Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Sehat

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Sehat bisa didapatkan dari mengkomsumsi berbagai jenis buah dan tanaman herbal alami, tapi dari sekian banyak yang ada masing-masing memiliki kandungan yang berbeda yang bisa membantu mengurangi kolesterol anda. Untuk itu, perlu kiranya kita tahu beberapa makanan yang telah direkomendasikan oleh sebagian besar dokter ahli gizi yang telah meneliti kandungan dan khasiat di dalamnya. Ini bertujuan, dengan memilih jenis buat atau sayuran yang pas maka apa yang akan kita inginkan cepat tercapai dan kurang resiko pada efek sampingnya disebabkan telah melalui sejumlah uji coba.

Kandungan kolesterol dalam tubuh bukanlah hal negative, yang membuatnya tidak baik untuk badan kita hanya kerena kadarnya yang berlebih atau mungkin saja banyak di antaranya dari jenis kolesterol yang berbahaya sehingga harus diturunkan kadanya agar aman untuk kesehatan kita. Selain berupa lemak yang menumpuk pada lapisan daging, terkadang juga ia berupa kandungan yang bercampur dalam aliran darah yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan penyumbatan dan sebagainya.

Artikel selanjutnya : Makanan untuk Mencerdaskan Otak

Manfaat Kolesterol bagi Tubuh

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa kolesterol adalah salah satu unsur yang diperlukan oleh manusia. Keberadaannya menjadi bagian dalam menyusun struktur kita, seperti berperan dalam menyusun struktur pada bagian membrane sel, menjadi tameng bagi kulit dari serangan racun, menghindari terjadinya kekeringan kulit, serta baik dalam membentuk vitamin D jika bekerja dengan sinar Ultraviolet. Itulah sebagian kecil manfaatnya selain sebagai cadangan makanan di saat tubuh tidak mendapat asupan sama sekali dalam jam tertentu.

Gangguan Kesehatan pada Badan akibat Kelebihan Kolesterol

Lain halnya jika kadarnya melebihi ambang batas normal. Kolesterol akan menjadi musuh bagi tubuh manusia dan jika dibiarkan akan menimbulkan beragam penyakit. Sebagaimana disebutkan banyak sumber bahwa diantaranya akan timbul serangan jantung jika menumpuk dna menutupi bagian jantung, terjadi gangguan pada ereksi bagi pria, dan yang juga sering ditemukan adalah terjadinya gagal ginjal akibat sejumlah proses yang terjadi sebelumnya. Di samping itu kolesterol juga akan sangat mungkin menjadi faktor terjadinya kegemukan atau obesitas yang dapat berpengaruh pada kesehatan banyak oragan tubuh.
Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Sehat dan Baik.

Seblumnya : Makanan Mengandung Kalsium Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Setelah paham manfaat dan efek dari keberadaan kolesterol selanjutnya mari kita belajar beragam jenis makanan, baik berupa buah, sayur, atau tanaman lainnya yang bisa dijadikan sebagai asupan untuk mengontrol dan mengurangi kandungannya dalam tubuh :
makanan penurun kolesterol darah lemak

1.  Tomat penurun Kolesterol

Siapa yang tak mengenal buah ini, rasanya sedikit asam dengan baunya yang khas mungkin bikin orang tidak senang. Tapi tahukan anda bahwa ini juga baik untuk kesehatan? Dengan dibuat jus layakanya buah pada umumnya, sebanyak minimal 2 gelas per hari akan memberi efek pengurangan pada kada lemak badan. Gunakan yang sudah matang sempurna karena khasiatnya akan lebih baik. Selain itu, vitamin c yang terdapat di dalamnya berperan baik menjaga kesehatan kulit kita.

2.  Delima mengurangi lemak

Buah delima memang salah satu jenis buah yang langka, dalam artian sulit ditemukan karena terkadang jarang dibudidayakan orang sehingga sekalipun di toko buah tetap saja sulit kita jumpai. Dalam bhs. Inggris ini sering disebut Pomegranate. Kandungan di dalamnya bekerja dalam membantu memambah produksi oksida nitrat yang sangat baik dalam mengurangi dan mengikis plak pada bagian arteri. Di samping itu masalah penumpukan plak dari kolesterol dalam badan kita juga akan dikurangi dengan sering makan buah delima. Sekarang ini banyak minuman softdrink yang khusus menyediakannya, sering didengar di tv mereka menyebutnya ‘Pome’ silahkan cari di berbagai mini market.

3.  Alpukat untuk kolesterol baik 

Sekalipun kita sudah berusaha mengurangi belum tentu kolesterol jahat atau LDL dapat kita tumpas hingga tak tersisa, oleh karena itu disarankan juga mengkomsumsi buah yang mengandung kolesterol baik (HDL) untuk mengimbanginya, dan Alpukat menjadi salah satu jenis yang baik untuk ini. Cukup di buat jus dan diminum langsung sudah akan bekerja, tapi bila malas membuatnya sendiri sekarang banyak dijajakan di pinggir jalan khusus menyediakan berbagai jenis jus silahkan beli di sana.

4.  Kolesterol HDL dalam Anggur

Hampir sama dengan Alpukat, fungsinya juga menambah jumlah kolesterol baik  atau HDL dalam badan kita. Cukup dibuat jus seperti biasa atau juga dimakan langsung. Pastikan untuk tidak membuang bijinya, tapi dikunyah juga hingga hancur karena menurut penelitian baik untuk menghindari penyakit kanker.

5.  Bawang putih pembasi lemak jahat

LDL atau kolesterol jahat adalah sebalinya dari yang di atas, ia harus dikurangi kadarnya agar tidak berefek pada kesehatan. Nah bawang putih bisa jadi solusinya. Cukup 1 sing per hari dengan dijus dan ditambahkan bahan alami lain agar tidak bau, seperti madu, atau pisang, ia pun akna bekerja mengurangi kolesterol yang tidak diinginkan dalam metabolisme kita.

6.  Kedelai dan kacang-kacangan Pengontrol Kolesterol 

Banyak mengkomsumsi hasil olahan biji-bijian ini, seperti susu kedelai, tempe, tahu dna selainnya akan bekerja membasi kolesterol yang sifatnya jahat atau merusak. Selain kandungna proteinnya yang juga dibutuhkan manusia. Selain itu, seperti kacang tanah, almond, kenari dan lainnya yang banyak menganduk anti oksidan dan Omega-3 juga akan bekerja dengan fungsi yang sama.

Silahkan praktekkan tips Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Sehat dan baik dengan berbagai buah alami di atas. Lakukan bertahap dan jangan mau instant jadi faktor utama kesuksesan anda. Sebisa mungkin lakukan satu per satu dari semua jenis yang diungkap di atas agar tak terjadi over dalam pencernaan dan metabolism tubuh kita. Baca juga Tanaman Herbal Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan serta artikel Cara Memutihkan Wajah
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top