Hosting VPS Murah, Terbaik dan dengan Server Indonesia dan Luar Negeri

Beberapa hari ini Master sedang berburu hosting VPS untuk mengelola blog terbaru saya, tentunya saya mencari yang murah dan terbaik dan servernya di tempatkan di Indonesia. Ada banya sekali pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk menggunakan VPS, selain harga dan kecepatan, dan itu semua akan kita jelaskan pada artikel kali ini. Bagi anda yang mungkin masih pemula dalam dunia blogging tidak terlalu penting soal ini karena pada dasarnya Virtual Private Server hanya dibutuhkan bagi mereka yang mengelola website dengan pengunjung ribuan per harinya dan tidak bisa lagi ditangani dengan hanya menggunakan shared hosting yang umumnya digukan, dan masih banyak lagi keunggulan VPS yang akan kita jelaskan secara rinci di sini.

Kriteria dan kelebihan adalah dua hal yang patut kita pertimbangkan sebelum memilih jasa penyedia VPS yang baik, karena jika tidak, ujung-ujungnya kita akan menyesal dengan keputusan kita memilih provider tersebut, apalagi kalau nantinya akan berakibat pada lambatnya loading website atau blog yang kita tangani. Bukan hanya itu, misalnya saja ada masalah kemudian kita mau konsultasi dan tidak ada yang menaggapi sama sekali juga akan jadi persoalan, untung kalau kita jago dalam hal pemrograman, kalau tidak, bisa stress akibat tidak teratasinya problem yang terjadi, dan lebih parah lagi kalau ternyata situs yang kita kelola dikunjungi ribuan kali dan harus kehilangan kesempatan tersebut karena blognya lagi down disebabkan ada masalah pada VPS nya.

Itu baru pengatar soal seluk beluk VPS yang baik kalau mau teliti sebelum membeli hosting, dan ada beberapa lagi yang ingin saya sampaikan soal tips memilih vps yang baik berdasarkan pengalaman dan ilmu yang saya dapat dari berbagai blogger di tanah air maupun luar negeri.

Tentukan Jenis VPS yang cocok untukmu


Ini jangan sampai dilewatkan karena VPS itu tidak satu jenisnya, ada yang Managed dan ada pula Unmanaged VPS. Managed maksudnya adalah bahwa VPS yang kita pakai tinggal terima beres, terutama mengenai berbagai update di dalamnya yang sepenuhnya jadi tanggung jawab pelanggan sendiri, seperti pada :
  • Migration Assistance
  • VPS Hardening & Optimization
  • Fix any server-related issues
  • Third Party Software Installations
  • Firewalling
  • Anti DDOS Protection

Berbeda halnya kalau anda memilih VPS yang Unmanaged, maka segala yang disebutkan di atas akan anda urus sendiri. Makanya saya sarankan kalau kamu pemula dan tidak punya sama sekali pengetahuan soal yang disebutkan di atas maka sebaiknya pilih yang Managed VPS saja.

Namun ada yang jadi persoalan keduanya kalau akhirnya kita mau pakai yang managed, yaitu harga yang kelewat mahal. Di pasaran kita mendapati harga rata-rata VPS yang Managed adalah dikisaran 500ribuan, sedangkan yang unmanaged 200ribu saja kita sudah bebas milih, mau yang dari Indonesia sendiri atau hosting luar negeri juga banyak.
hosting vps murah managed cpanel

VPS Managed yang bagaimana?

Nah ini sudah menjurus ke soal 'dalaman' vps nya, maksudnya begini, sekalipun managed sebenarnya macamnya juga ada banyak, apakah kamu pilih yang kosongan atau yang sudah termasuk Cpanel di dalamnya. Jadi, cpanel itu adalah semacam administrator hostingnya yang dengannya kita mengelola segala isi dan pengaturan dari website yang kita jalankan, ya persis seperti kalau beli Shared Hosting yang sudah include di dalamnya. Sekali lagi, kalau kamu pakai VPS hanya karena alasan trafik blogmu terlalu tinggi tapi tidak tahu soal pemrograman maka disarankan pakai yang VPS wirh Cpanel saja karena kita tinggal pakai tanpa harus install sendiri isi pengelolaan webnya, apalagi pakai Cpanel harganya bisa 200ribuan perbulan. Coba bayangkan kalau kamu harus tanggung biaya vpsnya sekaligus dengan cpanelnya, akan sangat mahal sekali kan?

Penyedia Hosting VPS Murah dan Terbaik


Kembali saya sebutkan ulang soal managed dan unmanaged karena inilah sebenarnya yang membedakan layanan pada vps tersebut dan juga sangat mempengaruhi harganya.

