Kelebihan Dedicated Server serta Pengertiannya dan Kekurangannya

Kita sudah membahas soal Shared Hosting dan VPS (Virtual Private Server), sekarnag soal Dedicated Server. Jadi DS sendri adalah server yang kita sewa dan terpisah dari pengguna lainnya dan juga berdiri sendiri. Layanan ini, dedicated server, memberikan kebebasa untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan kapasitas tinggi dengan beban kerja yang berat pula yang mana tidak memungkinkan jika seandainya dijalankan pada hosting berjenis shared hosting ataupun VPS. Umumnya penyedia dedicated server memfasilitasi pelanggannya dengan 1 set server dalam bentuk fisik dalam bentuk komplit beserta dilengkapi juga dengan sistem operasinya. Agar si penyewa bisa masuk ke servernya maka ia akan diberi root akses sehingga si penyewa tersebut secara sendiri dapat melakukan berbagai maintenance server lewat akses yang telah disediakan tersebut.

Kelebihan Dedicated Seerver


  1. Dengan dedicated server si penyewa memiliki kontrol 100% pada server yang ia gunakan, selain itu kita juga akan bebas melakukan mengkonfigurasi sesuai dengan bentuk spesifikasi yang kita butuhkan sendiri.
  2. Tidak terganggu dengan pengguna lain. Berbeda dengan Shared hosting dimana dalam satu server ada banyak website yang menggunakannya sehingga kinerjanya bisa terganggu jika sewaktu-waktu ada satu web yang over visitornya.
  3. Memudahkan penyewanya karena ia tidak melakukan pengawasan langsung pada fisik servernya, melainkan si provider serverlah yang menyediakan tempatnya dan kita bisa mengontrolnya secara remote dari meja kerja kita di rumah.
  4. Bebas mengelola banyak domain dalam satu server dedicated yang kita miliki, selain itu managemen email yang kita lakukan juga lebih baik karena kita memiliki kuasa penuh pada server tersebut,

Kekurangan


  1. Dengan memakai dedicated server berarti kita harus siap dengan biaya yang tidak sedikit tiap bulannya, Master menemui harga minimal 1 juta per bulan dan bahkan ada yang  lebih mahal lagi, tergantung spesifikasinya.Si penyewa harus paham soal pemrograman dan pengetahuan teknologi lainnya mengenai server, karena jika terjadi trouble maka hal tersebut menjadi tanggungjawab penuh si penyewa server.
  2. Butuh waktu untuk melakukan pengaturan dan setting berbagai aplikasi di dalamnya baru kita dapat menggunakannya. Berbeda kalau pakai shared hosting di mana kita tinggal pakai dan tak perlu memikirkan hal lain, termasuk keamanan servernya yang sepenuhnya di tanggung oleh si provider shared hosting.
Demikian soal pengertian dedicated server dan berbagai kelebihan/keunggulannya dibanding dengan shared hosting dan lainnya, serta beberapa kekurangannya bagi pemula yang belum paham soal penaganan server.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top