Tips Interview Kerja agar Mudah Diterima Berdasarkan Pengalaman

Bagi yang sudah mendapat panggilana interview sebaiknya pelajari Tips Interview Kerja agar Mudah Diterima Berdasarkan Pengalaman berikut ini. Selain dari pengalaman saya selama ini, juga berdasarkan teori, tapi yang jelas ini sangat berkaitan dengan bagaimana cara HRD menilai kapabilatas rpbadi setiap pelamar agar bisa diangkat menjadi karyawan ataupun sebagai karyawan kontrak. Umumnya, lowongan kerja yang dibuka, terutama pada posisi yang tidak terlalu membutuhkan disiplin ilmu, tidak terlalu melihat apa dan bagaimana jurusan anda, melainkan soal kepribadian dan cara pandang dalam menghadapi masalah yang dinilai, untuk itu, ada beberapa rahasia yang harus anda tahu soal ini.

Interview secara bahasa artinya kegiatan tatap muka antara calon pekerja dengan pihak perusahaan yang mana didalamnya dilakukan upaya oleh pihak pemilik usaha untuk mengetahui seberapa layak seseorang untuk dijadikan sebagai karyawan. Umumnya, untuk tahap seleksi awal ini dilakukan pada saat pertama kali lamaran dibawah, namun untuk tahap pemantapan biasanya dilakukan setelah tes tertulis, setelah dilakukan seleksi dari beberapa pelamar yang dipandang layak.

Tips Lolos Interview Kerja

Disiplin

Ini yang paling pertama sekali harus anda miliki, terutama tepat waktu saat dipanggil. Jika dikatakan jam 10 maka jangan sampai telat walau 5 menit saja, sebaiknya malah 50 menit sebelum acara berlangsung anda sudah harus memperlihatkan diri kalau sudah ada di tempat sebagai penilaian awal, apalagi untuk interview dengan jumlah peserta kurang dari sepuluh orang.

Perbaiki Penampilan dan Sikap


Selain rapi dengan berkemeja dan menggunakan celana kain anda juga harus memperhatikan sikap, terutama saat pertama kali memasuki ruangan dan di sana hanya ada satu orang yang akan menginterview anda, yaitu dengan cara masuk dan menutup pintu dengan tidak membelakangi orang yang ada di dalam, jadi saat setelah masuk tutup pintu dengan tangan dibelakang dan wajah tetap menghadap ke pengujinya, kemudian wajah usahakan tersenyum dan tampak percaya diri alias gak malu-malu.

Gaya bicara 


Ini sering kali dilupakan para pencari kerja yang akan interview, ternyata gaya bicara juga sering kali dinilai. Usahakan dengan suara yang lantang dan ungkapana tiap katanya jelas dan meyakinkan.

diterima interview

Jangan katakan 'Tidak bisa'


Ini pengalaman yang sering saya alami selama 7 kali pindah kerja, setiap kali ditanya soal kemampuan yang diinginkan perusahaan seperti "apakah bisa menggunakan CorelDraw dan PhotoShop, atau apakah bisa mengoperasikan komputer dan sebagainya, selalu saya jawab "BISA". ini artinyaa, "JANGAN PERNAH BILANG 'TIDAK BISA' kalau ditanya pertanyaan apa pun. Ini gunanya agar anda bisa meyakinkan orang yang ada di hadapan anda agar ia menjadikan anda salah satu kandidat kuat dari yang lainnya. tapi ingat, setelah mengatakan bisa, maka pastikan kamu SIAP BERUSAHA, kalau perlu begadang pagi siang malam untuk belajar hal yang sudah anda iyakan. Pengalaman saya, untuk mempelajari penggunaan software seperti yang disebutkan paling butuh waktu kurang dari 2 minggu, makanya kalau ditanya 'kapan siap bekerja?' maka cukup katakan kurang lebih sebulan lagi karena masih ada urusan yang akan diselesaikan.

Agar kamu tidak salah jawab maka harus tahu pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan saat interview. Ini gunanya untuk menghindari kesalahan jawaban atau menjawab tapi tidak tepat.

Perlihatkan kalau kamu sangat menginginkan pekerjaan tersebut

Ini hampir dibilang salah satu faktor penting diterimanya seseorang dalam Interview. Tunjukkan kalau kamu bersemangat sekali untuk diterima kerja. Makanya usahakan tunjukkan kalau kamu senang dan suka dengan dunia kerja seperti yang ada diperusahaan tersebut.


Berdoa.


Ini tips terakhir dari saya soal Tips Interview Kerja agar Mudah Diterima Berdasarkan Pengalaman karena biar bagaimana pun setiap orang hanya bisa berusaha dan hanya Tuhan yang menjadi penentunya.

Selamat berusaha! Pastikan anda tidak gagal di langkah terakhir ini!
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top