Batu Merah Delima, Jenis, Harga dan Kualitasnya

Di pasaran Batu Merah Delima mulai sangat diburu pecinta batu cincin. Nama lain dari batu mulia ini adalah Gemstone Batu Ruby atau pun Mustika Merah Delima. Bila melihat pada kebanyakan orang, jenis ini terbilang langka dan hanya dimiliki oleh segelintir orang dan selian itu dikarenakan oleh harganya yang bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk satu biji batunya saja. Dan ada juga info menarik soal ini dimana ada banyak beredar bahwa di antara dari sekian banyak yang ditemukan ada beberapa yang dianggap ghaib. Tapi jangan salah, membeli barang bagus seperti ini juga ada tipsnya, terutama pengujian soal keasliannya agar anda terhindar dari penipuan yang mengaku asli tapi ternyata hanya barang tiruan, terutama pada tingkat kekerasannya dan juga warna yang dipancarkan dari merah delimat tersebut.

Kebanyakan batu merah delima ini ukurannya kecil, mungkin dikarenakan sulitanya mendapatkannya, berbeda dengan jenis lain, misalnya saja giok Aceh yang sempat diliput media yang ukurannya setinggi ukuran orang dewasa dengan lebar kurang labih 2 meter. Namun, untuk jenis merah delima ini tergolong langka, dna itu pula sebabnya ia banyak diburu yang pada akhirnya membuat harganya melambung tinggi yang bahkan ada hingga milyaran. Keunikan dari jenis batu cincin ini menurut penulis sendiri ada pada warnanya yang mana ia bisa memancarkan warna merah terang menyala. Beberapa ada juga yang jenisnya merah darah yang kilaunya hampir menyerupai warna darah asli.

Ciri-Ciri dan Cara Mengetahui Asli Tidaknya Batu Merah Delima


Mengetahui cara menge-tes keaslian dari batu Ruby ini adalah hal yang harus diketahui semua orang yang ingin berburu batu mulia ini guna untuk menghindari kejadian yang sudah sering kita dengar dimana ada orang yang membeli barang dengan harga selangit tapi ternyata palsu dan sama sekali tidak ada harganya.

  1. Pertama gunakan wadah air di dalam gelas kaca bening kemudian letakkan cincin atau yang masih dalam bentuk batu merah delima yang belum diikat dengan cincin besi, tunggu beberapa saat, jika ia memang asli maka air dari gelas tersebut akan terlihat merah menyala, demikian pula dengan gelas yang menjadi wadahnya, selain itu, jika anda meletakkan gelas yang sama di sampingnya maka ia juga akan terkena dampaknya dengan berbah menjadi tampak merah. dan bahkan ada yang mengatakan bahwa jika diletakkan hingga 40 gelas bening berisi ari pula di sampingnya maka semua akan berubah menjadi merah. Wow..luar biasa!
  2. Bersinar - Ini adalah salah satu ciri utama dari batu merah delima, sebagaimana di contohkan di atas bahwa ia akan memancarkan cahaya merah bahkan hingga 40 gelas disampingnya. Ini disebabkan oleh kandungan serat di dalamnya yang mampu membentuk dengna apa yang dinamakan three-ray atau pun six-point star
  3. Berserat. Perlu diketahui bahwa merah delima yang asli justru memiliki serat dan tidak terlihat terlalu bening, bahkan kita bisa curiga kalau mendapatkan yang sama sekali bersih, namun sekalipun demikian tetap saja ada yang bening sekali tapi yah...kembali lagi ke harganya yang bisa selangit.
  4. Selain itu, membeli yang bersertifikat asli jauh lebih baik dari pada yang kosongan.
  5. Ketahui juga cara mengetahui kualitas dari batu akik yang pernah kami tulis, yang dikenal dengan sebutan 4 C tersebut.

