Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Lengkap!

Cara Menjaga Kesehatan Jantung perlu diketahui agar kita bisa tetap hidup sehat dan umur panjang. Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling perlu diperhatikan karena fungsinya yang berpengaruh pada banyak hal dalam tubuh kita, termasuk suplai sari makanan lewat darah yang dipompanya, oksigen, dan kesehatan pembuluh darah dna sebagainya. Itulah sebabnya beberapa tips menjaga kesehatan jantung di bawah ini dapat dijadikan sebagai referensi utama anda.

Kondisi mental dan emosi seseorang mempengaruhi kesehatan jantungnya, termasuk pula yang kita telah ketahui bahwa pola makan dan pola hidup erat kaitannya dalam melakukan perawatan pada organ inti anda yang satu ini. Nah, dalam pembahasan kita kali ini ketiga hal tersebut akan kita rangkung dalam uraian berberapa tidakan yang harus dilakukan untuk membuat jantung tetap sehat sebagaimana mestinya.

Sebelumnya : Jenis dan Gejala Penyakit Paru-Paru

1.  Ibadah Khusyuk untuk Jantung

Siapa yang menyangka kalau kegitatan spiritual ini menjadi faktor nomor satu yang menjadicara dalam pemeliharaan jantung kita. Dengan banyak beribadah maka tingkat stress kita berkurang. Apalagi disertai dengan zikir dan ibadah lainnya akan semakin bekerja karena hati yang tenang memiliki pengaruh yang kuat pada kondisi tubuh. Itulah sebabnya hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering stress memiliki resiko terkena penyakit jantung 2 kali dari kondisi normal.

2.  Jantung sehat dengan banyak bergerak dan berolahraga.

Berolahraga tidak saja harus berpakaian seperti umumnya tapi membiasakan diri melakukan gerak akan baik dalam menghindari penumpukan lemak pada jantung. Sebagai contoh, sebaiknya ketika menonton tv jangan gunakan remote control untuk mengganti channel, baiknya berjalan menuju tv dan pencet sendiri tombolnya. Dengan jalan ini, darah yang tidak mengalir dengan baik karena lama duduk akan kembali normal akibat gerakan kaki dan tangan dan lain sebagainya yang intinya baik untuk kesehatan jantnng. Selain itu, menargetkan olahraga lari sekali seminggu juga cukup untuk jantung sehat kita.

3.  Amarah dan pengaruhnya pada jantung.

Cara Menjaga Kesehatan JantungTahukah anda jika kita marah maka secara otomatis pembuluh dara akan mengecil yang mengakibatkan jantung berdenyut kencang dan juga darah menjadi mengental dan menggumpal. Itulah sebabnya disarnakan jika emosi pertimbangkan banyak hal dan jangan lampiaskan, atau tipsnya taidk nafas dalam2 dan tinggalkan saja orang yang menjengkelkan tersebut. Dan masih banyak lagi yang memberi pengaruh pada kesehatan jantung kita.

4.  Makanan Sehat merawat jantung.

Mulai dari sekarang hindari makan makanan yang berlemak atau yang bentuknya digoreng. Baiknya pilih yang dimasak atau dibakar saja karena tentu kurang penggunaan minyaknya. Selain itu, maknan bergaram juga efeknya buruk sekali pada jantung jadi sebaiknya dihindari. Dan semua ini sulit anda tinggalkan kalau membiasakan diri jajan, untuk baiknya makan makanan hasil olahan ibu atau keluarga jauh lebih baik. Selain itu sayuranyang punya efek pada pnurunan kolesterol juga seharusnya dijadwalkan, seperti mentimun, jus jeruk, belimbing. Di smaping itu biji-bijian seperti kedelai, kacnag merah juga sangat dianjurkan.

Untuk tips nomor 4 ini anda perlu membaca : Makanan Penurun Kolesterol

5.  Kalau mau jantung sehat, hindari merokok dan minuman keras

Dua jenis komsumsi terlarang ini wajib dilakukan, karena merokok dapt merusak pembuluh darah dan jantung dan khamr juga demikian buruk karenea dapat merusak organ atau otot jantung manusia, makanya sejak dini hindari ini.

6.  Menjaga Jantung tetap sehat dengan General CheckUp

General CheckUp adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kesehatan tubuh secara berkala dengan bantuan peralatan medis. Dengan tahu kondisi kesehatan dan penyakit kita maka secara otomatis aka nada langkah yang diambil untuk membuatnya tetap stabil, termasuk pada jantung yang terserang kolesterol atau penyempitan pembuluh darah disekitarnya yang membuat kerjanya tidak maksimal

7.  Tudur juga baik untuk menjaga kesehatan jantung

Menurut sebuah lansiran dari Medical School ‘Warwick’ bahwa perempuan yang tidurnya kurang dari 5 jam dalam sehari memiliki resiko terserang penyakit hipertensi yang secara tidak langsung mempengaruhi kondisi normal jantung anda.

Sebaiknya segala yang menyangkut Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang dipaparkan di atas agar dijalankan, termasuk pola makan dan hidup serta perbaikan pada mental. Intinya sebenarnya adalah komitmen untuk disiplin melakukan hal yang positif jika ingin sukses menjalani hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Baca jg : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top