Berbagai Contoh Kwitansi Pembayaran dan Softwarenya

Dalam bisnis contoh kwitansi pembayaran sangatlah penting karena digunakan untuk segala transaksi yang kita lakukan setiap hari. Selain membuatnya secara manual lewat Excel atau MS Word kita juga bisa menggunakan software yang formatnya sudah disediakan dan tinggal langsung pakai saja. Namun sebenarnya kalau pakai aplikasi kadang kita tidak bisa menyesuaikan dengan keinginan mengenai tata letak penulisannya.

Kwitansi sebenarnya ada dua macam jika ditinjau dari kekuatan hukumnya, ada yang dibuat dibawah tangan dan ada pula sifatnya otentik dan lebih dapat dipertanggungjawabkan. Di bawah tangan maksudnya kwitansi tersebut dibuat tidak dihadapan atau sepengetahuan pihak yang berwenang, seperti notaris dan sebagainya sehingga kekuatan hukumnya lemah jika suatu hari ada terjadi perselisihan, tapi sekalipun demikian kwitansi tersebut tetap bisa jadi alat bukti. Adapun kwitansi otentik adalah yang dibuat dihadapan pihak yang berwenang dengan ditandatangani maisng-masing pihak dan disertai dengan materai yang mana ini lebih kuat dimata hukum jika suatu hari diperselisihkan dipengadilan.

Tidak semua kwitansi harus dibuat resmi atau otentik, misalnya saja kwitansi pembelian bahan bangunan dalam skala kecil atau pembelian pada toko klontong dan lain sebagainya. Tapi untuk transaksi yang nilainya tinggi seperti jual beli rumah dan tanah maka sebaiknya menggunakan bantuan Notaris setempat.

Sebelumnya : Contoh Kwitansi Pembelian

Contoh Kwitansi Pembayaran


gambar contoh kwitansi

contoh kwitansi di atas lebih simple dan biasanya dibuat dengan mengetikkan datanya di komputer dan menggunakan kertas khusus untuk pembayaran seperti halnya ketika kita bayar rekening listrik atau air. Untuk yang seperti ini selain bisa dibuat formatnya lewat excel, kita juga bisa membuatnya lewat software yang dipesan modelnya.

kwitansi simple

Apa yang ada lihat pada gambar kwitansi di atas jauh lebih sederhana dan bisa dibuat secara manual. Jika ingin lebih simple silahkan buat 1 lembar saja masternya yang cocok untuk disusun 3 dalam satu lembar kertas folio setalah itu perbanyak dengan cara di fotocopy lalu disatukan dan siap digunakan setiap kali ada pembayaran dari toko anda.

software kwitansi

Kwitansi dari gambar di atas lebih profesional dan susunan letak penulisannya juga berbeda dari yang 2 di atas, ini karena ia sudah menggunakan software yang tata letaknya sudah diatus sebelumnya, termasuk logonya, dan tinggal diimput saja datanya setiap kali ingin diprint.

Selanjutnya : Contoh Surat Resmi
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top