Unmanaged


Kalau anda memutuskan yang managed maka sebaiknya pertimbangkan juga soal pengunjung web anda, dari mana saja target visitornya, kalau lokal maka sebaiknya pakai yang lokal saja, tapi sekalipun demikian, kalau kita memilih region Asia saja sudah cukup, misalnya yang servernya di tempatkan di Singapura dan sebagainya. Berikut beberapa yang kami rekomendasikan :

DigitalOcean -  Nah ini salah satu yang paling banyak dibahas dan direkomendasikan oleh banyak blogger di tanah air, selain harganya yang murah, cuma $5 saja kita sudah bisa punya VPS, katanya juga memuaskan untuk segi kecepatannya. Yang menarik juga dari DigitalOcean ini adalah karena mereka sudah memiliki rack hosting yang ditempatkan di Singapura yang tentunya baik untuk pengguna dari Indonesia. Dan keunggulan lainnya adalah dimana bayarannya hanya dihitung per jam dan bukan perbulan, jadi lebih irit.

RamNode - Dari segi harga memang sedikit di atas dari Digital Ocean, sekitar $7, hanya saja kalau melihat hasil pengamatan dan perbandingan yang dilakukan Pabelog.com maka didapati kalau RamNode memiliki kecepatan akses jauh lebih tinggi dari yang lainnya, yaitu kecepatan 'membacanya' pada SSD nya hingga 500mbps. Disarankan kalau mau pilih vps ini maka pilih Region Seattle karena ini baik untuk pengunjung dari Asia, termasuk Indonesia.

KloudKilat - Ini asli Indonesia brow, hanya saja kalau kamu bandingkan dengan di atas soal harganya, jauh lebih mahal, yaitu Rp. 185.000 per bulan atau kasarannya 200ribu lah. Hanya saja yang membedakan dari yang sebelumnya, yang mana adminnya yang orang Indonesia, kalau ada masalah dan sebagainya kita jauh lebih mudah untuk konsultasi karena email atau tiket yang kita kirim cukup dengan bahasa Indonesia saja. Yang saya suka dari sini karena ia juga menyediakan CloudFlare untuk hostingnya yang bisa lebih mempercepat akses website kita dan juga sebagai keamanan.

Managed


Kalau anda cari dari perusahaan hosting besar di Indonesia kayaknya masih sangat kurang yang menyediakan jasanya. Saya juga sempat bingung mondar mandir ke sana kemari membaca service dari provider yang menyediakan VPS semacam ini tapi hasilnya tidak ada yang memuaskan dan akhirnya ketemulah beberapa yang walau bisnisnya masih skala kecil tapi patut dijadikan pertimbangan soal harganya yang sangat murah yang ia tawarkan.

RumahHosting.com - Kalau harga jangan ditanya, yang include dengan Cpanel dibandrol dengan harga 700ribu per bulan, sedangkan kalau yang tanpa cpanel maka biayanya cukup 550ribu saja, waw...muahal....!

Beon.co.id - Kalau harga memang lebih murah, yaitu 300ribuan per bulan, hanya saja kalau mau pakai yang include dengan lisensi Cpanel maka harus tambah 200ribu per bulan, belum termasuk Sotaculous untuk install wordpress secara instant.

VPStermurah.com - Sama, ini juga lumayan murah, mulai dari 90ribu per bulan, tapi harus bayar Cpanel juga 200ribu per bulan. Hanya saja kalau dari segi layanan mereka mengklaim memberikan support dengan YM dan SMS, dan bisa dilihat faktanya YM mereka aktif terus.

Hikahost.com - Kalau saya liat ini dikelola perorangan, tapi kalau menurut pertimbangan saya sih tidak apa asalkan dikelola dengan baik dan bukan hosting sendiri, tapi ia sebagai reseller, kenapa demikian? karena kalau reseller berarti hosting mereka masih menggunakan dari luar yang tergolong masih aman, hanya saja mereka menyediakan jasa managednya. Soal harga, ini yang sangat murah, ya mulai dari harga 120ribu per bulan dan kita tinggal pakai saja.

Jetdino.com - Harganya hampir sama, mulai dari harga 125ribu per bulan, tapi yang bagus dari sini adalah karena ada layanan chatingnya yang setiap saat online yang kita bebas bertanya kapan saja. Dan menurut saya ini juga bukan perusahaan besar, dilihat dari tampilan webnya yang sederhana banget. Hanya saja pemiliknya mengakui kalau dia sudah punya rack sendiri soal penyimpanan hostingnya, jadi bisa dibilang ia lebih serius mengelola layanannya.

indonetmedia.co.id -  Ini juga murah cuma 199ribu  per bulan dan juga sudah fully managed serta ada live chat untuk layanan konsultasi pelanggannya.

Itulah beberapa Hosting VPS Murah, Terbaik dan dengan Server Indonesia yang bisa kami rekomendasikan, silahkan pertimbangkan dan amati satu per satu.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top