Manfaat Daun, Buah dan Biji Alpukat

Alpokat dalam KBBI ditulis Avokad. Oke sobat master, sekarang kita membahas Manfaat daun, buah dan biji alpukat dalam padangan ahli obat herbal alami. Tapi sebelumnya kita sedikit mengulas mengenai asal usulnya. Ya, alpukat memang bukan tanaman endemic Indonesia, melainkan pada mulanya bibitnya didatangkan dari Amerika dan Meksiko. Di sana sejak dulu tanaman sehat ini sudah dijadikan sebagai tanaman untuk kebutuhan perkebunan baik yang bersifat monokultur maupun lainnya. Lain halnya dengan Negara kira karena umumnya juga dijadikan sebagai tanaman pekarangan yang berfungsi ganda, yakni selain untuk dimanfaatkan buahnya juga agar suasana rindang dan sejuk bisa didapatkan dari pohon ini.

Adapun karakteristik dari pohon alpukat yaitu dimana batang pohon dapat tumbuh hingga 20 meter dengan ciri daun berbentuk panjang sekitar 12 cm lebih. Adapun bunganya berwana hijau dengan diameter tidak lebih dari 10 mm. Biji dari tumbuhan alpukat ini bulat dan besar yang terkadang hampir menyamai jumlah daging buahnya.

Itulah sedikit ilmu soal karakteristik dari pohon alpukat dan buahnya. Selanjutnya kita akan memberikan sedikit penjelasan mengenai manfaatnya pada kesehatan.

Sebelumnya kunjungi juga : Manfaat Daun Pepaya, Manfaat Daun Sirsak dan lainnya

Kandungan Buah Alpukat

Protein 0,90 g, Kalori 85,00 kal, Lemak 6,50 g, Kalsium (Ca) 10,00 mg, Karbohidrat 7,70 g, Fosfor (P) 20,00 mg, Vitamin A 180,00 S.I., Zat Besi (Fe) 0,90 mg, Vitamin B1 0,05 mg, Air 84,30 mg, Vitamin C 13,00 mg, Bagian dapat dimakan 61,00%, Serat 1,40 g

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

  1. Kandungan yang bernama asm folat dalam alpukat dapat bekerja mencegah timbulnya strok. Anda bisa mengkomsumsinya dengan makan langsung atau dijus.
    manfaat buah daun biji alpukat
  2. Baik juga untuk menghindari kanker karena kandungan vitamin C dan E di dalamnya serta flavonoid baik untuk pelindung dari radikal bebas yang sering kali jadi pemicu kanker.
  3. Baik untuk kesehatan jantung juga karena minum segelah saja dalam sehari dapat memenuhi 23 persen kebutunan asam folat dalam sehari.
  4. Menghindari penyakit katarak pada mata karena kandungan vit A di dalamnya.
  5. Ekstrak dari biji alpukat juga dipercayai baik untuk pederita penyaki maag karena dapa dijadikan sebagai obat penyembuh dan lain sebagainya.

Buah Alpukat bermanfaat untuk kecantikan

a. Mata Bengkak

Bagi yang mengalami penyakit sesaat ini  caranya cukup obati dengan menggunakan alpukat dengan cara keruk buahnya dengna sendok lalu tempatkan di bawah mata dan tunggu hingga sekitar 20 menit dan setelah itu bilas.

b. Masker Wajah

Untuk bagian ini cukup blender daging buah alpokat sebanyak 1 buah saja kemudian tambah madu secukupnya lalu oles pada wajah hingga rata. Diamkan kuran glebih 15 menit saj lalu bilas dengna air hangat.

c. Pelembut Tangan

Cukup ambil ¼ bagian daring dari buah alpukat lalu campur dengan 1 btr putih telur dan 1 sdm lemon. Aduk lalu balut pada semua permukaan telapak tangan dan bagian belakangnya. Diamkan 20 menit lalu bilas.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan  

Sekalipun rasanya tidka terlalu manis jika tidak ditambah dengan gula, tapi bagian dalam dagingnya ada lagi yang bis amemberi manfaat, yakni bijinya.

Di antara yang kami ketahui dari berbagai media, biji alpukat dapat juga dimanfaatkan sebagai obat saat sakit gigi, sakit maag, menghilangkan nyeri, mengobati sariawan, menghilangkan stress, kencing manis dan sebagainya.

Itulah beberapa khasiat atau Manfaat daun, buah dan biji alpukat yang bisa anda ketahui dari blog Cara Master , semoga berkah dan kesehatan anda semakin terjaga.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top