Domain Name System (DNS) - Apa dan Bagaimana Cara Pnegaturannya

Sering kali kita mendengar kata DNS (Domain Name Server), tapi tahukah apa maksud dari kata tersebut? Jadi dalam dunia blogging ini sering kali digunakan sebagai cara untuk mengarahkan domain pada server atau hosting tertentu yang mana dengan jalan tersebut maka nama atau alamat dari sebuat blog atau website akan bekerja berdasarkan Name Server yang ditunjuk. Ada banyak sekali tutorial mengenai ini, tapi pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan lengkapnya agar hanya dengan satu artikel ini anda bisa paham maksudnya.

DNS disetting pada akun domain dimana kita membelinya yang mana seseorang bebes menentukan server mana yang ditunjuk untuk menggunakan domain tersebut, untuk itu ini perlu sedikit ilustrasi agar anda paham cara kerjanya dan juga bagaimana pengaturannya

Cara kerjanya....

Ketika kita membeli sebuah domain, namun kita ingin mengarahkannya pada sebuah layanan hosting yang berbeda maka yang dilakukan adalah mengatur DNS-nya. Misalnya, kita beli nama domain blog kita di Rumahweb.com, tapi kemudian kita beli hosting di jagoanhosting.com misalnya, maka agar kita bisa membuat website di jagoanhosting tadi tapi menggunakan domain yang ditempatkan di rumahweb tadi, maka akun kita di rumahweb harus disetting dns nya. Adapun dns itu kita dapatkan saat membuka akun di jagoanhosting tadi.

Cara merubahnya....

  1. Copy dulu DNS yang kamu peroleh saat membuka akun hosting di tempat lain
  2. Login ke akun domainmu, sebagai contoh, kita anggap saja anda saat ini menggunakan layanan dari rumahweb.com
  3. Selanjutnya masuk ke dashboard akun domainmu di rumahweb lalu pilih menu “Domainku”
  4. Jika sudah terlihat list domain yang kamu miliki maka selanjutnya tinggal klik “Manage Domain”
  5. Selanjutnya pilih menu “Manage DNS”
  6. Centang bagian Costum DNS
  7. Paste DNS yang kamu copy dari akun hostingmu sebelumnya.
  8. Save dan perubahannya pun akan kita lihat setelah beberapa jam, paling lama 2 kali 24 jam. 

Dari pada menunggu mending baca artikel lain soal domain lainnya :
Tujuan utama dari sebuat domain adalah membuat website dan manfaat dari website itu sendiri, selain sebagai publikasi soal pribadi atau perusahaan juga bisa digunakan untuk mencari uang halal, walaupun itu dari blog gratisan. Fakta soal ini sudah banyak sekali dirasakan oleh blogger tanah air yang bisa dibilang ia mendapat kiriman uang lewat western union yang dikirimkan oleh google untuk para partnernya. Adapun caranya maka anda juga harus tahu bagiaman metodenya.

Memang dalam membuat domain dan mendaftarkannya sangatlah mudah, tapi yang sulit adalah bagaimana agar web kita bisa masuk halaman pertama google karena itulah inti jika kita ingin menghasilkan trafik ribuan per harinya, karena bisa dibilang orang saat ini sudah sangat mengenal google sebagai tempat untuk mencari situs apa saja yang kita inginkan yang menulis artikel mengenai tema yang ingin kita ketahui.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top