Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya pada Komputer PC

Belajar soal komputer jangan lupa untuk tahu dulu ilmu dasarnya, yakni Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya pada Komputer PC. Mengapa demikian, karena ini adalah pokok dari pengetahuan soal perangkat tersebut, jika sudah paham funfsinya tentu akan lebih mudah mendeteksi kerusakannya, apalagi yang bekerja sebagai jasa servis dan perbaikan. Sebenarnya ada banyak sekali, terutama yang menempel di modemboard, hanya saja kita hanya memberikan bagian umumnya agar tidak terlalu membingunkan bagi yang pemula.

Komponen CPU yang paling menonjol saat pertama kali kita melihatnya adalah penutupnya atau yang sering kita sebut casing, nah bagian inilah yang jadi pelindugn dari kotoran, tapi sebenarnya bukan hanya itu, dengan lapisan plat ini akan lebih aman dari jangkauan anak, belum lagi kalau designnya bagus dan keren akan lebih baik fungsinya dalam mempercantik tampilan komputer kita.

Sebelum lanjut baca dlu : 
  1. Produk Paling Banyak dicari Diinternet untuk Bisnis
  2. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang Halal+

Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya 

Bagian-Bagian CPU

Kurang lebih ada  sembilan jenis dan akan diterangkan satu per satu, tapi semua tergantung waktu admin, jika tidak sempat akan dilanjutkan lagi nanti :

CPU


Sudah disinggung sedikit di atas kalau bagian tersebut adalah sebagai penutup isi dalam CPU, sehingga ia berguna untuk menjaga agar tidak kemasukan debu dan lebih safety bagi anak yang belum paham mengenai bahaya listrik. Di samping itu, manfaat lainnya adalah agar komponen didalamnya dapat dengan mudah disatukan atau ditempatkan karena dindingnya digunakan untuk dudukan bagian2 tersebut.

Processor

Ya bisa dibilang ini otaknya yang bekerja memproses segala perintah yang diterima. Kalau ibarat orang, dia fungsinya sebagai pemikir. Umumnya, semakin tinggi kapasitasnya maka akan sangat berpenaruh pada kecepatan loading komputermu, tapi sekalipun demikian tetap harus ada keseimbangan dengan yang lainnya karena tidak mungkin menggunakna keluaran terbaru sedang yang komponen lain keluaran tahun 2000an.

RAM

RAM kalau mau dibahasakan ringan ia seperti perantara. Karena fungsinya sebagai penampung informasi atau data yang telah mengalami proses lewat processor, sebelum akhirnya data tersebut tampil pada komputer dalam bentuk yang sebenarnya. RAM yang semakin tinggi akan berpengaruh juga pada speed, tapi sebenarnya harus dilihat juga mau dipakai untuk apa PCnya, aklau untuk mengolah gambar atau video tentu harus lebih tinggi speknya. RAM yang 4 GB biasanya sangat dianjurkan untuk pemain game karena pengaruh pada loadingnya. Dalam bagian ini sering disandingkan dengan penyebutan DDR, semakin besar angkanya maka akan semakin baik, seperti DDR 1 dan DDR 4 tentu lebih bagus yang terakhir.

VGA

Kepanjangan dari VGA sendiri adalah Video Graphic Editor, merupakan sebuah part dalam PC yang berguna sebaia pengolah data yang bentuknya grafis yang kemudian ditampilkan pada layar komputer, misalnya saja ketika kita ingin menampilkan game lengkap dengan berbagai gambar dan animasinya, maka disinilah peran VGA. Semakin terbaru biasanya semakin baik performanya karema spesifikasinya juga tentu lebih tinggi.

Hardisk

Sering sekali ketika akan membeli komputer atau laptop ditanya berapa kapasitas hardisk yang dibutuhkan kan? Ya, inilah komponen yang fungsinya sebagai penyimpanan data semua yang ada dalam komputermu. Kalau dibahasa Indonesia-kan artinya "Perangkat Keras" karena ini ibarat memori penyimpanan otak yang sangat vital. Ukuran space juga sangat menentukan performa kecepatan PC mu, untuk tahuh 2014 sekarang umumnya dicari yang minimal 500 GB hingga 1000 agar bisa lancar untuk segala aktivitas, seperti game, browsing dan sebagainya.

Sound Card

Kalau bertanya bagian apa sih yang bertugas mengolah perintah berbentuk suara di komputer, ya jawabnya sudah pasti Sound Card. Ya, sebelum semua data seperti sinyal digital dari perangkat berhasil terdengar sebagai suara, maka part inilah yang mengolahnya. Termasuk pula mengolahnya menjadi gelombang dan memberi input sinyal sonic dari data yang diterima.

Motherboard 

Kadangkala juga disebut MOBO, merupakan part komputer yang sangat penting. Ini berguna sebagai papan sirkuit yang menghubungkan semua komponen pendukung dalam CPU agar semua bisa saling terkoneksi dalam menjalankan perannya masing-masing. Penggunaan RAM pada komputer dipengaruhi juga dari jenis motherboardnya jadi tidak asal beli saja, demikian juga pada RAM harus menyesuaikan dengannya.

Ada lagi yang lain, seperti Disk Drive dan Power Supply saya kira untuk jaman sekarang kebanyakan tidak digunakan, karena penggunaan flash disk misalanya, membuat disk drive cenderung tidak dipasnag lagi, dan alasan lainnya.


Usahakan pelajari secara seksama tutorial cara master soal Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya pada Komputer PC yang telah dijelaskan di atas dan berusahalah untuk mempraktekkaannya, lebih baik lagi kalau ada PC bekas yang tidak terpakai, karena akan lebih mudah paham dengan melihat langsung apalagi cara ini tergolong murah dan bahkan gratis.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top