Makanan Sehat Pagi, Siang dan Malam

Makanan Sehat Pagi, Siang dan Malam ini penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat sepanjang tahun. Memang sudah menjadi ilmu umum bahwa makanan adalah faktor penentu sehat tidaknya tubuh seseorang dan ini sangat dipengaruhi oleh menu yang kita komsumsi dan tidak komsumsi setiap harinya.

Pola makan yang sehat akan berimbas pada badan yang sehat pula dan ini tidak hanya dilakukan sehari  atau sebulan saja melainkan harus continue dan tanpa putus. Jika itu sudah bisa kita lakukan maka tentunya hari tua dimana waktunya penyakit mulai menyerang akan sangat mungkin dikurangi dan bahkan bisa tetap sehat bugar saat orang lain seusia anda sudah kelua masuk rumah sakit.

Untuk itu, pada sharing CaraMaster kali ini akan memberikan tips makanan sehat yang banyak direkomendasikan oleh para dokter gizi yang kami ambil dari berbagai sumber dan situs besar ternama sehingga keakuratan infonya tetap bisa dipertanggungjawabkan.

Makanan Sehat Sarapan Pagi

Sebagaimana kita ketahui bahwa pagi hari adalah awal dimana jam piket usus dalam tubuh kita mulai bekerja, sehingga makanan yang diberikan juga usahakan bukan yang terlalu berat. dan jangan juga sampai kososng dan tidak sarapan karena akan mempengaruhi kesehatan lambung anda. karenanya ada beberapa makanan sehat yang baik dikomsumsi yang sering direkomendasikan oleh pakarnya :

1.  Sandwich Telur Mata Sapi

Jenis makanan ini mungkin jarang anda komsumsi tapi disarankan agar mencobanya. Jangan kira buatnya susah karena cukup dengan roti tawar yang dibeli di minimarket seharga 7ribuan sudah bisa dibuat sendiri, tapi dengan tambahan telur ceplok di tengahnya agar semakin bergizi.

Cara bikinnya, goreng telur ayam negeri di atas api kecil hingga kuningnya matang sampai ke dalam, kemudian letakkan di atas roti tawar yang telah dilapisi sayur lalapan kemudian tutup lagi dengan roti tawar di atasnya. Agar rasanya enak tambahkan taburan garam sedikit atau kalau punya abon sapi lebih baik lagi.

2.  Bubur Ayam Setengah Porsi

Sekarang ini kalau mau makanan sehat tak perlu repot mencari, cukup beli lewat jajanan yang steril. Pagi hari sudah banyak yang menjual makanan ini. Tapi untuk saran sehatnya, belilah separuh porsi saja dan kurangi penggunaan kuah kaldu ayam untuk mengurangi penumpukan lemak pada badan anda.

Bubur ayam dipilih sebagai makanan sehat karena dipagi hari mampu menjadi ibarat 'pemanasan' untuk organ pencernaan karena bentuknya yang tidak terlalu padat. Selain itu kandungan karbodhidrat juga baik untuk aktivitas hingga siang hari.

3.  Susu Kedelai

Untuk mendapatkan minuman yang sehat yang satu ini hampir sama dengan bubur ayam karena tiap pagi juga sudah banyak yang menitip di toko-toko klontong dan bahkan ada yang berkeliling perumahan. Kandungan dalam susu kedelai baik untuk protein saat beraktifitas hingga siang hari sebagai makanan untuk otot dan juga otak.

Makanan Sehat Siang 
makanan sehat


Makan siang adalah waktunya kita mengisi perut dengan makanan berkualitas. Karena waktu siang adalah waktu dimana jam piket organ pencernaan kita bekerja dengan maksimal. berbeda di malam hari dimana waktunya organ pencernaan seperti usus mulai berhenti menerima makanan dan hanya melakukan pemrosesan makanan yang telah dimakan di siang hari. Untuk itu juga, ada baiknya mulai sekarang makan malam anda hilangkan dan ubah waktunya menjadi sore untuk menghindari penyakit diabetes yang berbahaya.

1.  Kadar Karbohidrat Sesuai Jenis Pekerjaan

Jika anda pekerja kantoran yang kerjanya seharian hanya duduk maka sebisa mungkin mengurangi makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan yang manis, seperti nasi dan minum teh. Tapi sekalipun demikian anda juga harus mengkomsumsinya karena sebagai energi hingga sore harinya. Untuk itu ada baiknya posrsinya untuk nasi dikurangi separuh sedang sayuran dan lauk diperbanyak, apalagi seperti ikan laut karena lebih sehat. Mulai sekarang biasakan makan dengan porsi sayur lebih banyak dari nasinya dan kalau bisa nasi diganti yang lebih sehat seperti roti, karena sekalipun kita makan agak banyak porsinya tetap tidak berlebih karena bentuknya seperit spons.

