Tanda-Tanda Awal Kehamilan Perempuan | CaraMaster

Tanda-Tanda Awal Kehamilan Perempuan | CaraMaster - Hal ini penting diketahui bagi setiap wanita, khususnya yang baru pertama kali mengandung, selain untuk mempersiapkan segalanya termasuk makanan dan nutrisi yang seharusnya dikomsumsi agar kesehatan dan kebutuhan janin dalam kandungan terpenuhi, juga agar seorang calon ibu dapat waspada terhadap kehamilannya dan terhindar dari keguguran yang merupakan momok yang sangat menakutkan bagi kadungan yang masih dibawah 3 bulan umurnya.

Tanda-tanda kehamilan atau dalam bahasa Inggrisnya disebut juga pregnancy symptoms merupakan dambaan bagi setiap pasangan, apalagi yang sudah waktunya memiliki momongan dan telah lama menunggu. Akan tetapi tanda-tanda tersebut seharusnya diketahui dengan baik agar tidak keliru dan salah sangka yang mungkin saja merupakan tanda lain yang mirip.

Yang perlu diwaspadai jika seandainya seorang calon ibu salah paham mengenai tanda-tanda kehamilan, karena ini terkadang hampir mirip dengan masa menstruasi, adalah jika ia mengkomsumsi makanan yang seharusnya terlarang bagi seorang yang mengandung yang bisa saja membuat ia keguguran. Selain itu, jika tidak sadar kalau ia mengandung dan melakukan aktivitas berat juga salah satu faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya keguguran.

Secara umum orang kebanyakan mengatakan bahwa tanda-tanda kehamilan sangat erat hubungannya dengan waktu siklus menstruasi, jika terlambat datang bulan berarti itulah cirinya. Padahal keterlambatan tersebut bisa saja disebabkan banyak hal, seperti stress, pola makan, gangguan hormonal, kecapaian dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri wanita yang sedang hamil :

1.  Ada Bercak Darah

Kadang banyak wanita, khususnya yang sudah menikah dan telah melakukan hubungan suami istri, menduga bahwa bercak darah yang terjadi adalah karena menstruasi, tapi jika itu terjadi di kurun waktu antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi, atau gampangnya setelah melakukan hubungan intim, maka itu bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Mengapa demikian? Karena pada waktu itulah embrio yang menjadi cikal bakal janin mulai menempel di dinding rahim ibu yang 'merobek' untuk mulai mengambil sari pati dari darah ibu sebagai makanannya untuk dapat tumbuh menjadi janin. Istilah ini disebut juga implantation bleeding atau implantasi.

2.  Keram di Perut Secara Teratur.

Jika anda mengalami hal ini jangan buru-buru mengatakan kalau ini adalah efek dari menstruasi karena bisa jadi ini adalah tanda-tanda kehamilan yang merupakan efek dari ciri sebelumnya, yaitu munculnya bercak darah. Umumnya ini terjadi secara teratur hingga trimester kedua usia kehamilan perempuan hingga posisi uterus di tengah disangga dibagian panggul.

3.  Sering buang air kecil

Selain tanda-tanda terkena penyakit diabetes, ini juga bisa menjadi tanda-tanda kehamilan yang disebabkan adanya tekanan pada kantung kencing anda yang diakibatkan oleh posisi janin yang menekan. Ini biasanya kalau kehamilan sudah terjadi lebih dari sebulan.

4.  Muntah-Muntah

Kalau anda mengalami tanda-tanda kehamilan seperti ini maka anda juga sudah bisa membeli alat test kehamilan agar bisa mengetahui apakah gejala ini karena anda mengandung atau hanya karena faktor lain. Biasanya jika anda memang hamil akan ditandai dengan 2 garis pink pada alatnya. Tapi ada baiknya dikonsultasikan pada dokter kandungan agar lebih meyakinkan.

5.  Perubahan Pada Payudara

Apabila anda hamil, maka buah dada akan mengalami pembesaran dari bentuknya yang biasa, ini dikarenakan oleh adanya peningkatan produksi hormon, yaitu progesteron dan esterogen. Disaming itu keadaan payudara juga akan dirasakan oleh anda tambah lembut. Ini juga dapat mengakibatkan rasa sensitif yang jauh lebih tinggi, yang mengakibatkan buah dada akan nyeri bila disentuh atau dipegang. Dan bagian puting susu demikian juga, akan membesar serta warnanya akan tambah gelap, kadang juga timbul rasa gatal disekitarnya. Adapun bagian pembuluh vena pada bagian buah dada juga akan tampak karena adanya penegangan di payudara.

Disamping itu adanya aktivitas yang disebut hormon Human Placental Lactogen (HPL). Hormon itulah yang diproduksi oleh badan saat anda mengalami masa kehamilan sebagai persiapan ASI bagi buah hati anda saat terlahir dengan berhasil

Demikian bagaimana Tanda-Tanda Awal Kehamilan Perempuan | CaraMaster kali ini. Semoga ini bisa menjadi rujukan buat anda yang ssedang menunggu datangnya buah hati tercinta di pelukan anda. Tapi ada baiknya semua aktivitas anda saat hamil disesuaikan dengan anjuran dokter agar tetap terjaga dari keguguran yang rawan terjadi di usia kehamilan antara 1-3 bulan. Baca juga Cara mengobati Sakit Maag dan Cara Mendapatkan Anak Perempuan dan Download Game Gratisa
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top