Cara Memilih Batu Akik yang Bagus serta Ciri-Ciri Batu Mulia Asli (GemStone)


Sekarang lagi booming pemakaian batu Akik atau kalau dalam bahasa Inggrisnya adalah Gemstone, dan berhubung anda belum tahu Cara Memilih Batu Akik yang Bagus serta Ciri-Ciri Batu Mulia Asli maka sebaiknya baca di Caramaster tipsnya agar anda tidak salah beli dan bisa jadi kena tipu kalau tidak bisa membedakan mana yang asli dan palsu. Ini penting sekali, sebab yang namanya batu jenisnya hingga ratusan...jangan sampai hanya batu kali biasa saja yang dipoles sedikit terus dijual dan anda beli karena tidak paham soal seluk beluk batu alam tersebut. Ini sudah banyak kejadian dimana orang tertipu membeli batu cincin yang sama sekali tidak terkenal jenisnya, jangankan mahal, ada harganya saja tidak. Oleh karenanya sebelum hanting di pusat penjualan perhiasan dari batu gosok tersebut anda sebaiknya punya ilmu yang cukup soal itu agar tidak menjadi bulan-bulanan penjualanya, terutama yang jenis mahal seperti kecubung, bacan, lumut, pandan nanas, panca warna dan lain sebagainya yang banyak diburu dipasaran yang mungkin anda juga tertarik membelinya.

Batu akik bagi orang yang tidak hobi mengoleksi mungkin tidak ada artinya dan bahkan tidak bernilai sama sekali baginya, jangankan mengeluarkan uang puluhan juta untuk membelinya, mungkin 50ribu saja mereka akan menolak, ya karena ini adalah bagian dari seni dan atau tidaknya nilainya tergantung dari jiwa dan kesukaan orang, bayangkan saja.... ada satu batu akik dari jenis panca warna yang informasinya banyak beredar di media online dan bahkan penulis sendiri pernah melihat tayangannya di TV yang mana batu tersebut bahkan ditawar hingga 5 Milyar dan ukuran yang kurang lebih sama dengan batu salak. Katanya sih di dalamnya ada motif seperti gambar lukisan Nyi Loro Kidul, ya kalau dilihat sepintas sih tidak tampak, hanya kalau dibandingkan langsung dengan lukisan aslinya agak mirip lah. Selain itu ada banyak juga batuk akik jenis lain yang tidka sengaja ditemukan mirip dengan gambar sesuatu atau pun tokoh, mulai dari yang mirip naga, Deddy Corbuzier, hingga tokoh dunia lainnya. Tertarik...silahkan berburu....

sebelum ke pembahasan inti saya sedikit mau berbagi dengan tayangan film dokumenter yang barusan saya liat di metro TV tadi malam, tepatnya tanggal 16 April 2015 kemarin, yakni mengenai :

Proses Cara Membentuk Batu Akik

ternyata setelah melihat langsung tayangannya ternyata batu akik rumit juga prosesnya.
  1. Di awali dengan membeli bongkahan batu alam (rough) jenis tertentu di pasaran, yang saya lihat kemarin ternyata ada pasar khsus yang menjualnya yang bentuknya masih berupa bongkahan dan ditaruh di wadah ember. 
  2. Setelah itu, dari bongkahan yang dimiliki kemudian diamati bentuknya, nah yang terlihat memiliki motif khusus kemudian ditandai dengan spidol sesuai dengan bentuk yang akan dibuat, biasanya digaris bulat. 
  3. Selanjutnya bakal batu akik tersebut dipotong sesuai pola yang telah dibuat. Pada tahap ini katanya harus dilakukan oleh orang yang sudah pengalaman dan profesional soal ini karena kalau pada tahap ini sudah salah maka untuk selanjutnya sulit dibentuk lagi. Apalagi kalau bentuknya tidak simetris tentu akan mengurangi nilai jualnya.
  4. Barulah kemudian, setelah didapatkan bentuk yang diinginkan, dilakukan pengamplasan hingga betul-betul memperlihatkan warna dan bentuk sesungguhnya dari batu akik tersebut.
  5. Terakhir adalah membuat batu tersebut terlihat licin dan mengkilap. Caranya biasanya digosok dengan bambu atau alat khusus.
Sebelum ini lihat juga soal beberapa batu termahal di dunia yang pernah kami ulas.

Cara Memilih Batu Akik yang Bagus


Setelah sedikit paham prosesnya barulah kita bahas soal tip dalam memilih batu akik atau cincin yang bagus, semoga dengan ini kita bisa mendapatkan jenis yang kita inginkan dan dengan kualitas super. tapi ya siap saja dananya karenanya 'ada harga ada kualitas' brow...

