Fitur Hosting Yang Bagaimana Yang Harus Ada dalam Layanan Hosting

Sering kali kita membaca penawaran berbagai provider hosting yang kata-katanya dibuat Wahh…, tapi kalau tidak tahu Fitur Hosting Yang Bagaimana Yang Harus Ada dalam Layanan Hosting tetap saja kita akan salah memilih layanan yang ujung-ujungnya akan membuat blog atau website kita jadi lambat, belum lagi kalau bicara soal keamanan maka ini adalah hal wajib yang anda harus ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka dan masih banyak lagi yang harus kita ketahui.

Sebelumnya sudah dibahas soal shared hosting, VPS dan juga Dedicated Server, sekarang ini khusus untuk membahas fitur dari shared hosting yang sebaiknya disediakan dalam peket layanan mereka yang tentunya untuk kualitas dari performa blog kita nantinya, nah berikut penjelasannya:

Cpanel


Kadang kalau kita masih pemula banget, tidak tahu dan mungkin karena memang  tidak tahu sama sekali sehingga tidak mau pusing soal Cpanel ini. Jadi Cpanel adalh fungsinya sebagai admin hosting kita yang mana di dalamnya ditampilkan berbagai fitur untuk mengelola website, seperti File Management yang berfungsi melakukan pengeditan maupun penambahan file script maupun database di dalamnya, FTP untuk melakukan upload file, aplikasi seperti Softaculous untuk menginstall Wordpress, Joomla dan lainnya untuk blog baru kita dan lain sebagainya. Biasanya, kalau penyedianya adalah Reseller tangan ketiga ke atas tidak menyediakan itu dan buruknya adalah kita tidak bebas dalam mengatur berbagai hal yang menyangkut akun hosting kita. Selain itu penyedia VPS hosting unmanaged seperti DigitalOcean juga tidak karena sepenuhnya pengaturan server diserahkan pada penyewanya. Jadi, disarankan Cpanel ini harus ada dalam setiap paket hosting yang akan kamu beli.

Addon Domain


Ini berguna agar kita bisa menambah domain atau web yang akan kita kelola dalam hosting yang kita sewa, jadi kita tidak hanya bisa membuat blog dengan satu layanan hosting yang kita kelola, tapi bisa lebih dari satu alamat atau domain, tergantung paket yang kita pilih. Biasanya untuk paket harga yang paling murah tidak tersedia layanan ini sehingga untuk buat blog wordpress lebih dari satu di dalamnya tidka bisa. Untuk itu, kamu harus perhatikan ini, apakah mau yang bisa Addon domain atau tidak, tapi sebaiknya dipilih yang ada layanannya agar kalau mau buat blog tambahan tidak perlu lagi sewa hosting di tempat lain.

Softaculous


Ini sebenarnya langsung menyebutkan merek. Jadi softaculous itu sendiri sebagai fitur yang tersedia dalam Cpanel yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan penginstalan CMS (Content Management System) untuk blog yang akan kita kelola, seperti menginstall platform wordpress atau Joomla. Dan ini dilakukan hanya dengan sekali klik saja dan mengisi beberapa syarat di dalamnya dan menit itu juga websitemu akan langsung online, tanpa harus melakukan upload dengan menggunakan FTP yang akan memakan waktu yang lama, belum lagi kalau internetnya lambat.

CloudFlare


Fitur ini sebenarnya fungsinya untuk mempercepat loading website kita dan juga menambah security dari web yang kita kelola, cara kerja dari CloudFlare sendiri adalah yang mana setiap kali blog anda dikunjungi maka secara otomatis ia akan menyesuaikan letak servernya dengan visitornya, sehingga bila posisi antara pengguna dengan hosting sesuai dengan regionnya maka otomatis aksesnya juga akan cepat dan masih banyak lagi kegunaannya.
fitur hosting yang wajib

Berapa kapasitas dan bandwidthnya?


Ini sebenarnya yang paling utama diperhatikan bagi seseorang yang sudah mahir banget soal SEO karena nantinya blognya akan memiliki trafik tinggi dengan kunjungan ribuan per hari. Untuk itu disarankan memilih paket hosting terbaik minimal 1 GB untuk spacenya dan kalau bisa Bandwidthnya yang unlimited sehingga walau diakses oleh ribuan pengunjung sekaligus dalam sehari tetap tidak kena suspend. Beberapa yang bisa direkomendasikan adalan Beon.co.id yang harganya tidak lebih dari 70ribu dalam sebulan kita sudah bisa dapat paket full unlimited pada space file dan bandwidthnya.

Pastikan anda paham betul soal Fitur Hosting Yang Bagaimana Yang Harus Ada dalam Layanan Hosting yang disebutkan di atas agar nantinya tak terjadi hal yang tidak diinginkan, mislanya blog jadi lambat, mudah dibajak, gampang error dan lain sebagainya. Jangan lupa share artikel kami via facebook atau twitter jika ingin memberitahukan orang lain mengenai ini.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top