Domain yang Bagus dan Tips Memilihnya!

Bicara soal memilih domain atau nama atau alamat sebuah blog/website yang bagus maka tak terlepas pada pertimbangan mengenai cara membaca mesin pencari pada nama domain itu sendiri, dalam hal ini dikenal dengan sebutan SEO atau optimasi mesin pencari, hanya saja di sini kita khusus membahas soal domainnya saja, belum termasuk pembahasan mengenai artikel dan backlinknya. Selain ini penting karena merupakan salah satu faktor pendukung untuk mendapatkan posisi halaman pertama di google, juka karena ini adalah langkah paling pertama yang harus dipikirkan dan dilakukan dengan tepat saat pertama kali ingin membuat sebuah blog atau website.

Domain yang keren dan bagus ada banyak sekali syaratnya dan inilah yang akan kita ulas tuntas apa dan bagaimana solusinya. Tapi sebelum itu saya ingin bercerita soal asal usul dari yang namanya alamat web itu sendiri. Jadi, perlu diketahui bahwa awal pertama kali internet hadir dalam kehidupan manusia, domain tidaklah dalam bentuk susunan kata, tapi melainkan dalam bentuk urutan angka yang terkadang sangat sulit untuk dihafalkan, beda dengan sekarang yang cenderung menggunakan kata yang mudah dihafal, misalnya caramembuat.com. Jadi jangan heran kalau misalnya ketemu situs yang alamatnya ternyata pakai nomor dan bukan kata atau susunan huruf karena itulah bentuk layanan pembuatan domain saat pertama kali muncul. Selanjutnya ketahui beberapa hal penting berikut:

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus


Dahulukan .com


Dot com adalah top level domain (TLD) yang paling banyak digunakan saat ini, itulah sebabnya banyak orang awam sekalipun hanya mengenal ekstensi ini sehingga ketika mengetikkan di browser atau mesin pencari mereka selalu menyertkan .com di akhirnya, tentunya karena ketidaktahuan mereka. Nah, oleh karena itu, jika ingin mengambil keuntungan dari keadaan tersebut maka setiap kali ingin membeli domain maka pastikan mendahulukan yang .com, tapi apabila sudah dimiliki orang lain maka barulah anda cari alternatif lain, misalnya yang pakai .net, .info atau yang sesuai untuk ekstensi Indonesia seperti .web.id, .co.id dan lainnya.

Sesuaikan dengan tema blogmu


Misalnya saja nih mau buat website seputara ‘cara’ maka usahakan dalam namanya ada menyertakan kata tersebut, missal carabikin.com dan lainnya. Ini gunanya agar lebih mudah terbaca dan terindeks oleh google, karena hingga saat ini, sekalipun algoritma google selalu diupdate, tetap saja blog dengan domain yang mengandung kata kunci sesuai dengan tema pembahasannya selalu saja dimenangkan. Dengan melakukan ini maka kita sedikit diuntungkan dengan berkurangnya usaha optimasi yang harus kita lakukan, karena alasan telah mendapat bantuan dari google.

Mengandung longtail keyword


Kalau anda sudah pernah belajar soal SEO maka pasti akan paham apa itu long tail keyword. Jadi, ini adalah semacam istilah yang jika dibahasa Indonesia-kan artinya kata kunci dengan susunan kata yang panjang, misalnya “cara memakai jilbab segi empat” adalah long tail keyword dari kata kunci “jilbab”. Jika anda bisa punya domain dengan panjang seperti itu maka kemungkinan besar posisinya juga akan mudah masuk halaman pertama, sekalipun demikian, tetap ada faktor lain yang mempengaruhinya, di antarnaya selama kata kunci tersebut bukan merupakan kata kunci dengan kompetisi yang tinggi atau low competition. Untuk mengetahui ini anda bisa belajar cara menggunakan  Google Adwords Keyword Planner yang bisa membantumu menemukan kata yang paling pas buat tema dan nama blogmu.

tips memilih domain

Sertakan sinonim


Ini sebenarnya trik baru untuk cara terbaik dalam memilih domain yang bagus karena sekarang ini google juga mempertimbangkan sinonim dari hasil pencarian di mesinnya. Jika dalam nama domainmu bisa menyertakan kata yang serupa dengan keyword utamanya maka itu akan jadi salah satu keuntungan juga.