Kekerasan dari Batu Ruby Merah Delima


Berdasarkan penggunaan alat yang mampu mengukur kekerasan dari batu mulia, diketahui bahwa tingkat kekerasan dari batu merah delima ini mencapai angka 9, sebagaimana diketahui bahwa Intan sendiri yang merupakan batu termahal memiliki tingkat kekerasan yang diukur berdasarkan skalah Mohs, yakni 10 Mohs. Jadi tak salah harganya mahal kan, karena memang dari segi kualitas ia jauh mengalahkan berbagai jenis batu akik yang ada, apalagi kalau hanya ingin dibandingkan dengan yang panca warna yang umumnya memiliki banyak keretakan dan mudah hancur.

batu ruby merah delima

Sebelum di bawah, baca juga jenis batu akik termahal di Indonesia

Khasiatnya:


Banyak yang bilang kalau batu ruby jenis merah delima ini bertuah dan memiliki nilai mistik bagi yang memakainya, katanya lagi akan mendatangkan keberuntungan bagi pemakaianya, tapi bagi penulis sendiri itu hanyalah mitos yang dibesar-besarkan, kenapa harus percaya hal yang sifatnya tahayyul. Tapi yang jelas, khasiat dari pemakainya adalah akan memancarkan efek glamor dari pemakainya, selain disebabkan karena harganya yang memang mahal, selain itu dari segi estetika sudah pasti akan ditimbulkan dari batu ini karena bila ada wanita yang menggunakannya maka ia akan terlihat semakin anggun dan mewah.


Tokoh besar yang menggunakan batu mulia ini

Soekarno adalha salah satu tokoh dunia yang diketahui sering menggunakan batu merah delima ini, entah apakah karena memang batu ini memiliki pamor yang kuat di masyarakat atau karena memang beliau tertarik dari pancaran warnanya yang kuat juga. Selain itu..sang diktator Soeharto juga diketahui sendang dengan batu ini dan sering memakainya di beberapa acara atau kegiatan yang ia jalani. Tapi yang jelas bagi saya sendiri ini layak dijadikan sebagai batu cincin andalan karena memang kualitas tidak dipertanyakan lagi, ya selama anda mebeli yang asli dan bukan imitas.

Harga Batu Akik Merah Delima

Sekedar bahan candaan saja nih, saya melihat ada yang menjual batu merah delima seharga 300ribu...appaaa......? emang HP/, ya itulah kenyataannya. Tapi setelah mebaca di atas anda pasti sudah tahu kalau itu bukan asli dan kalaupun asli sebuah batu maka itu bukan si ruby yang kita maksud, karena selain faktor dari pancaran batunya juga dari kekuatan warna yang ditampakkannya, semakin terang maka ia akan semakin mahal. Sayang sekali penulis sendiri belum menemukan harga pastinya berapa, tapi yang jelas berada di angka ratusan juga, dan kalau pun anda menemukan di harga puluhan maka patut dipertanyakan, apalagi yang ukurannya yang besar, karena umumnya memang hanya sebesar biji delima saja.

Negara yang banyak menghasilkan Batu Merah Delima


Dari beberapa sumber yang ditemukan ternyata negara seperti Myanmar, Thailand, dan Srilangka, mungkin saja bila anda tertarik berburu jenis ini untuk dijual kembali ke Indonesia saya kira ada baiknya langsung ke sana dan temukan tempat nomor 1 yang banyak menjual Ruby merah tersebut, biasanya masyarakat setempat kalau ditanya pasti akan tahu dimana tempat membeli dan mendapatkan barangnya, apalagi kalau mencari yang masih dalam bentuk bongkahan dan mau diolah sendiri tentu baiknya langsung ke daerah penghasil batu mustika merah tersebut.

Video


Cukup sudah penjelasan panjang soal batu ruby batu merah delima ini, baik itu soal pengertian, harga, ciri-ciri dan jenisnya serta cara memilih dan membelinya dipasaran,. Semoga ini bisa jadi rujukan untuk anda yang senang mengoleksi berbagai macam batu akik.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top