cara agar toko onlinemu cepat ranking di google :

1.    Update Produk

Jangan pikir buat bisnis online Cuma sekali kerja. Kalau kamu isi ratusan jenis produk terus setelah itu tidak diapa-apakan maka jangan harap bisa laris manis. Tapi perlu ada kerja yang berkesinambungan dan terus dilakoni setiap harinya untuk bisa mengalahkan pesaingmu. Apa itu? Ya minimal sehari posting 1 barang yang baru. Kenapa demikian? Karena ini menyangkut algoritma google, blog atau situs yang setiap hari update dinilai sehat dan baik sehingga umumnya rankingnya meningkat terus dan semakin lama mudah saja menduduki halaman satu yang jadi incaran banyak blogger. Dan sebaliknya, kalau tidak sanggup nambah min sebiji ulasan setiap harinya akan turun drastic posisinya di mesin pencari. Pilih mana?

2.    Artikel Panjang

Kalau dulu minimal 100 kata sudah gampang terindeks, sekarang artikel panjang jadi penentu mengambil simpati laba-laba google untuk memberinya ranking bagus. Minimal 300 kata akan lebih baik dan pastinya mudah berhasil. Kalau tidak bisa menulis sendiri pakai jasa sudah banyak tersedia minimal 10ribu per artikel. Maksudnya di sini, kalau menerbitkan 1 produk usahakan deskripsi atau keterangan barang yang dijual dalam toko onlinemu dibuat panjang biar jelas dan SEO friendly.

3.    Interlinking dan Backlink

Hubungkan antar artikel yang berkaitan baik untuk penambah nilai dimata google. Karena setiap lompatan laba2 atau crawl-nya akan dihitung, semakin banyak maka semakin tinggi poinnya untuk mengunkit posisi teratas. Selain itu, INI PENTING SEKALI, banyak berkomentar di blog orang lain setiap harinya akan sangat membantu. Karena semakin banyak link yang terpasang di blog, khususnya yang memiliki tema sama, akan dianggap bahwa toko onlinemu direkomendasikan oleh banyak orang yang juga jadi penanda bahwa layanan yang kamu buat berkualitas. Funsinya berkomentar di bagian bawah artikel blog orang bukan supaya diklik, tapi akan dihitung sebagai penambah poin untuk posisinya. Caranya, kunjungi sebuah blog terkenal dan punya reputasi baik yang punya pembahasan minimal mendekati temamu, kemudian buka salah satu artikelnya yang popular dan kalau ada kolom Comment silahkan kamu isi. Pastikan ada tempat mengisi url (alamat websitemu), email, dan nama. Dan dibawahnya isi pesan sesuai yang dibahas. Pada namanya usahakan mengisi dengan yang sesuai dengan kategori usahamu, tapi diganti2 pada setiap blog yang kamu datangi biar tidak dianggap mesin.

Itulah sekelumit rahasia cara bisnis online dengan toko online agar sukses dan bisa cepat kaya. Yang terpenti sebenarnya mau berusaha keras dan tidak instant. Karena kalau tidak kamu akan sama dengan mereka dan akan tutup buku dalam waktu singkat. Siapa tau mau Bisnis Ayam Goreng Mbok Berek juga bisa.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top