Kesehatan Kepala : Jenis Sakit dan Obatnya

Banyak hal yang bisa terjadi pada kesehatan kepala kita, bisa jadi dari faktor genetik atau pun karena pola hidup yang tidak baik yang kita lakukan selama ini.

Jenis Sakit Kepala

1.  Primer : Tension, Migrain  dan Cluster

Tension - Jika kamu mengalami kepala tegang dan berat itu berarti kamu sedang terkena jenis sakit kepala Tension yang mana kebanyakan terjadi pada ornag dewasa dan lebih khusus lagi pada wanita. Gejalanya dapat diketahui jika ia terasa sakit di kepala bagian belakang dan juga leher bagian atas yang terasa ada tekanan.

Jenis ini jarang terjadi dan juga tanpa pola, terkadang terjadi dadakan, tapi efeknya tidak sampai menghentikan aktifitas karena kebanyak masih tetap bekerja sekalipun terserang tension ini. Biasanya juga tekanan terjadi lebih kuat di atas alis, tapi ini tetap tidak melumpuhkan sifatnya.

Migrain - Ini disebut juga dengan sakit kepala sebelah yang mana ditandai dengan rasa berdenyut pada bagian kepala tertentu yang sangat hebat denyutannya. Jika ini terjadi disarankan untuk berbaring hingga sembuh karena biasanya terjadi seharian, juga kalau bisa ditempat gelap dan tenang. 

Terkadang migrain bisa disertai mual atau muntah. Adapun gejalanya dapat diketahui jika terasa ada kilatan cahaya pada penglihatan, selain itu kesemutan pada kaki juga bisa terjadi.

Cluster - Dikatakan demikian karena terjadinya sakit kepala ini bisa dalam kurun waktu tertentu misalnya bulanan atau mingguan. Dalam sehari terkadang terjadi 1 hingga 2 kali atau mungkin saja lebih. Setiap episode kejadiannya bisa berlangsung selama 30 menit atau lebih. Gejalanya, rasa sakit ini sangat menyiksa yang titik sakitnya berada di sekita atau belakang mata. Sekalipun tidak membahayakan nyawa tapi ini bisa berkaitan dengan gejala yang menyamai stroke.

2.  Sekunder

Sebelumnya : Tips Menjaga Kesehatan Hati

Ini adalah bentuk sakit kepala yang terjadi karena adanya faktor lain yang berkaitan, misalnya saja karena komsumsi obat-obatan, kondisi lingkungan yang berubah, gangguan pada otak, misalnya ada tumor dan lainnya, ganggung pada bagian pembuluh darah di otak, atau pun pernah terjadi trauma dan sebagainya. Beberapa jenis diantarnaya dapat saja menyebabkan kematinya, karenanya butuh untuk diperiksa pada dokter.
kesehatan kepala dan obatnya

3. Neuralgia

Ini merupakan salah satu jenis sakit kepala yang terjadi akibat adanya radang yang terjadi di saraf leher dan kepala bagian atas. Selain itu nyeri di wajah juga bisa dialami penderitanya. pengertian dari kata Neuralgia sendiri adalah nyeri pada saraf.


Obat Sakit Kepala
  1. Aspirin, Acetaminophen (parasetamol) dan Ibuprofen – Ini digunakan untuk kepala yang rasa sakitnya berada di bagian belakang dan disertai rasa tegang atau disebut juga Tension sebagaimana dijelaskan di atas. Selain itu kita juga bisa melakukan pengobatan alternative dengan jalan pijat, meditasi seperti zikir dan salat serta melakukan relaksasi.
  2. Dihidroergotamin, Golongan triptane (sumatriptan) atau dikombinasi dengan Glucocorticoids (dexamethasone, prednisone). Untuk bahan seperti ini diperlukan bagi orang yang mengalami migraine dan selain itu bisa juga dengan jalan minum kopi untuk mengambil manfaat kafein darinya, melakukan kompres dengan handuk dingin atau panas pada leher atau pun istirahat cukup.
  3. Obat injeksi sumatriptan, yang merupakan obat sakit kepala yang sangat ampuh dan dapat berfungsi cepat. Atau pun dengan semprotan hidung yang mengandung bahan triptan, misalnya zolmitriptan atau pun dengan menghirup oksigen tabung menggunakan masker. Semua ini khusu pada sakit kepala jenis cluster karena obat biasa cenderung tidak akan berkerja dengan baik.
  4. Ketahui dengan baik ilmu soal tumor otak yang ada hubungannya dengan artikel ini.
Itulah beberapa penjelasan mengenai cara dalam menjaga kesehatan kepala kita, semua itu akan lebih baik kalau kita menghindari dengan pola hidup yang lebih sehat, terutama dengan olahraga rutin agar tidak terjadi kebekuan darah di area kepala dan juga dengan makan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah serta menghindari minuman yang terlarang dan obat yang tidak direkomendasikan.

Selanjutnya : Kebiasaan tidur Pagi Ternyata Berbahaya
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top