Begini Cara Mengetahui Orang yang Berbohong

Sering sekali kita ingin belajar cara mengetahui orang yang berbohong bagaimana ciri-cirinya dan dan membedakannya dengan orang yang berkata jujur, entah apakah itu karena kita ingin  mengetahui sebuah perosalan yang tengah terjadi atau dikerjakannya atau dalam hal ingin membuktikan penyangkalan yang ia lakukan, maka dengan paham bagaimana karakteristik orang yang sedang berbohong tentu sangat perlu. Mungkin ada beberapa yang sudah anda pahami dari mengamati apa yang terjadi pada diri anda ketika melakukan hal yang sama, seperti dahi berkerut, pandangan mata yang tidak focus dan lain sebagainya, tapi di artikel ini Cara Master ingin memberikan beberapa tipsnya.

Ada signal tertentu atau body language yang bisa kita baca dari kondisi orang yang berbohong dan terkadan ada yang sifatnya umum da nada juga yang spesifik pada objek yang sedang kita amati. Sebut saja, pada artis yang sedang acting, tentunya mereka semua melakukan itu sebagai salah satu bentuk kebohongan yang diterima, nah dari situ ada beberapa pelajaran yang bisa ditarik, seperti menjawab sesuatu sebelum ditanya mungkin karena ia gugup, berbicara terbatah-batan dan sebagainya. Nah berikut ulasan lengkapnya.

Tips Cara Mengetahui Orang Berbohong

1.    Cara bicara seorang pembohong

Seperti dikatakan di atas kalau salah satu yang bisa diketahui adalah ketika berbicara terbatah-batah atau simplenya, seperti tidak yakin dengan apa yang dikatakannya, nah pada saat itulah kita bisa menemukan satu indikasinya. Di samping itu ada beberapa lagi, misalnya ia tidak berani menatap mata kita saat berbicara karena mentalnya tertekan sebab ia merasa takut kalu kebohongannya akan terbongkar. Terkadang juga ia akan mengalihkan pembicaraannya dan memilih orang lain untuk disalahkan sebagai senjatanya untuk mengelak, tapi memilih membahas yang lain saat ditanya jadi salah satu tanda kuat untuk menilainya sedang tidak jujur, karena bisa jadi ia ingin berkata bohong tapi tidak tega atau sulit melakukannya maka jalan itu dipilihnya.

2.    Gerak lain saat orang yang berbohong bicara

Berdiri tidak tenang saat ditanya jadi indicator lain menilai seseorang berbohong, atau dengan kata lain, jika ia berdiri maka terlihat memutar-mutarkan badannya tanpa menggerakkan kakinya. Dan yang bisa kita nilai juga adalah nada berbicaranya yang tidak biasa yang seakan ada tekanan. Ini karena aktivitas berbohong adalah pada dasarnya ditolak oleh naluri seseorang sehingga ketika ia melakukannya akan tampak tertekan mentalnya. Apalagi kalau yang ia hadapi adalah orang yang ia takuti.

Siapa tau kamu suka baca ini Cara Terbaik Baca Komik Manga Online Bhs Indonesia dan cara bikin simbol facebook.

3.    Body language

Gesture

Kadang juga ini diistilahkan ‘gesture’. Dalam hal ini kita bisa melihatnya jika ia kadan tak menunjukkan gerak tubuh sama sekali, atau bisa juga ia melakukan gerakan yang berlebihan untuk mengimbangi perasaan bersalahnya atau ketegangannya saat berbohong.

Kontak mata

Ketika kita sendan bercakap biasa dengan seseorang, maka kontak mata begitu penting sedang seorang pembohong akan memperlihatkan sesuatu yang lain dari yang lain dimana kita bisa menyaksikan ia bercakap dengan berusaha menghindari tatapan mata kita, ini karena mata juga bisa menjadi alat untuk membaca pikiran seseorang, hanya dengan menatapnya saja maka ada jawaban yang bisa didapat darinya.  
orang yang sedang bohong

Bagian tubuh lainnya

Sering kali yang namanya salah tingkah sulit dihindari kalau seseorang sudah terjebak pada kondisi yang tidak bisa diatasinya, seperti menggulung-gulung baju bagian bawah secara tidak sadar, memainkan kuku secara berulang-ulang, sering menelan ludah dan banyak lain gerakan berulang yang sering dilakukan oleh orang berbohong yang bisa menjadi penilaina kita kalau dia sedang gugup dan sedang merasa takut atas apa yang dilakukannya.

Ada juga beberapa tindakan lain yang merupakan bawaan sejak kecil yang tidak semua melakukannya, seperti menyentuh hidugn dengan jari, menutup mulut atau muka dan sebagainya. Kadang juga malah ada yang bersembunyi mencari tempat sunyi untuk menghidari di lihat orang lain karena begitu malunya dia.

Nada bicara yang tidak stabil juga bisa jadi indikatornya. Ia mengeluarkan suara saat berbicara terlalu tinggi akibat tak terkontrol karena saat itu ia focus untuk menyembunyikan kebohongannya. Ini pula yang dapat kita jadikan penilaian.

pastikan juga cek Cara Instal Android di Komputer

4. Berbohong dengan memotong atau mengurangi fakta

Cara orang berbohong banyak sekali, ada yang dengan menyampaikan yang sama sekali berbeda dengan yang sebenarnya da nada pula yang dengan mengurangi informasi yang seharusnya disampaikan. Namun pada masalah seperti ini bisa dengan mudah terbaca karena informasi yang terpotong dan tidak jela akan menimbulkan berbagai pertanyaan yang menjurus pada judge yang negative.

5. Bertanyalah dengan pertanyaan beragam

Ini juga perlu berhati-hati jika seandainya kita baru ragu dengan seseorang yang sama sekali belum bisa dibuktikan kalau dia sedang berbohong, sebab jika ia memang berkata jujur malah akan berbalik marah kepada kita karena dianggap dilecehkan, disalahkan dan sebagainyalah yang merupakan hasil dari kata-kata anda yang tidak berkenan. Usahakan mempertimbangkan setiap kata yang leluar dengan menilai dampaknya jika lawan bicaramu memahaminya.

6. Intuisi.

Ini adalah perasaan yang semua orang memilikinya. Saat ada orang yang menyampaikan sesuatu pada anda maka tentu akan ada penilaian secara spontan dalam diri anda apakah ia melakukan sebuah kebohongna atau tidak. Terkadang tanpa ada ilmu dari luar yang diperoleh seperti halnya dalam artikel blog ini, anda tentu sudah punya perasaan tersendiri dalam hati ketika menilai seseorang yang sedang berbicara, apakah di jujur atau tidak. Sehingga tentunya tidak akan mudah begitu saja mempercayai setiap informasi yang didengar tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Jadi, apakah sudah ada bayangan mengenai Cara Mengetahui Orang Berbohong? Jika ya, sepatutnyalah berhati-hati dalam mencerna setiap ucapan yang keluar dari mulut seseorang. Pertimbangkan secara matang sebelum berkesimpulan terhadap rangkaian kalimat yang kelur dari mulutnya. Jangan lupa belajar Cara Meninggikan Badan
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top