Cara Menjadi Penulis Laris dan Terkenal

Cara menjadi penulis yang senantiasa dinantikan tulisannya ada tipsnya, yang terpenting mau berusaha agar memberikan naskah yang berkualitas dan bukan hanya sekedar gabungan kalimat dan paragraf yang tidak bermakna. Ini saya tulis dari pengalaman saya setelah karya yang saya buat sudah 3 kali diterbitkan oleh penerbit. Dan bukan hanya sekedar itu, pernah belajar bagaimana lika liku dalam dunia publishing membuat saya beinisiatif untuk membagi ilumunya agar banyak juga yang bisa mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang writer handal yang bisa hidup hanya dari pekerjaan sebagai penyusun atau pengarang naskah. Bagaimana langkahnya? Let's cekidot...!

Ya, menjadi seorang yang profesional memang bukan hanya sekedar kemauan saja, tapi lebih dari itu, kamu kudu dapat menimba pengetahuan yang berkaitan tentangnya sebanyak mungkin. Dan apa yang akan dishare di sini adalah sebagai modal awal untuk bisa menembus penerbit ternama dan pada akhirnya kamu menjadi penulis terkenal dan karyamu dibaca ribuan orang. Nah, berikut poin2nya :

Mengasah jari

Judulnya terdengar sadis, tapi tahukah kamu bahwa menulis adalah keterampilan dan bukan kepintaran, jadi seiap pun bisa tanpa memilih latar belakang pendidikannya apa. Semakin banyak praktek maka akan semakin berkualitas juga coretan yang kamu telurkan. Simpelnya begini, ibarat memilih property yang baik maka syaratnya cuma ada 3, yaitu yang pertama hingga yang ketiga adalah lokasi. Demikian juga dengan kemampuan ini, untuk bisa handal dan lihai menyusun kata demi kata dan juga kalimat maka syaratnya juga hanya ada tiga, yaitu yang ke-1 sampai yg ke3 adalah cuma nulis dan demikian seterusnya.

Alasan di atas adalah sekalipun kamu punya banyak perbendaharaan kata di otakmu dan rajin membaca belum tentu sanggup menulis layaknya orang yang berprofesi demikian. Ini karena antara kerja pikiran dan jari di atas keyboard komputer harus dibiasakan saling terhubung. Kenyataannya ada orang yang pandai menyusun kata2 dalam otaknya tapi tidak bisa menuliskannya dan sebaliknya ada yang lancar mengetik tapi sama sekali tidak bisa menuliskan apa2 selain melihat yg sudah ada. Jika ingin keduanya bisa dikuasai maka kuncinya adalah praktek langsung di depan komputer berhari2 baru akan dilihat hasilnya.

Solusi dari persoalan di atas adalah dengan belajar cara mengetik 10 jari yang telah kami posting untuk anda agar bisa cepat dalam mengetik.

Tema Penulisan

Cara Menjadi Penulis Laris dan Terkenal
Sesuai dengan jdulnya, agar karya naskah yang kamu buat bisa diterima banyak penulis maka syaratnya adalah menulis yang banyak dibutuhkan penerbit. Yang paling direkomendasikan adalah yang berbau ‘How to’ atau dalam bahasa kita ‘buku panduan’ misalnya ‘cara merawat mobil’ atau yang berkaitan dengan komputer juga laris, dan sebagainya yang sifatnya mengajarkan tutorial tertentu yang banyak dicari orang.

Menyusun Kerangka

Ketika pertama kali ingin menulis maka yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kerangkan atau daftar isi dari karyamu nantinya. Ini dilakukan untuk menghindari perombakan di tengah jalan yang bisa menyebabkan kamu kerja 2 kali. Kalau perlu buat bagian ini sematang mungkin antara 3 sampia 1 minggu dengan melakukan perbandingan dengan banyak buku yang dijual di Gramedia dan selainnya. Jika sudah beres baru mulai menyusun kata pengantarnya hingga selesai.

Sesuaikan Jurusan atau Keahlian

Penerbit jauh lebih mengapresiasi naskah yang ditulis dari orang yang memang ahli dibidangnya, tak mesti harus dengan latar belakang pendidikan yang sesuai asalkan tema yang kamu pilih memang dari pekerjaan yang kamu geluti atau senangi. Misalnya saja hobi mancing, maka baiknya pilih yang berkaitan dengan itu.

Bejibun Referensi

Jangan hasilkan karya yang tebal kalau isinya hanya karangan otakmu saja, sebisa mungkin semua teori penting di dalamnya adalah mengutip dari refensi terpercaya. Dengan demikian penerbit dan orang yang akan membelinya akan senang karena menganggapnya berkualitas dan ditulis dengan serius.

Apa maunya Penerbit

Pastikan kamu sudah tau semua standar yang diinginkan penerbit seperti menggunakan font apa, banyaknya halaman yang biasanya minimal 150 hal., spasi berapa dan sebagainya. Tapi yang pasti bukan hasil plagiat atau contekan.

Tawarkan Tulisanmu

Cara yang biasa saya lakukan adalah dengan mengirim lewat email ke puluhan penerbit sekaligus. Untuk mendapatkan alamat email yang penerbitnya sesuai dengan naskah yang kamu tulis maka cukup berkunjung ke perpustakaan dan lihat di bagian sampul dalam depannya disitu selalu ada petunjuk yang bisa kamu dapat tinggal catat dan kirimi. Yang perlu diperhatikan adalah naskahmu sebaiknya jangna full, usahakan satu lembar di tiap babnya dihilangkan agar menghindari kecurangan kalau sampai ada yang mau menerbitkannya tanpa seizinmu atau bisa juga tiap halaman dibuat jadi gambar trus disave dalam format PDF.

Baca juga : Lowongan yang Tak Pernah Tutup

Buat Penerbit Sendiri

Bisa menulis dan menerbitkannya sendiri keuntungannya bisa sampai 10 kali lipat dan bisa saja kamu kaya raya dalam waktu singkat. Kami sudah menulisnya, di dalamnya kamu akan belajar semua bagaimana mencetak naskah tanpa perlu punya mesin, agar bukumu masuk gramedia dan lain sebagainya, silahkan kunjungi tautan tersebut.

Banyak sebenarnya yang bisa kami gali dari tema ini hanya saja saya kira apa yang tertera di atas sudah menyertakan semua poin penting yang wajib dilakukan jika anda memang berniat menjadi penulis sukses dan terkenal. Intinya, berikan kualitas dan buat orang menarik untuk membelinya agar semua suka dan terus menggunakan produkmu. Lihat jg Cara Membuat Donat
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top