Cara Daftar BPJS Mandiri Perorangan

Kini layanan asuransi kesehatan bernama BPJS semakin diminati masyarakat Indonesia, bisa jadi karena mereka mengenalnya sebagai program pemerintah. Dan bagi yang bukan karyawan Cara Daftar BPJS Mandiri Perorangan ini wajib dibaca agar anda tahu langkah-langkahnya dan apa saja syaratnya agar bisa diterima dan bisa berobat gratis hanya dengan mnyisihkan sedikit penghasilan setiap bulannya.

Ada banyak keuntungan dengan menjadi anggota BPJS, baik itu karyawan maupun perorangan, di antaranya karena kita akan terhindar dari pengeluaran besar saat berobat dan tidak memiliki uang yang mana pihak rumah sakit akan menanggungnya semua sebagai ganti dari asuransi yang telah kita ikuti. Bayangkan saja kalau musalnya istri anda harus melahirkan dengan cara di caesar' maka biaya yang dikeluarkan

Anda belum terdaftar sebagai anggota bpjs atau anda masih bingung dengan tata cara daftar bpjs kesehatan,nah BPJS itu sifatnya wajib lho tidak hanya itu saja karena biaya berobat sangat mahal maka kami menyarankan untuk anda yang belum terdaftar sebagai BPJS segera mendaftar sebagai anggota BPJS.

Mendaftar BPJS Secara Online (kunjungi)

Sebenarnya ada 2 cara agar bisa terdaftar sebagai peserta BPJS, yakni secara online dan offline. Jika anda tidak mau repot maka cukup via internet saja  yang cara-caranya sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Silahkan baca selengkapnya dengan mngklik judul dari atas paragraf ini. Adapun jika mau secara offline maka cukup datang langsung ke kantor BPJS terdekat di kotamu, kalau dulu namanya ASKES dan sekarang sudah ganti, jadi kurang lebih tempatnya sama.

Syarat Daftar Offline di Kantor BPJS

Sebelumnya kamu harus sediakan beberapa berkas di bawah ini, tentunya harus dengan hasil scan, bila belum paham juga kamu harus baca artikel sebelumnya.
  1. FC KTP
    FC kartu keluarga
    Foto 3×4 satu lembar 
  2. Biaya daftar 
  3. Berangkat pagi sekali, baiknya sebelum jam 8 karena biasanya antri lama sekali.

Cara daftar BPJS mandiri perorangan


  1. Pertama kali masuk langsung ambil nomor antrian, baikny aini kamu lakukan jam 6 pagi kalau mau lebih dulu dipanggil
  2. Silahkan ambil dua lembar formulir pendaftaran, jika kurang paham tanya pak Satpam.
  3. Selanjutnya, kamu akan diberi nomor ini dinamakan nomor virtual, gunanya untuk membayar iuran BPJS nantinya.
  4. Selanjutnya, cari bank terdekat, apakah BRI, BNI atau Bank Mandiri, untuk membayar pertama kali iurannya. Ada baiknya pakai internet banking lewat HP jadi bisa lebih cepat.
  5. Setelah itu kembali ke kantor BPJS untuk memberi bukti bayarnya pada CS.
  6. Jika sudah, tinggal ambil nomor antrian selanjutnya, tahap ini untuk menunggu pencetakan kartu BPJS anda.
  7. Selesai, jika sudah mendapatkannya silahkan pulang dan simpan dengan baik kartu tersebut untuk dibawa saat berobat ke dokter.

Catatan Penting soal BPJS :
  1. Pastikan pilih dan perjelas siapa dokter atau klinik tempat anda berobat sebelum dirujuk ke Rumah Sakit, ini penting karena kita tidak bisa berobat langsung ke dokter, harus melalui dokter praktek dulu.
  2. Saat mendaftar langsung daftarkan juga untuk pelayanan kesehatan dokter gigi, ini biasanya banyak terjadi dimana orang lupa mendaftarkan siapa dokter giginya, yang akhirnya saat sakit gigi tidak bisa terlayani karena belum terdaftar.
  3. Bertanya pada bagian informasi jika ada yang tidak jelas.
Itulah sekelumit Cara Daftar BPJS Mandiri Perorangan yang bisa dibaca di sini. Silahakan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan, termasuk di dalamnya kantor, jasa, dan sebagainya yang berhubungan dengan jaminan kesehatan ketenagakerjaan dari pemerintah ini.

Selanjutnya : Jenis Penyakit Paru-Paru yang Wajik Diketahui
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top