Tanaman Rumahan Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Alami

Tanaman Rumahan Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Alami – Ini penting bagi setiap ibu rumah tangga memahami jenis tumbuhan apa saja yang baik ditanam di rumah yang sekaligus berfungsi sebagai obat herbal alami jika sewaktu-waktu diperlukan. Secara, Indonesia dikenal dengan Negara tropis yang mudah tumbuh beragam tanaman di dalamnya karena sinar matahari yang cukup setiap harinya sepanjang tahun, sehingga sayang jika keadaan baik ini diabaikan begitu saja. Kenapa kita tidak mencari ke pasar tradisional atau toko yang khusus menjual tanaman herbal dalam pot yang bisa sekaligus untuk mempercantik taman kita.

Dalam sebuah wawancara singkat, dokter bernama Abrijanto SB yang merupakan salah satu ahli tanaman herbal dari perusahaan ternama, yaitu PT. Deltomed mengungkapkan bahwa sebenarnya ada beberapa jenis tumbuhan obat yang bisa dijadikan sebagai alternative tanaman penghias pekarangan yang sekaligus dapat dijadikan sebagai apotik hidup jika salah satu anggota keluarga mengalami maslaha kesehatan ringan.

Before : Cara Mengetahui Orang Berbohong

Jambu Biji

Yang difungsikan di sini untuk obat hrbal alaminya adalah daunnya. Dalam ilmu kedokteran mengenai manfaat daun jambu biji disebutkan bahwa jambu biji baik digunakan sebagai salah satu obat diare darurat jika anak mengalaminya. Caranya cukup dengan dicampur garam secukupnya dan juga madu kemudian dilumatkan dan dimakan. Dengan demikian dapat membantu kerja usus besar dalam mengatur kadar air dalam tinja.

Daun Mint

Jika anda sering mual maka tak ada salahnya jika menjadikan daun mint salah satu tanaman pelengkap di pekarangan rumah anda karena khasiat herbal alaminya baik untuk mengatasi gnaggunan pencernaan, mual, dan juga bau nafas yang tak sedap serta jika anda mengalami hidung tersumbat juga bisa digunakan untuk meredakannya.  Belum lagi kalau ada yang terkena serangga ini juga bisa jadi alternative.

Sebelum lanjut : baca Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jahe.

Memperoleh bibit tanaman ini mudah saja karena pasar tradisional pasti ada yang menjualnya. Rasanya yang pedas dan menghangatkan baik dipilih untuk menghangatkan badan saat musin dingin.  Selain itu, juga bisa dijadikan minuman hangat untuk disajikan pada tamu jika sewaktu-waktu kita tidak punya persediaan the atau kopi.

Daun Meniran

Daun ini memang dikenal baik dalam membantu meningkatkan kemampuan atau daya tahan tubuh seseorang. Daun herbal alami meniran ini juga sudah sering dimanfaatkan menjadi bahan obat kemasan, di mana salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Disamping itu, daun ini uga baik untuk penderita rematik, disentri,  hepatitis, dan juga pada masalah batu ginjal.

Sebenarnya banyak lagi, tapi 4 jenis Tanaman Rumahan Yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Alami di atas paling tidak diusahakan lebih dulu, baru setelah itu kita bisa menambahkan lainnya, seperti daun kumis kucing, pecah beling, dan sebagainya.

Selanjutnya : Berbagai Jenis Tanaman untuk Apotek Hidup 
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top