Pengertian Komputer | CaraMaster

Pengertian Komputer | CaraMaster - Komputer ialah mesin yang digunakan untuk menata data berdasarkan sistem yang telah diprogram. Arti kata komputer awalnya dipakai untuk mendeskripsikan seseorang yang perkerjaannya mengerjakan perhitungan aritmatika, baik dengan atau tidak menggunakan alat, tetapi makna ini kemudian dialihkan kepada alat itu sendiri. Pertama kali pengolahan data dilakukan dengan sangat lambat yang hubungannya dengan materi aritmatika, tetapi komputer yang sudah modern digunakan untuk banyak kepentingan yang tidak berkaitan dengan ilmu matematika.

Dalam defenisi komputer demikian maka didalamnya mencakup alat slide rule, berbagai kalkulator mekanik diantaranya adalah abakus dan lainnya, hingga semua computer elektronik yang sifatnya kontemporer. Istilah lebih mengena yang pas untuk arti global seperti "komputer" adalah "yang mengolah data" atau "sistem pengolah data". Selama berjalan sekian tahun sudah dipaparkan beberapa pengertian yang berlainan dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda yang digunakan tersebut saat ini dinamakan sebagai komputer.

Kata computer secara global pernah dipakai untuk mengartikan orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa ada alat pembantu. Menurut pakarnya, Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut dipakai dalam Bhs. Inggris pada thn 1646 sebagai kata yang dipakai untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Demikian pengertian komputer di atas, semoga membantu. Baca juga Pengertian Ilmu dan Cara Kerja Online Tanpa Modal dan 10 Situs Tempat Mencari Jodoh
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top