Kepanjangan dari SAR dan BASARNAS

SAR sendiri adalah singkatan dari kepanjangan Search And Rescue yang diambil dari bahasa Inggris yang artinya pencari dan penyelamat apbila terjadi bencana yang merupakan lembaga pemerintah yang sifatnya non atau tidak dalam kementrian yang memiliki peran sebagai tim penanganan bencana yang cepat dan tanggap setiap kali dibutuhkan tindakan evakuasi korban.

Di Indonesia sendiri tim SAR nya dikenal dengan nama BASARNAS yang juga merupakan singkatan dari kepanjangan Badan SAR Nasional yang merupakan bentukan pemerintah yang ditugaskan untuk menjadi tim penyelamat setiap kali terjadi bencana alam, baik itu banjir, lonsor, kecelakaan pesawat sebagaimana yang terjadi di akhir tahun 2014 memasuki tahun baru 2015 ini yang mana ini terjadi pada maskapai penerbangan bermerek AirAsia yang terbang dari Surabaya menuju Singapura.

Sebelumnya : Pengertian Game dan Jenisnya

Tugas

Basarnas sendiri memiliki tugas utama dalam melaksanakan pembinaan, juga pengkoordinasian, serta pengendalian pada potensi SAR dalam segala kegiatan pencarian dan penyelamatan atau SAR terhadap manusia, binatan dan material yang dianggap hilang atau mungkin dikhawatirkan akan hilang atau akan atau sedang menghadapi sebuah bahaya ketika melakukan pelayaran dan/atau juga penerbangan pesawat, serta juga memberikan upaya bantuan dalam segala bencana maupun musibah dalam bentuk lain sesuai dengan segala peraturan SAR nasional yang tertulis maupun dalam aturan internasional.

Secara jelas, dapat dikatakan bahwa  tugas dan fungsi dari tim SAR ialah melakukan penanganan terhadap musibah baik itu pada kegiatan penerbangan maupun pelayaran di laut. dan/atau juga pada bencana dan/atau segala musibah lainnya sebagai upaya pencarian korban dan pertolongan pada mereka saat terjadinya kecelakaan atau musibah.
badan SAR Nasional

Dasar Hukum

Secara hukum tim SAR Indonesia didasarkan pada UU Nomor. 29 Thn 2014 yang disahkan oleh DPR pada Tanggal 16 September 2014 yang berkisar tentang Pencarian dan Pertolongan. Namun dalam sejarahnya, terbentuknya badan SAR ini diawali dari terbitnya Kepres. Nomor 11 thn 1972 pada tanggal 28 Februari yang pada waktu itu dinamakan BASARI yang ada tambahan Indonesia di akhirnya yang tugasnya kurang lebih sama, dan setelah itu berlanjut pada beberapa perubahan dan pengesahan undang-undang hingga akhirnya sebagaimana yang disebut di atas, yaitu pada tanggal 16 bulan september tahun 2014 komisi V DPR RI mensahkan peraturan barunya.

Itulah kepanjangan dari singkatan SAR dan BASARNAS yang dapat CARAmaster utarakan hari ini yang diperoleh dari berbagai sumber, termasuk Wikipedia dan Situs terpercaya lainnya.

Selanjutnya : Kepanjangan BPJS
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top