Ragam Penyakit Paru-Paru yang Harus Diketahui

Siapa yang tak mengenal penyakit berbahaya yang satu ini, ya itulah dia Penyakit Paru-Paru. Dewasa ini, tidak hanya menyerang orang berduit yang salah urus kesehatannya, tapi juga untuk masyarakat yang kehidupan ekonominya lemah juga mengalaminya. Banyak faktor yang menyebabkan ini bisa terjadi, salah satu adalah karena pola makan yang salah dan kebiasaan buruk yang dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup lama, seperti merokok dan sebagainya.

Paru-paru bagi tubuh manusia dalam ilmu kedokteran dikenal sebagai salkah satu organ vital yang sangat penting dijaga kesehatannya. Ia adalah tempat dimana proses penafasan terjadi, yakni sebagai tempat untuk melakukan pertukaran oksigen yang dihirup untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk kelansungan hidup manusia serta melakukan pembuangan karbondioksida dari hasil pernafasan yang kita lakukan. Sehingga ketika ini terganggu akan sangat sulit memperoleh hidup yang lebih sehat, terlebih lagi jika sudah mulai muncul gejala seperti batuk yang tanpa henti dan sebagainya. Untuk itu mari kita baca ulasan berikut :

Sebelumnya : Cara Menghindari Demam yang sudah Ada Tanda2nya dan  Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Ragam Penyakit Paru-Paru yang Harus Diketahui


Bagi anda yang mengalami sesak nafas, batuk atau terasa sakit di bagian dada, maka jangan tunggu waktu lama, segeralah ke dokter spesialis agar jika saja ada penyakit yang timbul di daerah paru-paru anda akan segera ditangani dan tidak berlanjut hingga parah dan pada akhirnya Rumah Sakit yang harus berbicara.

1.  Penyakit TBC atau Tuberkulosis


Penyebab - Bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis inilah yang jadi biang keladi memburuknya kesehatan paru anda. Ini mudah menular dengan air liur ketika si penderita batuk. Biasanya jika mengalami batu berdahak hingga kurang lebih 3 minggu lamanya, apalagi sudah disertai darah,  maka segeralah periksakan.

Efek lain - Biasanya orang yang mengalami TBC juga bisa dilihat dari tubuhnya yang makin kurus disebabkan nafsu makan yang kian menurun.

Pencegahan - Pastikan untuk menghindari orang yang terlihat sering batuk, dengan cara halus. Karena bisa jadi ia menderita penyakit paru-paru juga. Dan bila perlu sarankan ia untuk berobat.

Pengobatan - Sekarang ini pemerintah bahkan menggratiskan untuk biaya obatnya karena mungkin akan berbahaya bila banyak yang tidak terjangkiti. Jadi cukup datang saja ke klinik atau rumah sakit terdekat dan konsultasikan apa yang anda alami. Biasanya dalam jangka waktu terapi 6 bulan sudah bisa sembuh.

Baca  juga : Cara Menjaga Kesehatan Jantung

jenis dan gejala penyakit paru-paru

2.  Asma pada Paru-Paru


Penyebab : Terjadinya penyempitan pada bagian atau saluran pernapasan merupakan penyabab anda mengalami Asma. Akibatnya sesak nafas dalam kondisi tertentu akan kita alami. Penyempitan tersebut tepatnya terjadi pada pembuluh tenggorokan. Ini bisa saja terjadi karena turunan dari orang tua atau pun karena faktor alergi pada hal tertentu seperti debu, asap dan sebagainya.

Gejala: Biasanya akan terjadi sesak napas yang diikuti dengan suara mengi (wheezing) yang tampak terlihat sulit bernafas.

Pencegahan : Baiknya hindari segala yang dapat mengakibatkan alergi bagi anda yang sudah terkena agar tak terjadi serangan. salah satunya, budayakan hidup bersih dengan selalu membersihkan tempat tidur dan perabotan, serta menjauh dari tempat yang bersuhu lembab dan juga binatang rumahan yang berbulu, seperti burung dan kucing.

Pengobatan: Ada yang namanya obat pelega atau disebut juga bronchodilator yang berfungsi mananggulangi jika terjadi asma.  cukup dengan menghirupnya. Selain itu belajar terapi agar dapat rileks dalam bernafas. Pastikan dimanapun anda berada agar obat peleganya dibawa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

More... : Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Diabetes

3.  Penyakit Bronkitis


Penyebab - Bronkitis terjadi karena adanya peradangan pada bagian bronkus yakni saluran yang berperan membawa udara ke paru-paru. Penyebabnya dapat saja karena banyak hal seperti karena adanya infeksi kuman, serta bakteri atau pun virus. Selain itu, asap rokok dan debu dapat juga jadi penyebabnya.

Gejala - Jika anda mengalami batuk yang disertai dengan demam atau pun dahak yang berwarna kuning akibat adanya infeksi kuman maka segera periksa. Adapun bila sifatnya kronik, akan terjadi batuk yang berdahak yang kadang disertai sesak napas yang berlangsung beberapa bulan hingga beberapa tahun lamanya.

Solusi - Berusahalah mengkomsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan pda tubuh anda untuk mencegahnya, seperti komsumsi buah banyak mengandung vitamin C. Adapun untuk menghindari penyakit paru-paru bronkitis kronik adalah menghilangkan hobi merokok anda

Pengobatan: Antibiotik untuk yang diakibatkan oleh kuman atau bakteri. Dan bila yang terjadi karena serangan virus maka biasanya dipilih obat yang sifatnya meringankan gejala yang terjadi.

Masih ada beberapa penyakit paru-paru yang bisa anda cari penjelasannya di blog lain, seperti Pneumonia, Kanker, dan Emfisema.

Lanjut : Obat Sinusitis Tradisional


Demikianlah Ragam Penyakit Paru-Paru yang Harus patut diketahui oleh anda semua. Secara, zaman sekarang mulai dari makanan hingga lingkungan bisa jadi penyebab terjadinya. Untuk itu, mulai sekarang atur pola makan yang baik, apakah itu jenis atau waktunya serta jagalah lingkungan agar udaranya tetap bersih dan tidak tercemar folusi asap berbahaya. Selanjutnya : Materi Khutbah Idul Fitri
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top