Toko Online yang Sukses? Inilah Cara Mengelolanya!

Ini saya kira wajib saya share buat sobat blogger semua, bukan hanya karena banyak yang bertanya cara mengelola agar toko online sukses dan banyak pembelinya, tapi ini didasarkan oleh pengalaman saya selama membuaka layanan jasa pembuatan website dimana hampir semua hanya bisa memulai tapi tidak bisa mengakhiri, artinya mereka pada semangat buat toko online tapi hanya beberapa bulan saja langsung tutup.

Faktor banyaknya toko online gulung tikar selain karena banyak yang instant juga karena mereka tidak tahu tekniknya agar websitenya bisa masuk halaman pertama, padahal ini masalah yang penting sekali dipelajari dan dilakukan, bukan hanya update produk saja dan mempercantik tampilan blog atau pun situs, sebab yang menentukan terjadi tidaknya penjualan adalah dari posisinya di mesin pencari semakin banyak artikelnya yang masuk halaman pertama maka akan semakin mudah ia dikunjungi orang banyak per harinya.

Tips Agar Toko Online Banyak Pengunjungnya dan Sukses Menjual Banyak Produk setiap Harinya


Ada dua poin penting yang harus anda ketahui di sini, jika tidak maka bisa dipastikan anda pun akan bernasib sama dengan para calon saudagar yang kurang ilmu tersebut, 3 bulan action langsung gulung tikar, tentu anda tidak ingin seperti mereka kan. Nah berikut ulasan Master :

1.  Pahami Teknik SEO Toko Online


Tidak akan mungkin yang namana website atau pun blog bisa bersaing dengan web lain kalau bukan karena menguasai teknik ini. Jangan bilang kalau ‘desain situs saya kan keren!’ karena itu tak ada artinya bagi google. Nah, dalam hal ini ada 2 teknik seo yang harus diketahui, yaitu :

a.  SEO on Page


Sebelum menjelaskan ini saya ingin menyampaikan dulu apa itu pengertian SEO. Jadi kata ini merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang artinye ‘optimasi mesin pencari’. Apa yang dioptimasi? Ya tentunya dioptimasi atau diusahakan agar kedudukannya di mesin pencari, terutama google, bisa jadi yang teratas, paling tidak di halaman pertama atau dua.
tips sukses bisnis toko online

Salah satu teknik optimasi adalah dengan SEO on Page. On Page maksudnya di sini ialah mengotak atik atau menata segala yang berhubungan dengan internal blog, mulai dari domainnya, templatenya, hingga artikelnya. Semua harus menyesuaikan dengan yang disukai oleh Mbah Google agar mudah terindeks dan mendapat ranking 1. Untuk ini kami sudah pernah menulis ulasannya di sini : Cara Toko Online Ranking 1 di Google

b.  SEO off Page


Kalau teknik ini lain lagi karena tidak berhubungan langsung dengan blog atau toko online kita, melainkan tautan atau link yang mengarah ke web kita. Ya, SEO off page sebenarnya intinya ada pada ‘Backlink’ yakni tautan yang mengarah langsung atau secara tidak langsung ke halaman utama atau halaman artikel situs. Mengenai cara mencari backlink yang baik baca : Teknik Mencari Backlink yang Aman dan Bekerja Baik

2.  Buat Toko Online Terlihat Sehat oleh Mesin Pencari

Setelah bisnis kita online dan semua telah siap, mulai dari profil hingga kontaknya maka pengelolaan toko online tidak sampai disitu saja, ada beberapa hal lagi yang harus terus anda lakukan secara berlanjut dan tanpa henti. Sebenarnya bisa saja kalau setelah itu ditinggal dan tingga tunggu pelanggan menelpon untuk memesan barang, tapi tahukah anda bahwa yang punya bisnis internet semacam anda ada ribuan dan mereka semua tidak henti berusaha melakukan optimasi, sehingga bila anda lengah sedikit saja maka tidak kurang dari seminggu anda akan tersingkir dari mesin pencari. Inilah beberapa tipsnya :

a.  Update Artikel atau Produk Setiap Hari

Blog atau website yang sehat menurut google adalah yang rutin update, jika anda tidak bisa setiap hari maka paling minim 3 kali dalam seminggu. Jika produknya Cuma satu macam dan terbatas maka solusinya adalah membuat artikel yang berhubungan dengan itu, apakah itu panduan atau pun tips dan info yang berkaitan. Dan paling bagus kalau minimal 500 kata.

b.  Cari Link, Jangan berhenti

Ini bisa jadi sulit bagi yang sudah memasang iklan adsense di blognya sebagaimana pernah disinggung soal ini di : Cara Menghindari Blog Adsense kena Banned. tapi bagi yang murni mengambil keuntungan dari toko online bukanlah masalah. Jadi usahakan cari backlink setiap hari, paling sederhana adalah berkunjung ke blog orang lain yang temanya sama dan berkomentar di sana sambil memberi link pada kolom yang disediakan.

Kalau baru membaca Tips Agar Toko Online Banyak Pengunjungnya dan Sukses Menjual Banyak Produk setiap Harinya ini mungkin akan terdengar sulit, tapi bila anda sudah terbiasa akan terasa enteng sekali, bahkan terasa tak ada beban melakoninya, apalagi kalau sudah bisa menghasilkan penjualan setiap harinya.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top