Pakai sub domain Indonesia


Jika kamu tinggal di Indonesia dan blogmu ditujukan juga untuk lokal maka saya sangat menyarankan menggunakan TLD asal Indonesia, yaitu .ID. Ada banyak sekali sub untuk domain ini, yaitu .web.id, .info.id, .or.id, .co.id, dan lain sebagainya. Sebenarnya bedanya pakai.com atau .co.id kalau dulu hanya nama saja dan tak lebih dari itu, tapi sekarang lain lagi, kalau ada situs yang dibuat oleh orang luar negeri dan servernya juga dari sana, maka jika disandingkan dengan yang .web.id  dan servernya juga dari Indonesia maka otomatis yang terakhir akan dimenangkan posisinya oleh google di halaman pertama, ini karena sekarang ini google lebih mendahulukan pencarian lokal ketimbang mendahulukan situs luar yang hanya mengejar trafik saja.

Lengkapi dengan trik seo lainnya


Jika anda telah melakukan semua yang disebutkan di atas maka bukan suatu kepastian blog anda akan masuk di halaman 1 google karena ada banyak faktor yang mempengaruhi, di antaranya adalah template, artikel dan backlinknya. Nah ini akan kami jelaskan satu persatu juga:

1.  Template


Template di sini adalah tampilan dari blog itu sendiri. Di sini kami menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menjadi pendukung dalam mengoptimasi rankingnya di google:

  1. Usahakan tampilan artikelnya di sebelah kiri karena cara membaca mesin google selalu mendahulukan yang kiri kemudian kanan, sehingga jika sidebar anda di kiri dan artikelnya malah di kanan maka loading artikelnya akan belakangan muncul sehingga jika orang malas menunggu ia akan segera menutup blog anda sebelum membukanya yang tentunya tidak baik untuk meningkatkan bounce rate dari blog anda yang juga menjadi salah satu pendukung dari posisinya di berbagai mesin pencari.
  2. Pastikan memilih template yang ringan, dlama hal ini kurang penggunaan gambar dank ode CSS javascript di dalamnya. Sudah banyak yang menyediakna template semacam ini silahkan cari di berbagai blog.
  3. Pastikan loadingnya cepat, paling baik kalau kurang dari 1 detik atau paling maksimal 5 detik. Untuk itu disarankan kurangi penggunaan wodget tidak perlu di dalamnya.
  4. Buat blogmu keren dan menarik dengan menata berbagai komponen di dalamnya, termasuk mengganti latarnya dan warna dominan di dalamnya.

2.  Artikel


  • Menulislah artikel yang orisinil dan belum pernah ada ssusunan kalimat dna katanya yang sama, seklipun mungkin judul dan pembahasannya sama karena ini sangat berpengaruh pada kebijakan google yang membenci artikel duplikasi. Untuk memastikan artikelnya lolos copy mak agunakan tools copyscape.com cukup kamu paste url artikel yang sudah ditulis lalu cek di sana.
  • Semakin panjang semakin baik. Jika sanggup menulis artikel yang panjang minimal 500 kata atau lebih maka usahakan setiap kali menusli artikel dibuat seperti itu karena google sekarnag ini lebih mengunggulkan artikel lengkap dan manfaat dari pada yang hanya satu paragraph saja dan kurang ilmu di dalamnya.

3.  Backlink


Pastikan kamu cari backlink sesering mungkin tapi tetap hati-hati, kalau bisa jangan mengulang kata kunci pada lingnya dengan kata kucni yang sama, mislanya berkomentar di blog dan memasang alamat blogmu di sana maka usahakan namaya ganti terus, mislanya pertama pakai nama “Master” maka yang kedua dan selanjutnya pakai nama yang lain karena kalau terlalu banyak keserupaan anchor text dalam sehari akan dianggap sebagai spam dan akibatnya bisa masuk sandbox sehingga tidak terindeks dalam mesin pencari google. Untuk itu kamu harus tahu cara mencari backlink yang aman agar terhindar dari penalty google.

Hindari Mitos Soal Domain

  1. Jangan menggunakan gari pemisah (-)diantara kata. Ini sama sekali tidak beralasan karena google membaca katanya saja, bukan tanda dalam domain tersebut. jadi mau dikasi atau tidak tetap saja sam ahasilnya. Tapi memang kalau dibuat bersambung tanpa ada tanda semacam itu jauh lebih simple.
  2. Dahulukan kata kunci utama. Ini juga harus diabaikan, misalnya mau buat alamat domain www.cara membuatblog.com tapi ternyata sudah dipakai maka tak masalah kalau dibalik katanya misalnya blogmembuatcara.com dan lainnya karena ini bisa dibuktikan dengan menulis judulyang terbalik tapi ternyata terindeks sama dengan judul yang tidak dibuat terbalik katanya.
Itulah beberapa ulasan soal tips cara memilih domain yang bagus, semoga bisa membantu dan pastikan share ini di akun facebookmu atau twitter juga tidak apa, yang penting banyak yang baca dan terbantu dari artikel ini.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top