Makanan Berserat Tinggi Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Berserat Tinggi Untuk Kesehatan Tubuh ini perlu bagi siapa saja, selain karena makanan berserat dapat memperlancar pencernaan dan menghindari sembelit, juga karena lebih mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun warung sayur di sekitar rumah. Kecuali kalau anda memilih yang buah atau sayaur impor tentu harus membelinya di supermarket terdekat.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya : Makanan Sehat Pagi, Siang dan Malam

Makanan berserat banyak dianjurkan oleh dokter gizi agar kesehatan tubuh bisa lebih terjamin. Dan di antara yang banyak direkomendasikan adalah :

Buah Berserat Tinggi 

Buah berserat dipercaya baik untuk melancarkan pencernaan dan buang air besar. Serat sendiri terdiri dari beberapa macam, yaitu serat yang dapat larut dalam air dan juga yang tidak dapat larut. Selain dalam buah, sayuran juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kita dengan kandungan serat di dalamnya.

1.  Pepaya

Kadungan serat dalam buah ini untuk setiap 100 gr bisa mencapai 1.3 gr serat sehingga dengan mengkomsumsi sekitar 200 gram saja dalam sehari tubuh kita sudah bisa terjaga metabolismenya yang mengarah pada siklus buang air besar yang lancar setiap harinya.

2.  Mangga

Kandungan serat dalam mangga per 100 gram mencapai 1.6 gr. Disamping ada banyak lagi kandungan lainnya seperti pektin, fruktosa, dan vitamin A. Mengkomsumsi mangga setiap hari bukan saja untuk kelancaran pencernaan dari kandungan seratnya tapi juga manfaat lain seperti terapi kecantikan dari manfaat vitamin A di dalamnya. Hanya saja bagi yang mengalami penyakit gula sebaiknya hindari makan yang jenis harum manis karena kadar gulanya terlalu tinggi.

3.  Nanas

Serat dalam nanas bisa didapatkan per 100 gram sebanyak 1 gram serat. Rasanya yang asam manis membuat orang banyak menyukai buah ini. Selain serat, di dalamnya juga banyak terdapat vitamin C, A dan megnesium. Terutama pektin, kandungan inilah yang sangat berperan dalam membuat daya kerja usus menjadi lebih maksimal sehingga siklus pembuangan pada pencernaan semakin lancar setiap harinya. Dan bukan cuma itu, dalam buah nanas ada banyak sekali fungsinya, di antaranya untuk anti kanker, mengatasi penyakit jantung dan stroke, serta baik untuk penderita enemia dengan cara ditambahkan dalam masakan berdaging.

4.  Pisang

Dalam 100 gr pisang bisa didapatkan 0,6 gr serat. Sekalipun lebih sedikit, tapi harga dan cara menemukan buah ini tidaklah sulit. Dengan makan 2-3 buah per hari sudah dapat memeberi peran besar pada kelancaran pencernaan anda. Selain itu ada banyak sekali fungsi kesehatan jika kita mengkomsumsi pisang, di antaranya kandungan natrium dan kalium di dalamnya baik dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan otot sehingga tubuh semakin bugar. Selain itu kandungan lain seperti zat besi, vitamin c dan A akan kita dapatkan dengan makan pisang yang memiliki efek pengobatan pada lambung, menurunkan demam, kolestrol dan lain sebagainya.

makanan berserat
5. Melon

Serat dalam melon per 100 gramnya adalah 0,7 gr serat di dalamnya juga terdapat banyak gizi yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, magnesium, kalsium, kalium, vitamin C, Vitamin A dan lain sebagainya. Selain untuk pencernaan, kandungan dari melon juga mampu melakukan pembersihan pada sistem sirkulasi darah dalam tubuh dari berbagai racun sehingga efeknya juga baik untuk yang tekanan darahnya kurang stabil.

6.  Semangka

Buah yang kaya akan kandungan air di dalamnya ini memiliki kandungan serat untuk per 100 gramnya sebesar 0.3 gram serat. Selain efek pada pencernaan kandungan lain di dalmnya juga baik untuk mencegah penyakit kanker, liver, penuaan, antikanker, serta dapat dijadikan obat dalam mengatasi sakit perut yang datang mendadak. Selain itu, dengan banyak mengkomsumsi semangka akan menambah daya tahan dalam tubuh sehingga hidup lebih sehat.

7. Belimbing

Dalam buah belimbing mengandung serat 0.9 per 100 gram yang kita komsumsi. Fungsi kandungan di dalamnya dipercaya baik dalam mengatur pembuangan tinja pada usus sehingga kita bisa buang air besar secara lancar dan teratur setiap harinya. Di samping itu belimbing juga baik untuk yang sedang mengalami penyakit gula atau diabetes dengan cara mengkomsumsi setiap hari dan juga baik untuk penderita kencing batu yang dimakan dengan tambahan madu.

Selain itu ada banyak lagi buah lain yang mengandung serat tinggi yang bisa anda komsumsi, seperti buah Leci, Pear, Lengkeng, Alfokat, Jambu Biji dan lainnya. Sekalipun beberapa di antarnaya adalah buah impor tapi sekarang ini di toko buah sudah banyak yang menjualnya atau kalau mau mendapatkan buah berserat ini bisa datang ke supermarket.

Sayuran Berserat Tinggi

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi baik untuk memperoleh asupan serat yang banyak setiap harinya. Kandungan serat dalam kangkung terutama sangat baik untuk menjaga siklus BAB kita setiap hari. Ini karena serat dalam sayuran hijau bekerja mengatur pembuangan pada usus dengan jalan memaksimalkan peran usus dalam mengatur kadar air di dalamnya sehingga waktu buang air besar lebih lancar.

Selain sayuran di atas, brokoli juga dipercaya memiliki serat yang tinggi. Cukup tambahkan dalam sayur seperti Sup dan CapCai kita sudah bisa merasakan manfaatnya.

Kacang-kacangan seperti kacang merah, hijau dan panjang juga masuk dalam daftar makanan berserat tinggi yang memudahkan seseorang buang air jika mengkomsumsinya secara rutin.

Semoga informasi soal makanan berserat tinggi di atas bisa jadi referensi terpercaya anda guna memperbaiki pola hidup, khususnya makan bisa lebih terjaga dan tubuh pun bisa tetap fit sepanjang tahun. Baca juga Manfaat Daun Pepaya dan Jasa Desain Produk Brosur, Logo, Produk
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top