Usaha Sampingan dari Bisnis Online

Siapa yang tak mengenal yang namanya bisnis online, pengunjungnya bisa ribuan karena bisa diakses untuk seluruh daerah di Indonesia dan bahkan hingga luar negeri, serta tak mengenal waktu karena 24 jam selama sehari dan 7 hari selama seminggu semua orang bebas mengunjunginya. Itulah sebabnya mengapa kami sangat menyarankan mencari usaha sampingan dari bisnis online, selain modal yang dibutuhkan sangat kecil juga sudah pasti menjanjikan dengan margin yang bisa diatur sendiri.

Apa saja bisa dijual dalam bisnis online, terserah anda mau menjadikannya sebagai usaha sampingan atau pun sebagai sumber penghasilan urama, yang jesal memilih meraup rupiah lewat internet tak habisnya dan semua pasti bisa untung.

Jangan berpikir bahwa untuk membuka bisnis online harus punya uang puluhan juta rupiah apalagi membuat website yang bisa menghabiskan modal hingga 20 juta. Tapi itu katanya, bukan faktanya. Karena sekarang ini yang menyediakan gratisan banyak sekali, sebut saja Blogger dan Wordpress. Lalu jika anda bertanya, apa mungkin bisa dibuat jadi .com (dot com), kalau tidak percaya baca ini dulu : Cara Membuat Website .com lewat Blogspot (Dari Blogspot jadi dot Com)

Sebelumnya : Video Tutorial Hijab Dian Pelangi

Apa saja tahap yang harus dilakukan jika ingin membuat usaha smapingan dengan bisnis online?

1.  Tentukan Jenisnya.

Sebelum memutuskan berbisnis harus diputuskan dulu jenis produk apa saja yang akan dijual, jangan sampai salah pilih dan menjual barang yang tidak ada orang yang mencarinya. Untuk saat ini Baju dan busana muslim jadi trend dan paling banyak dicari di internet, selain tas branded yang juga diburu banyak ibu-ibu. Jika sudah menentukan jenisnya selanjutnya tinggal lanjutkan dengan memilih nama yang baik untuk bisnis anda sekaligus dijadikan sebagai alamatnya ketika orang membukanya lewat browser.

2. Sediakan produknya, tidak usah beli.

Bisnis di internet memang lucu, tak punya pabrik, karyawan dan produk sendiri kita bisa jualan, dan bahkan tak harus mengeluarkan uang ratusan juta untuk membangun ruko untungnya malah bisa lebih banyak dari car konvensonal tersebut. Ya, tentunya dengan melakukan berbagai trik jualan online, yaitu dengan ber-afiliasi dengan pemilik produk dari website lain atau dengan menjual mandiri. Berafiliasi berarti kita ada kesepakatan dengan pemilik produknya dimana antara harga awal, margin, dan keuntungan yang akan diperoleh sudah ditentukan. Adapun jika memilih untuk menjual langsung tanpa memberitahukan pemiliknya, bisa dengan cara mengambil gambarnya dan memberi harga sendiri, prosesnya bisa anda baca di : Alur dan Cara Berbisnis Online tanpa Punya Produk Sendiri

3.  Pilih Domain (Alamat Website)

Domain disini maksudnya adalah alamat blogmu ketika orang mengetikkannya di Mozilla atau Google Chrome, misal www.caramaster.com, nah ini disebut sebagai domainnya. Tinggal kamu pulih tapi disarankan yang katanya sesuai dengan tema yang akan dijual, kalau mau jual baju ya paling tidak ada kata itu di dalamnya biar mudah terindeks dan ditemukan di mesin pencari. Kala mau membeli ini bisa didapatkan di Rumahweb.com dan IdWebHost.com , tinggal cek, jika belum dipakai orang maka akan berwarna hijau pesannya, selanjutnya order > bayar > konfirmasi. Lanjutkan :keterangan lengkapnya disini...

4.  Buat Blog .com

Tak usah muluk-muluk untuk langkah ini, kamu bisa menggunakan blogger atau blogspot yang gratisan yang juga kita leluasa merubahnya jadi .com sesuai dengan domain yang kita beli sebelumnya. Kalau tidak tahu caranya bisa minta bantuan admin dari RumahWeb langsung, pasti akan dibantu, tinggal kasi saja password login blogmu mereka akan mengaktifkannya dan kurang lebih 2 kali 24jam sudah bisa aktif, yang tadinya alamatnya, misalnya, usahasampingan.blogspot.com akan berubah jadi usahasampingan.com, ini pula yang jadi pembahasan dalam cara membuat blog jadi keren dan menarik di pembahsan sebelumnya.

Selain merubah domain, pastikan juga merubah templatenya agar tampak lebih professional dan orang senang melihatnya. Nah, untuk itu, kamu boleh cari-cari dulu skin atau template yang menurutmu pas di berbagai web yang menyediakan gratis, missal di zoomtemplate.com , btemplates.com dan sebagainya. Sedangkan cara memasangnya di blog sudah banyak sekali rujukan yang telah ditulis teman2 blogger silahkan cari di Google.

5.  Promosikan

Promosikan di sini bisa mengandung 2 makna, apakah kamu mau beriklan di media online seperti di google Adwords, atau pun di jaringan iklan blog lainnya seperti Idblognetwork.com, KlikSaya, Adplus, dan sebagainya, banyak sekali yang bisa dipilih, tapi bukan itu yang ingin kami ajarkan karena sebenarnya menggunakan jasa mereka butuh banyak modal.

Jika mau yang irit, gratis dan tanpa biaya, berusahalah menjadi yang pertama atau bahkan ranking 1 di google karena dengan demikian efeknya jauh lebih mengungguli dari pada pasang iklan, karena orang lebih cenderung mengunjungi toko online yang berada di rank #1.

Agar bisa juara di mesin pencari terutama google maka anda harus tau teknik SEO on page dan off page, mengenai ini sudah dibahas di : Cara membuat blog ranking 1 di google.

Simple bukan menjalankan usaha sampingan dari bisnis online. Tidak seperti kalau offline, harus urus izin segala, beli ruko yang harganya ratusan juta, belum lagi kalau harus pasang iklan di berbagai media. Bedan dengan internet, promo sedikit saja sudah ada yang ngunjungi dan pastinya free alias gratis.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top