Fakta Soal Domain Gratis Yang Harus Diketahui

Mau punya domain .com tapi gratis? Sebaiknya jangan berhayal dulu, anda harus tahu fakte dibalik sejumlah penawaran tersebut agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari. Karena sudah jadi pengalaman ada beberapa domain yang katanya gratis tapi ternyata tidak lagi terindeks di mesin pencari padahal yang namanya blog atau web baru dikatakan bagus kalau bisa nongol di google dan lain sebagainya.

Domain berbayar memang butuh biaya, tapi karena ada harga tentu ada kualitas, terutama kita punya kebebasan untuk mengelolanya, mau diapakan saja bisa dan tak ada yang melarang. Beda kalau gratisan, buat kesalahan sedikit saja akan langsung dapat penalty alias dihapus, padahal sudah capek dioptimasi.

Kekurangan dan Fakta soal Domain gratis


Bahaya dihapus dari mesin pencari


Ini sudah dialami oleh salah satu penyedia domain gratis dan jutaan pelanggannya, yaitu .co.cc yang sekarang ini sudah tidak muncul lagi di google karena telah dihapus dari database si Mbah tersebut, ini karena domain gratisan tersebut dianggap spam dengan menggunakan nama dari situs terkenal dan yang membedakan hanya ekstensinya saja, missal tokobagus.com kemudian dibuat versinya sendiri jadi tokobagus.co.cc dan lain sebagainya.

Hanya setahun gratisannya


Wah ini juga jadi masalah yang banyak tidak diketahui banyak blogger pemula, karena ternyata domain gratisna umumnya hanya bisa dipakai setahun dan setelahnya harus bayar, missal pada kebijakan domain .TK yang setelah 12 bulan kita harus bayar sama seperti beli .com. Menurut saya buat apa gratis kalau tidak selamanya, toh alamanya juga tak sekeren .com, mending bayar tapi puas.
domain gratis

Aturannya selangit


Yang paling bahaya di sini adalah ketika akun domain kita dihapus tanpa alasan yang jelas, atau lebih parah lagi kalau mereka mau berbuat curang dengan mengambil alih domain yang telah kita buat karena alasan trafiknya menggiurkan, walaupun jarang terjadi tetap saja harus diwaspadai. Dan masih banyak lagi persoalan lain soal ini yang tak kalah rumitnya.

Baca juga : Perbedaan .com dan .co.id

Ekstensinya tidak familiar


Mislanya saja. .tk, .co.cc dan lainnya kan tidak mungkin menandingi ketenaran .com, .net dan lainnya. Lalu buat apa kita pakai kalau orang yang tahu saja kurang, padahal kita buat website tujuannya agar banyak orang yang kunjungi kan?. Belum lagi kan tidak simple ngetiknya, harus ditambah titik segala, salah sedikit malah masuknya di blog orang…..!

Masih lebih baik yang domain diskon


Kalau saya sebutkan di atas, soal layanannya yang hanya berlaku setahun dan setelah itu harus bayar, kenapa tidak berpikir untuk membeli yang murah dan yang terdiskon sekalian. Misalnya saja, beli lewat Godaddy.com yang kalau pakai kode promo atau pun tidak kita bisa beli domain .info yang hanya 3 dollar saja, jadi kalau dipakai 3 tahun kan tidak lebih dari 10 dollar, bedanya kalau pakai yang gratisan kita akan banyar 10 dollar hanya untuk 2 tahun jika menghitung pada pemakaian tahun kedua yang tidak lagi gratis.

Ketahui juga Domain Yang Bagus itu Seperti Apa – Silahkan baca ulasan lengkapnya dari tautan tersebut karena disana sudah dijelaskan semua kriterianya dengan dengna lengkap. Dan ini penting sekali agar SERP-nya bisa lebih baik dari blog lain.

Cukup sekian pembahsan soal  Fakta Soal Domain Gratis Yang Harus Diketahui semoga ini bisa jadi pelajaran agar kita tidak hanya mempertimbangkan soal ‘Free’nya saja, tapi dampaknya kemudian, karena buat apa mengoptimasi blog dengan domain gratis kalau domainnya bukan milik kita sepenuhnya yang sewaktu-waktu dapat diambil alih.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top