Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat, Ini cara Menjaganya!

Cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar tidaklah sulit, yang susah hanyalah konsistensinya. Jika kita mampu terus melakukan aktivitas yang mengarah pada hal yang sifatnya menyehatkan tubuh tentu kita tak perlu melakukan treatment khusus yang menghabiskan banyak dana. Ini pun telah direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan, baik itu dalam bidang makanan dan nutrisi serta olah tubuh yang sebaiknya dijalankan untuk mendapatkan badan yang sehat.

Di bawah ini akan diterangkan beberapa tips yang sebaiknya dilakukan agar sepanjang tahun tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit ringat maupun berat yang biasanya terjadi pada organ dalam badan kita. 

Sebelumnya : macam Penyakit Kanker

Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat, Ini cara Menjaganya!

1.  Sehat dengan olahraga rutin

Dalam beberapa kesempatan Ade Ray selalu menyarankan bahwa jika ingin memiliki tubuh yang sehat maka sempatkan minimal sekali dalam seminggu untuk melakukan olahraga seperti lari atau mengangkat beban berat. Namun bila ingin lebih sehat lagi anda bisa melakukannya setiap pagi atau sore hari. Dan agar efeknya tidak saja untuk kesehatan, tapi juga untuk membentuk otot agar kekar, maka disarnakan pula mengkomsumsi minuman yang mengandung protein tinggi, seperti susu, susu kedelai, yoghurt, daging, telur dan sebagainya.

2.  Makanan sehat menurut pakarnya

cara menjaga kesehatna tubuh Yang terpenting dalam hal ini adalah kecukupan vitamin setiap harinya. Disarankan mengkomsumsi sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam atau sawi. Selain itu, berbuah yang beraneka warna juga mengandung banyak vitamin yang menyehatkan badan di dalamnya, seperti pisang, jeruk, mangga pepaya. Dan pastikan juga mengkomsumsi buah yang berserat seperti mangga matang, pisang dan kacang-kacangan agar mudah buang air besar secara rutin setiap harinya. Dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit organ dalam, salah satunya adalah kanker usus yang biasanya sering terjadi pada orang yang selalu mengalami sembelit. Dan penyakit ini sudah tentu karena akibat kurang mengkomsumsi makanan berserat.

3.  Istirahat yang cukup, menyehatkan!

Cukup di sini bermakna bahwa janm tidur dan rileks anda setiap harinya memadai. Pastikan minimal 4 jam dalama sehari. Dalam ajaran Islam, tidur yang sehat untuk tubuh adalah setelah salat Isya dan sebaiknya jangan pernah tidur sebelum melakukan ibadah salat Isya karena sujud pada waktu itu memiliki pengaruh penting pada kesehatan. Selain itu, banyak alasan medis yang telah membuktikan bahwa tidur setelah waktu Isya, sekitar jam 8 ke atas, memiliki pengaruh pada metabolisme tubuh karena memang jam piket organ tubuh waktu itu menghendaki adanya bantuan dari tidur seseorang, terlebih lagi bila dapat bangun lebih cepat karena hawa dingin dimalam hari dapat menyebabkan pembekuan pada beberapa bagian aliran darah, sehingga bila kita bangun antara jam 2 hingga waktu subuh akan menghidupkan pembakaran dalam tubuh sehingga lebih sehat.

Before, sempatkan baca Cara Menghasilakan uang dari Internet dan Makanan Penurun Kolesterol dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

4.  Terapi air putih

Ini bukan rahasia lagi, air putih memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh manusia, banyak ahli menyarankan minim air minimal 4 liter sehari atau 8 gelas. Selain memperlancar metabolisme dalam badan, banyak juga manfaat lainnya, seperti menurunkan berat badan, memudahkan buang air besar dan kecil, untuk kecantikan karena dapat mengencangkan kulit, sebagai obat ampuh bagi orang yang terkenal flu karena dapat menghentikan dahak yang mengental, untuk kesehatan ginjal, serta memperlancar pencernaan.

Ada banyak sebenarnya cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, diantaranya menghindari stres dengan melakukan rekreasi di hari libur, saling mengunjungi sesama keluarga dan tetangga yang dapat membuat hati senang dan sebagainya yang pengaruhnya pada mental dan kesehatan badan kita. Semoga bermanfaat, silahkan share artikel ini dengan menyertakan link aktif dari blog ini.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top