Apotek Hidup, Tanaman Obat Agar Sehat dan Cantik

Ada banyak sekali sebenarnya jenis tanaman obat yang baik dikomsumsi sebagai cara alami untuk tapil cantik dan sehat bugar, dan salah satu solusinya adalah bukan dengan jalan membeli tapi dengan cara membuat apotek hidup yang mana sekalipun bermodalkan taman sempit di pekarangan rumah kita bisa membuatnya karena jenis tanaman ini tidak besar dan hanya butuh sedikit lahan. Tanaman obat yang baik untuk dipelihara adalah tentu yang sudah menjadi rekomendasi banyak pakar herbal dan bukan dengan cara memilih sendiri bibitnya, dan baiknya gunakan yang sering menjadi bahan pembuatan obat alami tradisional yang sekarang ini banyak diproduksi dalam bentuk kapsul.

Menariknya di sini, tanaman obat alami jauh lebih aman dari obat yang berasal dari bahan kimia karena cenderung lebih minim efek samping, namun sekalipun demikian penggunaannya harus tetap sesuai dosis agar tak menimbulkan masalah dibelakang hari. Dewasa ini yang namanya apotek hidup lagi marak digalakkan di tiap RT di Indonesia, terlebih karena manfaatnya besar sekali. Adapun bibitnya sangat gampang di dapatkan, sebut saja kumis kucing, kalau kita mau tinggal beli di pasar tradisional lalu ditanam dalam bentuk stek dan tunggu beberapa minggu saja kita sudah memetik hasilnya dan masih banyak lagi yang bisa kita peroleh hanya dengan meminta pada tetangga yang sudah punya.

Sebelumnya : Manfaat daun, Biji dan Buah Alpukat

Sekilas tentang Tanaman Obat



Dalam budaya masyarakat kita, mengkomsumsi obat-obatan herbal alami yang sifatnya tradisional adalah sebuah kebiasaan turun temurun dan ilmunya pun diwariskan oleh nenek moyang yang hingga kini tidak hanya diyakini oleh orang per orang memiliki khasiat tapi juga sudah banyak perusahaan besar dan ternama mengambilnya sebagai bahan baku, sebut saja produsen jamu terbesar saat ini, yakni Sido Muncul yang kini telah mengembangkan produknya dengan berbagai varian yang bahannya dari bahan herbal seperti kunyit, temu lawak dan sebagainya.

Jangan salah, kalau tanaman obat bukan saja baik untuk kesehatan tapi jika kita berniat menjadikannya sebagai tanaman hias itu boleh-boleh saja dilakukan apalagi di tata dengan baik dengan dibuat bertingkat dan digantung di depan teras rumah. Warnanya pun tak kalah menarik, mislanya saja tanaman kunyit yang berbunga kan bisa ditanam di pot dan akan tampak cantik skeali kalau sudah memasuki masa berbunga yang mana kita bisa menjadikannya obat sekaligus pemandangan.

Kelebihan lainnya adalah karena kita tidak butuh melakukan perawatan berkala layaknya menanam tanaman buah, bahkan tanpa pestisida sama sekali ia bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari serangan hama, asalkan mendapat sinar matahari cukup sudah bisa berkembang biak dengan baik, kami berikan contoh untuk daun pecah beling yang juga bisa dijadikan sebagai pagar hidup kan tak butuh pupuk dan sebagainya, cukup disiram saja secara rutin.

Kesimpulannya, mebuat taman dari tanaman obat tak membutuhkan biaya besar, tak butuh perawatan dan juga sekaligus bisa sebagai cuci mata karena suasana hijau dari daunnya bikin mata lebih segar. Lalu tunggu apa lagi manfaatkan sekarang taman rumahmu dan dapatkan manfaat sehatnya.

Aneka Jenis Tanaman Obat Herbal untuk Apotek Hidup


Jangan kira karena dari resep tradisional lalu anda katakan kurang bergensi, karena asal Anda tahu kalau saat ini berbagai produk herbal Sido Muncul telah diekspor ke berbagai negara dan bahkan sampai ke Eropa apalagi orang luar negeri cenderung jauh lebih memperhitungkan kesehatan mereka ketimbang memikirkan cepat sembuh dengan bahan kimia tapi menimbulkan efek samping.


Di bawah ini adalah beberapa tanaman hidup yang bisa masukkan dalam koleksi apotek hidup anda yang tentunya memiliki khasiat dan manfaat yang besar buat kesehatan tubuh :

Daun Sirih


daun sirih

Kandungan antiseptik dalam daunnya membutnya menjadi primadona bagi banyak kaum wanita, terutama air rebusannya baik digunakan untuk membersihkan daerak kewanitaan, selain itu ini juga bisa jadi obat batuk yang ampuh. Sekarang ini bibitnya agak sulit ditemukan tapi kalau anda cari di internet mungkin masih banyak yang menjualnya. Ada banyak jenisnya, seperti sirih hitam, merah, hijau dan lainnya.

