Harga Batu Akik, Sesuai dengan Jenis dan Kualitasnya

Berapa Harga Batu Akik Termahal hingga yang termurah? Sebenarnya harga batu akik sangat berfariasi, jika anda mau yang kualitas biasa atau mungkin yang dari jenis murahan maka dengan uang 100ribu saja sudah bisa dapat, apalagi belinya dari pedagang kaki lima yang sering mangkal di keramaian, misalnya saja kalau di Semarang saya sendiri sering mendapati mereka buka lapak di depan Masjid besar yang ada di Simpang Lima, Baitur Rahman. Tapi kalau anda memang kolektor atau baru mau menerjuni bisnis jual beli batu akik atau batu cincin ini maka ada baiknya beli sekalian yang berkualitas, mengenai bagaimana cara mengetahui batu akik yang berkualitas dan tidak, silahkan anda baca di tautan ini, di sana sudah dijelaskan soal standar internsional mengenaik cara mengkur kualitas dari batu mulia yang baik.

Kata orang 'Ada harga ada kualitas" bukan begitu? ya demikian pula dalam dunia bisnis batu alam ini, semakin baik kualitasnya maka akan semakin mahal pula harganya. Sebelum ini sudah pernah ditulis juga Batu Akik Termahal di Dunia dan Di Indonesia, silahkan simak di sana. Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa harga dari batu akik tersebut dapat menjadi begitu mahal adalah karena jenisnya, ya jenis yang terlanjur mendapat nama sering kali harganya kian hari kian mahal saja, sebut saja jenis Kecubung yang sekarang ini lagi marak diburu para kolektor, selain karena warnanya juga memang menarik. Di samping itu, kilauan dari batu cincin tersebut juga jadi faktor dimana ia semakin bernilai dimata banyak orang karena umumnya yang biasa saja akan terlihat kusam dan kurang jelas pancaran warnanya.

Kisaran Harga Batu Akik 


Ada beragam jenis batu akik dan itu pula harganya semua tidak sama, karena dari satu jenis saja juga sudah beragam harganya, ada yang dibandrol sangat murah dan ada juga yang kadang tidak wajar jika dilihat dari kaca mata orang awam, bayangkan saja kalau batu sekecil biji salak dijual milyaran, kan gak masuk akal, tapi itulah seni, tak mengenal nilai.

Batu Bacan


Nama dari jenis ini menjadi begitu tenar sejak diketahui bahwa mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono - atau yang dikenal dengan SBY sering terlihat mengenakan di tangannya. Dan untuk hargabatu akik bacan ini berada di kisaran mulai dari 800ribu hingga Rp. 5juta, itu pun tergantung dari kualitas dan keunikannya, semakin unik makan akan semakin mahal, apalagi ada corak gambar di dalamanya yang hanya ada satu-satunya, kalau sudah seperti itu...dijual hingga ratusan juta pun pasti banyak yang nawar.


Opal Kalimaya asal Banten

harga batu akik termahal termurah


Saya pertama kali melihat ini sempat juga takjub melihat warnanya yang memang berkilauan dan sekakan seperti lampu diskotik yang berwarna warni, wajar sekali kalau harga batu akik kalimaya ini sering menjadi buah bibri masyarakat karena terkadnag dihargai begitu mahalnya hingga puluhan juta. Untuk ukuran yang besar bisa seharga 3 juta, tapi untuk yang kecil hingga sedang anda sudah bisa dapat di harga 400ribu hingga 700ribu saja. Itupun, sekali lagi saya sampaikan, bahwa keunikannya juga bisa membuatnya lebih mahal dari biasanya.


Batu Cincin - Akik Kecubung

Slain jenis Bcan, harga batu akik Kecubung juga terbilang mahal untuk saat ini, dan bahkan kalau bisa dapat yang ukuran besar pasti akan langsung ditawar banyak orang, sekarang ini harganya mencapai 1 jutaan untuk yang kualitas bagus, tapi kalau dapat yang ecek-ecek, 200ribu saja sudah bisa dibawah pulang. Batu mulia asal Kalimantan ini memiliki dua jenis warna, yakni yang berwarna gelap keunguan dan bila disinari akan tampak berkilau dan bercahaya dan satu lagi yang berwarna kebiruan yang juga banyak penggemarnya.

Ruby Merah Delima

Anda juga perlu baca penjelasannya di sini : Harga dan Kualitas Batu Ruby Merah Delima, dijamin anda pasti akan tertarik membelinya, selain karena memang kualitasnya bisa dibawah satu tingkat dengan Intan, juga warnanya bisa lebih menawan dari jenis batu akik lainnya.

Demikian beberapa harga batu akik yang terkenal dan selanjutnya akan saya jelaskan harga untuk jenis lainnya:
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top