Menjaga Kesehatan Hati dengan Makanan dan Pola Hidup

Salah satu organ tubuh yang paling vital adalah ‘Hati’, namun sayangnya banyak orang yang sama sekali tidak sadar kalau apa yang ia lakukan selama ini menjurus kepada rusaknya hati mereka, atau paling tidak system kerjanya menjadi tertatih-tatih sehingga tidak maksimal memberikan manfaat pada tubuhnya yang ujung-ujungnya akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Jika ditanya, lalu apa yang bisa mejaga kesahatan hati agar tetap sehat? Ya, jawabnya tentu pada makanan yang kita komsumsi setiap hari dan juga bagaimana pola hidup yang kita jalani setiap harinya.

Nama lain dari Hati adalah Liver yang diambil dari bahasa Inggris, dalam ilmu kedokteran ia berfungsi dalam detoksifikasi, membangun antibody dan juga mengatur metabolism badan kita. Itu pula sebabnya mengapa ketika ada orang yang mati karena diracuni seseorang maka yang paling pertama diteliti adalah hatinya, karena di dalamnyalah seorang ahli forensic dapat menentukan jenis racun dan penyebab pasti kematiannya karena memang fungsinya dalam melakukan detoksifikasi.

Sebelumnya : Ragam Penyakit Paru-Paru

Beberapa Penyebab Terjadinya Radang Hati atau yang biasa disebut dengan penyakit Liver :


Komsumsi obat berlebihan – Anda harus sadar mulai dari sekarang kalau kebiasaan langsung minum obat hanya karena sakit flu biasa adalah tidak baik karena dampaknya dapat merusak hati, terlebih lagi jika dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama.

Alkohol – Ini mungkin bisa anda hindari kalau memang tidak terbiasa, tapi bagi anda yang merasa sering melakukan ini baiknya hentikan secara bertahap mulai sekarang. Ini pula mengapa dalam Agama Islam melarang khamr atau minuman keras karena pada dasarnya, sekalipun punya sedikit manfaat, tapi mudaratnya jauh lebih kompleks terhadap tubuh kita.

Makan Tidak Teratur dan Tidak Seimbang – Bayangkan saja kalau karena kebetulan habis Idul Adha dan banyak daging lalu sebulan makan itu terus dan tak pernah makan sayur dan buah sama sekali, bisa dipastikan bagaiman keadaan metabolism tubuh kita kan. Jika anda biasa ke rumah sakit atau Puskesmas pasti sering melihat semacam himbaun yang ditempel di dinding bahwa salah satu syarat hidup sehat adalah makan makanan yang beragam setiap harinya karena dengna demikian maka kebutuhan zat yang beragam dari tubuh dapat terpenuhi, termasuk suplemen yang dibutuhkan oleh hati.

Over olahraga – Maksudnya apa, jadi kalau anda senang berolah raga jangan sampai lupa istirahat yang cukup atau mungkin senang kerja tapi lupa tidur malam, nah ini juga bisa jadi penyebabnya.

Gejala Penyakit Liver

  • Nafsu makan jadi berkurang dari sebelumnya.
  • Persendian sewaktu-waktu terasa nyeri.
  • Sering mengalami depresi
    cara menjaga penyakit hati
  • Gampang lesu dan loyo
  • Terasa ada nyeri di bagian kanan perut.
  • Air kencing terlihat berwarna agak seperti teh atau agak gelap.
  • Warna kulit maupun bola mata terlihat berwarna kekuning-kuningan. Ini yang biasa kita saksikan mungkin pada orang yang sudah mengalami penyakit hati yang tidak wajar.