2.  Makan Buah Minimal 200 gram per hari

Pola makan sehat seperti ini yang sering dilupakan banyak orang Indonesia. Biasanya yang penting kenyang, soal sehat tidaknya belakangan. Jika anda ingin menghindari masuk rumah sakit dan terkena penyakit orang kaya yang berbahaya, seperti stroke dan jantung, maka ada baiknya mulai dari sekarang usahakan makan buah setiap selesai makan siang. Untuk ukuran 200 gram paling 2 biji pisang atau apel setiap selesai makan siang.

Fungsi dari makan buah adalah untuk mengambil manfaat serat di dalamnya yang dapat melancarkan pencernaan dan buang air besar setiap hari. Untuk itu silahkan baca :

3.  Hilangkan Menu Gorengan dan Makanan Berminyak lainnya

Jika anda pecinta gorengan harus anda tahu bahwa ini adalah salah satu makanan yang tidak sehat karena dapat menumpuk lemak pada tubuh anda. dan efek jangka panjangnya adalah kegemukan dan jantung yang tidak sehat. Sebab kebanyakan penjual gorengna saat ini menggorengnya dengan minyak yang telah digunakan berulang-ulang yang tentunya mengandung lemak jahat yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan sebagainya.


Makanan sehat untuk Malam 

Malam merupakan akhir dari proses aktivitas seseorang dalam sehari, itulah sebabnya memilih makanan yang sehat untuk waktu tersebut sangat penting. Salah satu alasannya karena malam hari aktivitas seseorang akan berkurang, terutama gerak fisik. Nah, dengan keadaan seperti itu makanan dalam tubuh tidak terlalu terserap sebagai energi melainkan akan menumpuk menjadi lemak dan sebagainya. Jika hal ini berjalan terus menerus maka lambat laun obesitas akan terjadi pada diri kita yang belum tentu dapat diatasi nantinya.


1.  Makan lebih awal

Salah satu yang menyebabkan munculnya penyakit diabetes dan obesitas adalah makan terlalu larut malam. Ini karena sistem pencernaan di malam hari berbeda dengan siang hari dimana waktu piketnya sudah selesai sebelum hari gelap. Untuk itu, banyak pakar kesehatan dan nutrisi menyarankan makan malam dipercepat pada sore hari, kira-kira sebelum adzan maghrib.

2.  Ganti Nasi dengan Gandum

Dibanding nasi, makan gandum lebih sehat karena gandum termasuk makanan sehat yang banyak dianjurkan para ahli gizi. Dan karena gandum di Indonesia agak sulit di dapatkan anda bisa menggantinya dengan beras merah, sekalipun rasanya kurang enak tapi khasiatnya dalam melancarkan pencernaan bisa membuat siklus buang air besar jadi teratur. Selain itu, makanan dalam bentuk roti juga baik dijadikan sebagai pengganti nasi.

3,  Salad segar.

Jika anda punya bahan seperti kol,  tomat, wortel, timun dan makanan herbal lainnya yang masih segar ada baiknya dibuat jadi salad dengan tambahan kuat moyones dan tambahan lainnya.

4.  Hilangkan menu makanan berminyak.

Jika anda masih bisa memakan makanan yang direbus atau dibakar ada baiknya dilakukan dan hindari yang berjenis makanan goreng karena kandungan minyak di dalamnya dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Sebagai contoh, dari pada menumis kangkung lebih baik dibuat slayur bening yang tanpa minyak sama sekali, demikian juga dengan menu berbahan ikan ada baiknya pilih direbus atau dibakar dari pada harus digoreng yang juga harganya lebih mahal dan tidak sehat.

Makanan Sehat Pagi, Siang dan Malam di atas hanya beberapa saja dari semua jenis yang ada. Tapi dengan menerapkan tips di atas tentu akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh anda, apa lagi cara penerapannya tidak terlalu membutuhkan banyak biaya.

Yang terbaik sebenarnya dalam menjalankan hidup sehat adalah bukan hanya dengan memilih beragam makanan sehat setiap harinya tapi juga harus dibarengi dengan aktivitas gerak dan olah raga yang cukup. Kalau bisa usahakan berjalan minimal 1000 langkah setiap harinya. Baca juga Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan 
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top