Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak dan Orang Dewasa

Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak tidaklah sedikit tapi dari sekian banyak yang ada juga tidak semua memiliki kandungan khusus yang banyak yang baik dijadikan sebagai makanan pencerdas atau yang bikin otak jadi pintar. Ada beberapa yang kandungannya mengungguli jenis lainnya yang baik dikomsumsi sebagai asupan rutin setiap hari. Dan bagi banyak pakar ini sebaiknya dijadikan menu rutin untuk beberapa kali dalam sebulan agar hasilnya bisa terlihat. Ada juga yang menyarankan obat dan sebagainya, tapi menggunakan yang alami dan herbal akan jauh lebih baik sekalipun tidak secepat yang Anda inginkan.

Kandungan berupa asam lemak, tepatnya yang sering kita dengar Omega 3, yang menjadi nutrisi penting yang berperan baik dalam memepengaruhi tingkat kepintaran atau kecerdasan seseorang. Itulah sebabnya 7 makanan alami di bawah direkomendasikan oleh banyak ahli gizi. Selain banyak faktor yang dapat mencerdaskan otak, seperti belajar dan stimulasi secara rutin pada kemampuan yang kita inginkan, yang semuanya harus diusahakan. Ini karena Thomas Alva Edison juga pernah mengungkapkan bahwa "Kepintaran adalah 90 persen dari usaha, dan 10 persen otak" Maksudnya, bahwa jika Anda ingin jadi orang pintar maka perbanyak berusaha atau belajar karena sekalipun otakmu cerdas kalau tidak diisi pengetahuan juga tidak ada artinya.

Sebelumnya, baca juga : Makanan Berkalsium Tinggi

Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak

1.  Ikan untuk kepintaran

Dari semua yang disarankan ikanlah yang dijadikan primadona, ini karena asam lemak omega 3 yang terdapat di dalamnya cukup tinggi. Dan di antara jenis yang paling baik adalah ikan Salmon, sarden dan tuna. Tapi sebenarnya semua jenis hasil laut memiliki fungsi sama dalam menambah kecerdasan anak atau anda. Tapi disarankan juga untuk memilih yang hidup di air asin atau laut dari pada yang air tawar karena makanannya lebih alami dan tanpa pakan buatan sama sekali.

2.  Bayam baik untuk kecerdasan

Vitamin B9 yang terdapat dalam bayam memiliki fungsi yang baik dalam meningkatkan kemampuan memori seseorang, selain zat besi yang juga baik untuk kesehatan dan sebagainya. Sekalipun tidak jadi faktor utama, banyak makan bayam akan jadi pendongkrak kecerdasan jika dipadukan dengan seafood dan lainnya.

3.  Alpukat nutrisi otak

Siapa yang tak mengenal buah ini, bagi kamu yang suka nongkrong di cafe pasti sering memesan jus Alpukat. Nah dalam dunia kedokteran, ahli gizi, kandungan berupa vitamin E di dalamnya sangat manjur bekerja sebagai antioksidan serta baik dalam melindungi kerja otak dai yang namanya penuaan dini. Artinya dengan kondisi pikiran yang selalu bugar maka ilmu yang masuk juga semakin cepat diserap karena efek vitamin E di dalamnya.

4.  Pisang untuk kepandaian

Kandungan berupa magnesium dan kalium dalam buah pisang baik juga untuk kecerdasan karena dapat menutrisi otak. Dua jenis yang disebut ini akan berfungsi sebagai transmisi saraf yang bekerja pada seluruh badan kita dan juga tak ketinggalan pada otak yang jadi sentral gerak manusia.

5.  Coklat untuk memori otak jenius

Dari dulu hingga sekarang olahan dari buah kakao ini sudah jadi primadona dalam campuran bahan makanan, tapi tahukah anda kalau selama ini coklat yang anda komsumsi ternyata berperan juga dalam meningkatkan keceradan seseorang. Ini karena Flavonoid yang terdapat didalamnya dapat menjadi pemicu dalam pembentukan jaringan dalam tubuh berupa sel saraf yang baru, khususnya pada otak ini bekerja sangat baik. Dengan daya seperti ini ingatan atau kemampuan menyimpan dari memori otak kita bisa meningkat tajam dibanding jika tidak makan coklat.

6.  Telur untuk Kesehatan otak

Asam amino yang dibawa oleh telur yang kita makan jadi gizi yang baik untuk menutrisi otak. Oleh karena ini banyak mengkomsumsi telur setipa hari dapat menambah kecerdasan seseorang. Selain protein di dalamnya yang juga menambah massa otot yang secara tidak langsung membuat tubuh bugar dan pikiran jadi tenang.

Tips Otak Cerdas

  1. Tidur yang cukup katannya juga mempengaruhi otak karena saat tidur penyaluran dan penyerapan beberapa nutrisi yang disebut di atas akan bekerja lebih baik, selain jaringan dan saraf yang kembali menjadi segar. 
  2. Membaca berita ringan setiap pagi baik dalam menstimulasi otak untuk mulai bekerja dan menyimpan memori di siang harinya yang secara tak langsung menjadi pendorong meningkatnya daya otak dalam menganalisa berbagai masalah. Ini diungkapkan oleh media berita Yahoo.
Itulah sekelumit Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak dan Orang Dewasa yang dapat kami jelaskan secara rinci dalam artikel singkat CaraMaster. Kami berharap ini bisa jadi acuan referensi yang berkualitas untuk Anda semua yang mempunyai anak atau merasa kemampuan otak anda kurang maksimal selama ini. Namun, biar bagaimana pun, mengurangi makanan yang mengandung bahan kimia jadi penyebab utama yang dapat merusak jaringan tubuh kita termasuk pikiran. Sempatkan baca : Resep Masakan Nusantara
Facebook Twitter Google+

1 komentar:

Kalau anak mau cerdas ya nutrisi nya harus benar. Dari usia 0tahun boleh dikasih vitamin kecerdasan anak tara Kid.. Oke punya menurut saya. Selain vitamin A ada juga vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tubuh anak

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top