Jenis Penyakit Hati

Hepatitis – Jenis penyakit pada hati ini adalah terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh serangan virus dengan nama yang sama, yakni hepatitis. Anda harus paham bahwa ada beberapa jenis untuk persoalan kesehatna ini yang ditandai dengan huruf, A, B dan C. Untuk yang kategorosi hepatitis B dan C adalah yang harus dihindari karena sudah masuk dalam golongan penyakit yang kronid yang biasanya terjadi dalam waktu tahunan dan bisa menyebabkan kanker pada hari, sirosis dan selainnya jika dibiarkan dan tidak dilakukan tindakan medis. Adapun yang jenis A adalah belum termasuk kronis dan bersifat akut.

Jenis penyakit lainnya baca Disini.

Obat Alami untuk Liver

Temulawak  atau sering kita dengan orang menyebutnya curcuma. Untuk daerah Indonesia ini merupakan tanaman herbal alami yang mudah tumbuh di semua daerah, terutama yang ketinggiannya sedang. Funsi kandungannya sendiri adalah membantu meningkatkan kerja enzim yang disebut Gluthatione S-transferase atau disingkat GST serta kelompok jenis enzim yang dinamakan Glutathione lain yang disingkat Gs-x yang terdapat dalam hati kita. Kedua jenis enzim dalam hati ini memiliki fungsi sebagai antioksidan dan juga detoksifikasi.

Makanan untuk menjaga Hati tetap sehat

Brokoli dan bawang – Kedua jenis sayuran ini mengandung belerang di dalamnya yang porsinya sangat cukup untuk badan kita yang mempunyai peran dalam membantu hati bekerja lebih baik dan melakukan detoksifikasi berbagai racun yang masuk.

Lemon

Jika kamu senang dengan jenis buah ini maka pas sekali untuk jaga hati agar tetap sehat karena sam sitrat yang terkandung di dalamnya menjadi sahabat empedu dalam membantunya mengeluarkan berbagai racun yang tersimpan dalam tubuh. Anda bisa membeli minumanya saja yang sudah jadi atau jeruk langsung, tapi untuk yang produk olahan kebanyakan tidak real menggunakan bahan alami.

Teh Hijau

Ini bukan saja baik untuk kecantikan wanita tapi karena adanya zat katekin yang dikandungnya, ini juga baik untuk tetap menjaga kesehatan hati.

Jus Anggur

Mingkin orang lebih senang makan langsung buahnya dari pada dijus, padahal fungsi yang bisa didapat darinya juga bisa meningkatkan fungsi hati dalam melakukan proses yang dinamakan proses kimiawi yang mana dalam hal ini menahan karsinogen dan racun yang masuk.

Tips dalam menjaga kesehatan hati

  1. Selain yang sudah disebutkan di atas usahakan juga komsumsi macam sayuran ini, seperti kubis, kembang kol, selanda air, gandum, sawi hijau, beras merah, teh hijau, kunyit, anggur merah, kedelai dan jenis biji-bijian lainnya yang memiliki fungsi tidak hanya untuk hati.
  2. Batasi kalori yang masuk dalam tubuh setiap harinya karena ini juga mempunyai peran dalam mengurangi kesehatan liver, misalnya makan nasi jangan terlalu banyak dalam sehari.
  3. Berhenti merokok dari sekarang atau setiap hari anda akan mengisi racun pada hati anda, selain itu paru-paru juga sudah bisa dipastikan akan rusak karenanya.
  4. Hindari makanan yang tidak higienis. Ini bukan saja disebabkan dari apa yang kita makan tapi juga cara kita memasukkannya ke dalam mulut, untuk itu cuci tangan setiap kali akan makan adalah salah satu solusinya, terutama setelah dari WC yang bisa jadi banyak bakteri e-coli yang ikut di tangan anda sehabis buang air.

Itulas beberapa yang harus diketahui soal kesehatan hati dan bagaimana cara menjaganya agar tak berlanjut pada penyakit kronis yang susah disembuhkan dan mungkin juga akan menguras semua harta anda karena harus membayar biaya pengobatan dan obat yang cukup mahal.

Selanjutnya :
Manfaat Daun dan Biji Alpukat
Tips Menjaga Kesehatan Jantung
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top