Lengkuas

tanaman lengkuas
Mungkin kita hanya mengenalnya sebagai salah satu bumbu dapur yang mengharumkan makanan daging dan sebagainya, tapi ini juga baik untuk penyembuhan penyakit kulit seperti panu.     

Temulawak

khasiat temu lawak

Ini salah satu tanaman obat yang paling gampang menanamnya dan gampang sekali tumbuh asal ditempatkan di tanah yang gembur. Panennya pun tak makan waktu lama. Anda bisa memanfaatkan herbal ini sebagai obat penyakit kuning.


Lidah Buaya

manfaat lidah buaya
Bahan ini dikenal juga dengan naman Aloevera dan saat ini bukan saja hanya obat tapi juga minuman segar telah banyak beredar dengan memanfaatkan sari daun tanaman ini. Manfaat yang diketahui adalah baik untuk menyuburkan rambut serta sebagai obat pereda batuk.
 
Jambu Biji

jambu merah guava
Rasanya enak dan bisa dibuat jus, tapi untuk khasiat lebih kamu bisa juga memfungsikan sebagai obat mencret pada daunnya dan baik untuk yang mengalami demam berdarah. 

Jinten


gambar jintan hitam
Jinten juga dikenal sebagai tanaman untuk penurun panas, terutama pada daunnya. Selain itu baik juga untuk melancarkan ASI bagi ibu yang masih dalam tahap menyusui.     

Jahe

jahe merah
Tanaman ini baik untuk menghangatkan badan saat musim dingin dengan cara disedu bersama gula merah, selain itu baik juga diminum untuk yang mengalami batuk dan rematik. 

Bawang Merah

Apakah anda sering masuk angin? mengapa tidak memanfaatkan ini sebagai obatnya. hancurkan bersama minyak kelapa di atas piring dan beri pada bagian yang yang terasa mengalami panas berlebi seperti di kening, tenggorokan dan lainnya, bisa juga dicampurkan dengan minyak kayu putih.

Mahkota dewa


bentuk buah mahkota dewa
Bagi anda penderita hipertensi atau darah tinggi baiknya tanam obat alami ini juga karena bisa dimanfaatkan untuk obat penyakit tersebut. Sudah banyak dijual bibitnya di penjual tanaman. warna buahnya merah dan sangat pahit.  

Kumis kucing

Ini sudah disebut di atas, khasiatnya adalah untuk mengurangi penyakit sakit pinggang yang berlebih karena ketuaan dan terlalu banyak duduk di kantor sebagaiman apenulis alami.

Mengkudu (pace)


daun dan buah mengkudu

Baunya memang tidak enak, bila sudah sangat matang ia akan mudah hanur dan di dalamnya sangat banyak bijinya dan terasa sedikit pedas bila langsung dimakan, tapi khasiatnya luar biasa karena dapat digunakan sebagai obat osteoporosis dengan jalan dijuas, selain itu di Jepang saat ini produk olahannya banyak dicari.   Selain itu, ini baik untuk penyakit kanker.   Baca juga : Obat Herbal Kanker Terbaik Sesuai Jenis Penyakitnya

Melati

bunga melati putih
Bentuk tanamannya sedikit merambat dan bunganya berwarna putih kecil, sering dikeringkan dan dijadikan sebagai campuran teh agar terasa wangi baunya.    Bisa digunakan sebagai obat sesak nafas dan juga sakit kepala.

Sambiloto

bentuk tanaman sambiloto
kalau anda anda sedang tifus atau panas baiknya gunakan tumbuhan yang rasanya sangat pahit ini. Untuk tahu bagaimana bentuknya bisa anda lihat di internet.     

Daun Salam


gambar daun salam
Lagi-lagi bahan dapur, tapi ini juga baik untuk sakit maag dengan cara direbus. dan bila diminum secara berkala baik untuk menurunkan kadar gula, terutama yang menderita diabetes. Lihat juga obat lain untuk penyakit maag disini.

Lanjutkan : Makanan untuk yang Berjerawat

Dari penjelasan di atas ada banyak sekali kan jenis tanaman obat yang bisa dimasukkan dalam apotek hidupmu, tinggal pilih mana yang lebih sering dibutuhkan dan buat ia sebagai sumber pengobatan laami yang murah meriah dna tentunya lebih fresh karena dipetik saat akan digunakan.

Selain tampak sehat, anda pun akan semakin cantik dengan tanaman obat dari apotek hidup tersebut, karena orang yang tubuhnya bugar tentu berpengaruh pada berat badan, kekecangan kulit dan sebagainya. tinggal bagaimana anda memanfaatkannnya dengan baik.

Selanjutnya : Tanaman Rumah Lainnya Yang bisa Dijadikan Tanaman Herbal
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top