Sekalipun yang menjual sudah menyediakan yang asli tapi dari sekian banyak yang ada tentu ada yang paling bagus, nah di sini dibutuhkan kejelian dari anda, mulai dari menilai warna hingga corak uniknya. Biasanya ini dipengaruhi juga oleh pengalaman dari seseorang, semakin lama bergelut dalam bidang ini tentu akan semakin peka dalam memilih. Jika anda mencari yang kualitas super maka biasanya ia akan tampak seoertu berair atau basah dari tampilannya sekalipun jika dipegang ia kering, biasanya ini disebut rupa kristal.

Pada dasarnya dalam 'ilmu perbatuakikan' atau pengetahuan soal Gemstone, ada 4 jenis penilaian yang harus diperhatikan jika ingin memilih yang terbaik dari ratusan pilihan yang ada. yang umumnya dikenal dengan 4 C, yaitu Color, Clarity, Cut dan juga Carat. Nah dari emapt jenis penilaian inilah kita bisa membeli batu akik kualitas yang terbaik di pasaran.


Sebelumnya : Lihat juga berbagai Gambar Mobil Termahal di Dunia

Color atau warna


Ini adalah "C" pertama yang harus diperhatikan yang berarti warna. Pastikan batu akik yang anda pilih mempunya warna yang menawan dan tajam serta menarik dilihat, dan bukan yang pudar dan tidak jelas karena semakin tajam dari warna yang dimilikinya maka akan semakin baik kualitasnya.

Clarity atau kejernihan dan kecerahan
tips memilih batu akik bagus


Kalau anda membeli perhiasan tentu juga menggunakan standar ini, tidak mungkin beli emas 24 karat tapi warnanya pudar kan? begitupun dalam memilih batu akik atau cincin, usahakan warnanya jernih, dna untuk beberapa jenis khusus diusahakan yang tembus cahaya. Selain itu, jika anda beruntung menemukan yang teksturnya mengkilap layakanya kristal maka itu patut dijadikan sebagai koleksi anda. Namun, walau bagaimana pun, mencari bartu akik yang tidak memiliki inklusi atau ketidaksempurnaan sangat sulit, paling tidak anda bisa menumukan yang di atas 90% jernih, karena kalau cari yang 100% pastilah akan sangat sulit.

Cut atau potongan batunya




Sekalipun ini tidak masuk dalam kualitas asli dari batu akiknya, tapi C ketiga ini wajib diperhatikan. Usahakan beli yang potongannya sempurna simetrisnya, baik itu pada panjangnya, tingginya dan lebarnya. selain itu anda juga harus menentukan jenis potongan yang mana yang akan dibeli, apakah yang oval, Round (bulat), Square atau kotak yang sekarang juga marak dijual, marquise, Trilliant, Pear, Heart Shape dan lain sebagainya. Mengenai ini sebenarnya juga tergantung dari selera, biasanya yang dibuat gantunya kalung, seperti yang dipakai Deddy Corbuzier yang katanya harganya hingga 800 juta, bentuknya Pear atau Drop.

Carat atau volumenya

Ini salah satu cara juga untuk menilai kualitas dari batu akik yang dibeli, biasanya yang palsu akan lebih ringan dari ukurannya. Misalnya saja batu Bacan yang jadi primadona banyak kolektor batu saat ini, umumnya memiliki berat yang lebih dibanding yang jenis lainnya karena diketahui bahwa di dalam batu bacan ini mengandung logam yang disebut ferium. Ini bisa dilakukan dengan menimbangnya dengan tangan secara manual atau menanyakan langsung dengan ahlinya.

Lebih Baik batu akik yang bersertifikat

Sebelum mengakhiri penjelasan soal Cara Memilih Batu Akik yang Bagus serta Ciri-Ciri Batu Mulia Asli (GemStone) ini maka ada baiknya saya jug amenyinggung soal sertifikatnya. Sekalipun ini masih jarang dilakukan, apalagi pembelian batu akik yang masih murah yang dibeli dipinggir jalan yang dijual layakny kaki lima, sebenarnya kita bisa berinisiatif sendiri datang ke tempat pembuatan sertifikat ini jika seandainya yang kita beli memang dalam harga yang mahal, tarulah di atas 10 juta, apalagi yang sampai miliaran sebaiknya meminta untuk dibuatkan sertifikat dari hasil uji laboratorim mengenaik kualitas batu akik itu sendiri.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top