Cara Mengobati Tumor Otak dan Jenisnya

Penyakit tumor otak adalah salah satu yang berbahaya dan tidak mudah penanganannya, untuk itu kita perlu tahu cara mengobati tumor otak ini dengan baik berdasarkan hasil diagnosa dan mengetahui jenisnya dan seberapa parah penyakitnya. Terjadinya tumor otak disebabkan adanya petumbuhan sel yang tak terkendali pada bagian otak dan disekitarnya yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pria adalah yang paling banyak dan mudah terkena penyakit ini dibanding dengan perempuan. Suatu hal yang patut diwaspadai adalah karena ini bisa terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pada dasarnya, sekalipun berbahaya, tumor otak memiliki beragam tingkatan jika dilihat dari bahaya tidaknya akibat yang ditimbulkan, mulai dari yang jinak hingga yang ganas, yang sifatnya sekunder hingga yang primer, semuanya itu memiliki bentuk penanganan tersendiri dan juga obat tersendiri untuk dapat mengurangi atau pun membasminya.

Penjelasan Cara Mengobati Tumor Otak

Jenis Tumor Otak

Sebelum tahu apa saja obat dalam mengobati penyakit tumor ini maka ada baiknya kita pahami dulu apa saja jenisnya di bawah ini:

  1. Ependymoma: terjadi pada bagian ependyma atau pun pada membran epitel yang letaknya melapisi bagian ventrikel pada otak dan pada kanal tulang belakang.
  2. Glioma batang otak: terjadi pada otak yang berisi berupa medula oblongata, pons varolii, dan juga pada otak tengah, yakni bagian otak yang menghubungkan antara sumsum tulang belakang ke otak.
  3. Glioma: terjadi pada sel-sel glia / neuroglia, sebuah jaringan berbentuk tisu yang letaknya mengelilingi  neuron atau sel saraf otak. Jenis Glioma ini adalah yang paling lazim yang kurang lebih meliputi 50% tumor otak primer.
  4. Neurinoma: terjadi pada bagian fosa posterior. Saraf kranial ke-8, yang menjadi penyampai indera pendengaran 
  5. Astrocytoma: pada bagian sel-sel neuroglia astrosit yang berbentuk seperti bintang. 
  6. Adenoma hipofisis: Ini digolongkan sebagai tumor otak jinak yang terjadi pada kelenjar hipofisis dan pada dasar otak.
  7. Meningioma: terjadi pada meninges atau yang sering disebut dengan membran otak dan juga pada sumsum tulang belakang. Ini juga digolongkan jinak, tapi karena tumbuhnya tergolong lambat sehingga sering kali terlambat untuk terdeteksi.
  8. Medulloblastoma: Ini digolongkan sebagai tumor otak ganas yang kerap kali menimpa anak-anak yang mana terjadi pada otak kecil dan akan menyebar dengan cepat pada jaringan sekitarnya.
  9. Limfoma: pada limfosit iyang mana ini dikenal sebagai sel yang bertugas untuk pertahanan tubuh. Ini juga digolongkan sebagai tumor ganas, yang kerap kali menjangkiti pasien dengan penderita AIDS.



Gejala Tumor Otak
  • Sakit kepala, terutama yang terjadi pada malam dan pagi hari. Umumnya ini tidak bisa diobati dengan obat analgesik biasa.
  • Vertigo dan penglihatan menjadi kabur.
    cara mengobati tumor di kepala
  • Mual dan juga muntah, biasanya ini terjadi di pagi hari.
  • Kejang pada satu sisi tubuh
  • Masalah neurologis, atau yang dikenal dengan kelumpuhan
  • Gangguan koordinasi, limbung dan juga pelupa
  • Kerap kali mengalami perubahan kepribadian

Cara Pengobatan dan menghindarinya


Kami tidak bisa memberikan jawaban pasti soal ini melainkan hanya beberapa saran yang mungkin bisa dilakukan untuk mengurangi gejalanya dan juga sebagai upaya pencegahan.

  1. Hindari energi radiasi tinggi - Ini bisa menyebabkan terjadinya mutasi dalam tubuh kita yang pada akhirnya menyebabkan kanker. Ini di awali pada kerusakan pada molekul DNA. Selain itu penggunaan ponsel terlalu sering juga harus dihindari walau radiasinya masih dalam tingkat rendah.
  2. Jauhi Alkohol dan rokok. Dua jenis komsumsi manusia ini paling sering menjadi pemicu terjadinya tumor pada manusia. Selain itu terlalu banyak makan buah dan sayur berpestisida yang tidak dicuci bersih juga bisa jadi penyebab dari tumor otak ini.
  3. Jika pada anak terlihat adanya gangguan kejiwaan yang tidak biasa atau pun sering mengalami muntah dan juga sakit kepala maka pastikan anda periksakan dia sebelum stadiumnya meningkat dan sulit ditangani lagi.
  4. Lakukan terapi khusus - Diantara yang sering dilakukan adalah dengan radioterapi yang mana ini menggunakan bantuan sinar x untuk mematikan jaringan tumor atau kanker yang ada dalam tubuh. Selain itu Kemoterapi juga bisa dilakukan dengan bantuan obat khusus yang tentunya harus dengan resep dokter.
  5. Ketahui dengan baik cara menjaga kesehatan kepala dan obatnya.
  6. Baca juga Obat Herbal Kanker Sesuai Jenis Penyakitnya

Mungkin itu saja soal Cara Mengobati Tumor Otak dan Jenisnya yang bisa kami sampaikan, jika ada yang kurang silahkan berkomentar di bawah.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top